Submissions

Online Submissions

Already have a Username/Password for JIKAP PGSD: Jurnal Ilmiah Ilmu Kependidikan?
Go to Login

Need a Username/Password?
Go to Registration

Registration and login are required to submit items online and to check the status of current submissions.

 

Author Guidelines

JIKAP PGSD: Jurnal Ilmiah Ilmu Kependidikan                          

e-ISSN: 2597-4440 dan p-ISSN: 2597-4424

 

PANDUAN PENULISAN

JIKAP PGSD: Jurnal Ilmiah Ilmu Kependidikan

 

Judul ditulis dalam bahasa Indonesia dan bahasa Inggris. Judul dibuat tidak lebih dari 2 baris (berkisar antara 10-15 kata)

 

Nama ditulis lengkap tanpa menuliskan gelar dan jabatan, berupa nama asli, bukan nama samaran)

 

Abstrak

Abstrak ditulis dalam bahasa Inggris dan bahasa Indonesia, tidak lebih dari 200 kata dalam bahasa Inggris dan 250 kata dalam bahasa Indonesia. Abstrak diketik dengan font Tahoma, 10pt, spasi satu. Menggambarkan esensi isi keseluruhan tulisan, disarankan mencantumkan rekomendasi dari hasil penelitian di bagian akhir abstrak. Kata kunci: Mininal 3 (tiga) kata dan maksimal 5 (lima) kata

 

Pendahuluan

Naskah ditulis dalam bahasa Indonesia atau bahasa Inggris dan diketik pada kertas ukuran A4 (210 mm x 297 mm) dengan spasi 1. Pada semua tepi kertas dikosongkan 3 cm. Jumlah halaman antara 12 sampai 15 halaman. Isi tulisan diketik dengan font Tahoma, 11pt.  Judul hendaknya ringkas dan informatif menggambarkan substansi atau isi dari tulisan karena akan digunakan dalam sistem pencarian informasi. Hindari singkatan dan formula jika dimungkinkan. Nama penulis dan afiliasi hendaknya ditulis lengkap tanpa menyebutkan gelar dan jabatan di tengah bawah judul. Kata kunci hendaknya mengandung cukup informasi untuk indeks dan membantu dalam penelusuran. Setiap paragraf baru harus menjorok. Semua teks ditulis dari kiri ke kanan. Ucapan Terima Kasih diakhir teks, sebelum referensi.

Untuk judul tabel dan keterangan yang diperlukan ditulis dalam bahasa Indonesia dan bahasa Inggris dengan jelas dan singkat. Tabel harus diberi nomor. Penggunaan tanda koma (,) dan titik (.) pada angka di dalam tabel masing-masing menunjukkan nilai pecahan desimal dan kebulatan seribu. Penggunaan garis vertikal dalam tabel sebaiknya dihindari. Pendahuluan mencakup tinjauan pustaka, latar belakang, status ilmiah dewasa ini, permasalahan atau rumusan masalah, serta tujuan dan manfaat dari penelitian. Tinjauan pustaka diperlukan untuk mengetahui perkembangan subjek yang sama yang dilakukan oleh penulis dalam khazanah ilmu pengetahuan yang sudah ada.

 

Metode Penelitian

Penyajian metode memerlukan acuan pustaka, apabila sudah pernah dipublikasi sebelumnya dan hal ini mencerminkan seberapa valid metode yang digunakan. Uraian mencantumkan rumusan matematis sehingga hasil numeriknya dapat divalidasi. Untuk rumus dan bahan yang telah baku tidak perlu dijelaskan ulang, hanya disebutkan sumbernya, kecuali apabila ada modifikasi, perlu ada penjelasan.

Tempat dan Waktu (Sub Bab)

Bahan dan Alat Penelitian

Survei pendahuluan (Sub subbab)

Pembuatan plot ukur pengamatan

Variabel yang diukur (Sub sub subbab)

Perbandingan respon

Tahapan Pelaksanaan/Rancangan Penelitian

Prosedur pengumpulan data, prosedur hendaknya dibuat ringkas tetapi cukup informatif bagi pembaca yang ingin mengulangi penelitian yang dilaporkan.

