PENGARUH PENDEKATAN PERILAKU KOGNITIF TERHADAP TINGKAT PENYESUAIAN DIRI SISWA DI KELAS VII

sitti rahmi(1*),

(1) Bimbingan dan Konseling, Universitas Borneo Tarakan
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.26858/jpkk.v1i1.1354

Abstract


Abstrak: Tujuan penelitian  adalah  untuk mengetahui (1) Gambaran tingkat penyesuaian diri siswa sebelum dan sesudah pendekatan perilaku kognitif di SMP Negeri 29 Makassar, dan (2) Pengaruh pendekatan perilaku kognitif terhadap tingkat penyesuaian diri siswa di SMP Negeri 29 Makassar. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan model pra-eksperimen dengan one-group pretest-posttest design. Populasi adalah siswa kelas VII SMP Negeri 29 Makassar tahun pelajaran 2010/2011 dengan jumlah siswa 240 orang dan sampel sebanyak 12 orang yang ditentukan secara purposive. Teknik pengumpulan data diperoleh melalui observasi dan skala penyesuaian diri. Teknik  analisis data yang digunakan adalah (1) analisis deskriptif untuk menggambarkan penyesuaian diri siswa sebelum dan sesudah perlakuan, dan (2) uji Wilcoxon Signed Ranks Test untuk mengetahui pengaruh pendekatan perilaku kognitif terhadap tingkat penyesuaian diri siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) gambaran tingkat penyesuaian diri siswa sebelum diberi pendekatan perilaku kognitif berada pada kategori “rendah dan sedang” setelah diberi pendekatan perilaku kognitif dengan teknik  tingkat penyesuaian diri siswa mengalami peningkatan yang berada pada kategori tinggi, dan (2) ada pengaruh positif pendekatan perilaku kognitif dalam meningkatkan penyesuaian diri siswa.


Keywords


Kata kunci: Perilaku kognitif, dan penyesuaian diri.

Full Text:

PDF

Article Metrics

Abstract view : 4156 times | PDF view : 2964 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2015 Jurnal Psikologi Pendidikan dan Konseling



Published by:

Guidance and Counseling Study Program,

Graduate Program of Universitas Negeri Makassar

Address : Jalan Bonto Langkasa Gunungsari Baru Makassar,

90222 .Kampus PPs UNM Makassar, Building AD Room 306

Lt II Study Program BK, Indonesia

Email: jppk@unm.ac.id

p-ISSN : 2443-2202

e-ISSN : 2477-2518


JPPK UNM Indexed by:

 

Lisensi Creative Commons
JPPK UNM is licensed under a
Lisensi Creative Commons Atribusi-NonKomersial-TanpaTurunan 4.0 Internasional.

 

View JPPK UNM My Stats