Penerapan Pembelajaran DRILL untuk Meningkatkan Aktivitas Belajar Mahasiswa Jurusan Kimia FMIPA UNM pada Perkuliahan Kimia Fisik 2 Tahun Akademik 2008/2009

Jusniar .(1*), Sumiati Side(2),

(1) Jurusan Kimia FMIPA UNM Makassar
(2) Jurusan Kimia FMIPA UNM Makassar
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.35580/chemica.v11i1.386

Abstract


ABSTRAK

Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang bertujuan untuk menemukan langkah-langkah pembelajaran DRILL yang dapat  meningkatkan aktivitas belajar mahasiswa semester IV program studi pendidikan kimia tahun akademik 2008/2009. Subjek penelitian adalah mahasiswa semester IV kelas B program studi pendidikan kimia Jurusan Kimia FMIPA UNM sebanyak 40 mahasiswa. Data yang terkumpul dianalisis berdasarkan indiktor keberhasilkan sebagai kriteria keberhasilan penerapan pembelajaran yakni siswa dalam mengikuti proses pembelajaran paling sedikit 60% terlibat aktif seperti mengerjakan latihan terstruktur yang diberikan dalam bentuk work sheet, bertanya, meminta bimbingan pada dosen, mengerjakan soal pada white board, mengeluarkan pendapat (memberikan penjelasan tentang konsep penyelesaian latihan/soal) dan sebagainya. Kriteria keberhasilan dilihat dari tingkat pemahaman mahasiswa adalah pada setiap tes siklus (setiap selesai 1 materi pokok) adalah 60% siswa memperoleh nilai lebih dari 64. Hasil penelitian menunjukkan bahwa aktivitas belajar yang ditunjukkan oleh mahasiswa mengalami peningkatan  dari siklus 1 (61,4%)  ke siklus 2 (71,8%). sedangkan untuk tingkat pemahaman mahasiswa pada siklus 1 yakni yang memperoleh nilai lebih dari 64 adalah sebesar 60,5% dan pada siklus 2 sebesar 70,7%.

Kata Kunci: Pembelajaran Drill, Aktivitas belajar.

ABSTRACT

This classroom action research is aimed to find Learning Drill Steps that’s can increasing learning activity of the IV semester student of chemistry education academic year 2008/2009. The subject of the research are 40 students of the class B of the IV semester of chemistry Department FMIPA UNM. The datas has been collected analyzed  based on kinerja indicator as keberhasilan criterium of learning applied. That is less 60% active like; do structural training that is given by work sheet, ask question, ask guides from lecturer, solving problem on the white board, give opinion, etc. keberhasilan criterium can be seen by students’s comprehension level in every cycle that 60% get score 64. the research result shows that student’s activity increasing from 61,4 %  in cycle 1 to 71,8% in cycle 2. while comprehension level increasing from 60,5% to 70,7.%

Key  Word : Learning  Drill, Learning  activity


Article Metrics

Abstract view : 105 times |

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


ISSN: 1411-6502

Diterbitkan oleh Jurusan Kimia FMIPA Universitas Negeri Makassar (UNM) dua kali dalam setahun yaitu bulan Juni dan Desember.

Alamat Redaksi :Jurusan Kimia, Fakultas MIPA UNM, JL. Dg. Tata Parangtambung, Makassar 90224 Indonesia, Telp. 0411-840295; Fax: 0411840295;E-mail : chemica_unm@yahoo.co.id