 

Hasil Dan Pembahasan

Hasil dan pembahasan merupakan hasil analisis fenomena di wilayah penelitian yang relevan dengan tema sentral kajian, hasil yang diperoleh dapat berupa deskriptif naratif, angka-angka, gambar/tabel, dan suatu alat. Hindari penyajian deskriptif naratif yang panjang lebar, gantikan dengan ilustrasi (gambar, grafik foto, diagram, atau peta, dan lain-lain), namun dengan penjelasan serta legenda yang mudah dipahami.

Pembahasan ditulis dengan ringkas dan fokus pada interpretasi dari hasil yang diperoleh dan bukan merupakan pengulangan dari bagian hasil. Pembahasan tidak perlu membaca ulang dari grafik, tapi bisa dikelompokkan hasilnya untuk menginterpretasikan hasil dan dibahas berdasarkan teori dan hasil penelitian terdahulu. Apa yang menarik dari hasil penelitian ini dibandingkan sebelumnya atau apa yang menonjol dari hasil pengamatan ini.

Kesimpulan Dan Saran

Kesimpulan adalah hasil dari pembahasan yang menjawab permasalahan penelitian. Kesimpulan bukan tulisan ulang dari pembahasan dan juga bukan ringkasan, melainkan penyampaian singkat dalam bentuk kalimat utuh. Isi kesimpulan menggunakan huruf dan gaya paragraf yang sama dengan bagian lainnya serta menghindari penggunaan bullet atau nomor.

Saran dapat berisi rekomendasi akademik, tindak lanjut nyata, atau implikasi kebijakan atas kesimpulan yang diperoleh.

 

Daftar Rujukan

Pustaka yang dirujuk diusahakan terbitan paling lama sepuluh tahun terakhir dengan jumlah pustaka primer paling sedikit sepuluh pustaka. Sumber dituliskan dengan mengikuti tatacara (style) yang dikeluarkan oleh APA (American Psychological Association), Untuk menjaga konsistensi cara pengacuan, pengutipan dan penulisan daftar pustaka kami sarankan untuk menggunakan aplikasi referensi standar seperti Mendeley.

 

Bowyer, J.L., R. Shmulsky., and J.G. Haygreen. (2007). Forest Products and Wood Science: an introduction. Lowa: Blackwell Publishing.

Herawati, H., and H. Santoso. (2011). Tropical forest susceptibility to and risk of fire under changing climate: A review of fire nature, policy and institutions in Indonesia. Forest Policy and Economics, 13 (4), 227 – 233.

Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (2012) Peraturan Kepala Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia Nomor: 04/E/2012 tentang Pedoman Karya Tulis Ilmiah. Jakarta: LIPI.

Mashudi, dan Adinugraha, H.A. (2015). Kemampuan Tumbuh Stek Pucuk Pulai Gading (Alstonia scholaris (L.) R. Br.) dari Beberapa Posisi Bahan Stek dan Model Pemotongan Stek. Jurnal Penelitian Kehutanan Daya Matematis, 4(1), 63–69. 

 

 -  Selamat Menulis -

 

Sekretariat Redaksi Jurnal JIKAP PGSD

Publisher: Prodi PGSD UNM

Alamat (address)         : Kampus VI PGSD Bone Sulawesi Selatan, Indonesia

Telepon (Phone) : +62-411-8303666 and Fax (Fax) : 62-411-855288

Contact: Dr. Awaluddin, M.Sn.

Ramlan (085255397485)

E-mail: [email protected]

 

Submission Preparation Checklist

As part of the submission process, authors are required to check off their submission's compliance with all of the following items, and submissions may be returned to authors that do not adhere to these guidelines.

  1. The submission has not been previously published, nor is it before another journal for consideration (or an explanation has been provided in Comments to the Editor).
  2. The submission file is in OpenOffice, Microsoft Word, RTF, or WordPerfect document file format.
  3. Where available, URLs for the references have been provided.
  4. The text is single-spaced; uses a 12-point font; employs italics, rather than underlining (except with URL addresses); and all illustrations, figures, and tables are placed within the text at the appropriate points, rather than at the end.
  5. The text adheres to the stylistic and bibliographic requirements outlined in the Author Guidelines, which is found in About the Journal.
  6. If submitting to a peer-reviewed section of the journal, the instructions in Ensuring a Blind Review have been followed.
 

Privacy Statement

The names and email addresses entered in this journal site will be used exclusively for the stated purposes of this journal and will not be made available for any other purpose or to any other party.