Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas XII IPA1 SMA Negeri 1 Gangking Melalui Penggunaan Approacht to Problem Solving (Studi pada Materi Pokok Sifat Koligatif Larutan)

Ansar .(1*),

(1) SMA Negeri 1 Gangking, Kab. Bulukumba, Makassar
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.35580/chemica.v10i1.393

Abstract


ABSTRAK

Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilakukan pada siswa kelas XII IPA1 yang berjumlah 41 orang (17 laki-laki dan 24 perempuan) dengan prestasi belajar yang heterogen. Penelitian dilakukan dalam 2 (dua) siklus, melalui penerpakan pembelajaran systematic approach to problem solving.  Setiap siklus terdiri dari 4 (empat) tahap, yaitu: perencanaan, pelaksanaan tindakan, pengamatan (observasi) dan refleksi. Berdasarkan hasil observasi pada setiap siklus tindakan diperoleh bahwa, terjadi peningkatan kemampuan guru dalam menerapkan metode systematic approach to problem solving dari rerata 68,57% pada siklus I menjadi 85,71% pada siklus II. Kemampuan siswa dalam menyelasikan soal-soal sifat koligatif larutan mengalami peningkatan yang sangat signifikan, yaitu dari rerata 3,28 pada siklus I menjadi 4,01 pada siklus II. Kedua hal tersebut mendorong peningkatan hasil belajar sifat koligatif larutan dari rerata 5,5 (sebelum tindakan), menjadi 7,3 pada siklus I  dan 8,1 pada siklus II. Selain itu, jumlah siswa yang tuntas belajar mengalami peningkatan pula, dari 18 orang (43,9%) pada siklus I menjadi 35 orang (85,4%). Dari hasil Penelitian Tindakan Kelas yang dilakukan dapat disimpulkan bahwa  pembelajaran systematic approach to problem solving dapat meningkatkan hasil belajar sifat koligatif larutan siswa kelas XII IPA1 SMA Negeri 1 Gangking.

Kata kunci : Hasil belajar, problem solving

ABSTRACT

This research is the classroom action research that was conducted to 41 students of XII class IPA1 with heterogenous acchivement. The research was held on two cycles by appliying approach to problem solving. Every cycle has done by four steps, they are planning, action, observation and evaluation, and reflection. Based on observation is acchivement that theacher ability in using approach to solving problem increase form 68.57%. In 1st cycle to 85.71% in the 2nd cycle. The ability of students to solve the problem about the material that the have studied increase significant are 3.28 in 1st cycle to 4.01 in 2nd cycle. The two things support the increasing of student acchivment form 5.50 before action to 7.30 in 1st cycle to 8.10 in 2nd cycle. Beside that, the number of students that have complected their study increase for 18 students (43.90%) to 35 students (85.0%). Thus, it is conclused that applying systematic approach to solving can increase student acchivement.

Keyword: Learning achievement, problem solving

Full Text:

PDF

Article Metrics

Abstract view : 1418 times | PDF view : 483 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


ISSN: 1411-6502

Diterbitkan oleh Jurusan Kimia FMIPA Universitas Negeri Makassar (UNM) dua kali dalam setahun yaitu bulan Juni dan Desember.

Alamat Redaksi :Jurusan Kimia, Fakultas MIPA UNM, JL. Dg. Tata Parangtambung, Makassar 90224 Indonesia, Telp. 0411-840295; Fax: 0411840295;E-mail : [email protected]