Deskripsi Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Berdasarkan Langkah Polya Ditinjau dari Gaya Berpikir Siswa pada Kelas VIII SMP Negeri 24 Makassar

Awi Dassa(1*), Nurwati Djam'an(2), Andi Irda Iriana(3),

(1) Jurusan Matematika, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Makassar, 90224
(2) Jurusan Matematika, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri
(3) Jurusan Matematika, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Makassar, 90224
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.35580/imed9496

Abstract


Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif yang bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan pemecahan masalah matematika berdasarkan langkah polya ditinjau dari gaya berpikir sekuensial abstrak, sekuensial konkret, acak abstrak dan acak konkret. Subjek dalam penelitian ini adalah 4 (empat) orang siswa kelas VIII SMP Negeri 24 Makassar yang dipilih secara purposive berdasarkan perbedaan gaya berpikir. Alat pengumpulan data yang digunakan adalah angket untuk mengelompokkan siswa berdasarkan gaya berpikirnya dan untuk menentukan subjek, tes tertulis dan wawancara untuk mengetahui kemampuan pemecahan masalah matematika siswa. Data yang terkumpul dianalisis untuk mendeskripsikan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa berdasarkan langkah polya yakni; (1) memahami masalah, (2) merencanakan penyelesaian, (3) melaksanakan rencana penyelesaian dan (4) memeriksa kembali. Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa denga tipe gaya berpikir sekuensial konkret dan acak abstrak memiliki kemampuan yang sama pada keempat langkah pemecahan masalah yakni dalam memahami masalah, merencanakan penyelesaian, melaksanakan rencana penyelesaian dan melihat kembali proses dan hasil. Sedangkan siswa dengan tipe gaya berpikir sekuensial abstrak dan acak konkret memiliki langkah pemecahan masalah yang berbeda pada masing-masing keempat tahap yang dilakukan.

Kata kunci: Gaya Berpikir, Pemecahan Masalah Matematika dan Langkah Polya

Abstract. This study is a descriptive study with qualitative approach which aimed to describe the mathematical problem solving abilities by Polya step terms of abstract sequential thinking style, concrete sequential, abstract random and concrete random. The subjects in this study are 4 (four) of students grade VIII SMPN 24 Makassar selected purposively based on the different of thinking style. Data collection tool is questionnaire to classify students based on the thinking style and to determine the subject, written tests and interviews to determine the ability of students' mathematical problem solving. Data were analyzed to describe the mathematical problem solving ability of students based on Polya steps namely; (1) understanding the problem, (2) devising a plan, (3) carrying out the plan and (4) looking back. The results showed that students' of premises concrete sequential and abstract random thinking styles has the same ability on the fourth problem solving step in understanding the problem, devising a plan, carrying out the plan and looking back on the process and results. While students with the type of abstract sequential thinking style and concrete random has a different problem solving steps on each of the four stages.

Keyword: Thinking Styles, Mathematics Problem Solving and Polya Steps


Full Text:

PDF

References


Bell, F. H. (1978). Teaching and Learning Mathematics (in Secondary School). USA: Wm. C. Brown Company Publisher.

DePorter B., Hernacki M. (2005). Quantum Learning: Membiasakan Belajar Nyaman dan Menyenangkan. Bandung: Kaifa.

Lam, T. T., dkk. (2011). Assessing Problem Solving in the Mathematics Curriculum: A New Approach. World scientific publishing.

Lestanti, M. M. (2015). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Ditinjau dari Karakteristik Cara Berpikir Siswa dalam Model Problem Based Learning (Skripsi, tidak dipublikasikan). Universitas Negeri Semarang, Semarang.

Polya, G. (1973). How to Solve It: A New Aspect of Mathematical Method. United States of America: Princeton University Press.

Suherman, E., dkk. (2003). Strategi Pembelajaran Matematika Kontemporer. Bandung: Jica.

Upu, H. (2004). Mensinergikan Pendidikan Matematika dengan Bidang lain. Makassar: Andira Publisher.


Article Metrics

Abstract view : 592 times | PDF view : 161 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Issues in Mathematics Education (IMED)



 Index by: