Pengaruh Model Pembelajaran Terhadap Hasil Belajar Matematika Ditinjau Dari Motivasi Belajar Siswa

Hamzah Upu(1*), Baso Intang Sappaile(2), Hartina Akhmad(3),

(1) Jurusan Matematika, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Makassar, 90224
(2) Jurusan Matematika, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Makassar, 90224
(3) Jurusan Matematika, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Makassar, 90224
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.35580/imed9494

Abstract


Tujuan Penelitian ini untuk mendeskripsikan dan menganalisis: (1) pengaruh interaksi model pembelajaran dengan motivasi belajar terhadap hasil belajar matematika, (2) Bagi motivasi belajar tinggi, apakah ada perbedaan hasil belajar matematika yang diajar dengan CRH dan NHT , (3) Bagi motivasi belajar rendah, apakah ada perbedaan hasil belajar matematika yang diajar dengan CRH dan NHT. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII semester genap SMPN 1 Pallangga dan SMPN 3 Sungguminasa tahun ajaran 2017-2018. Sampel penelitian terdiri dari satu kelas dalam  setiap sekolah. Tekhnik pengambilan sampel menggunakan cluster double random sampling. Metode pengumpulan data menggunakan angket, observasi dan tes. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif dan inferensial. Hasil analisis menunjukkan: (1) tidak ada pengaruh interaksi model pembelajaran dengan motivasi belajar, (2) Bagi motivasi belajar tinggi, ada perbedaan hasil belajar matematika yang diajar CRH dan NHT (81,66 > 72,22), (3) Bagi motivasi belajar rendah, ada perbedaan hasil belajar matematika yang diajar CRH dan NHT (78,88 > 74,44).

Kata kunci: Course Review Horay, Numbered Head Together, Motivasi, Hasil Belajar

Abstract. The purposes of the research were to describe and analysis of : (1) influence of learning interaction with learning motivation to mathematics learning achievement, (2) For high learning motivation, is there any differents mathematics learning achievement with uses CRH and NHT, (3) For low learning motivation, is there any differents mathematics learning achievement with uses CRH and NHT. The design of the research, was Quasi Experimental. The population in this research are all of VIII in the even semester of SMPN 1 Pallangga and SMPN 3 Sungguminasa academic year 2017-2018. The sampling of this research are one class in every schools. The samples of this research is cluster double random sampling. The method of collect the data used questionnaire, observation and test. The technique of data analysis used is the technique descriptive and inferential statistical analysis. The results analysis of this research are: (1) no influence of learning interaction with learning motivation to mathematics learning achievement, (2) For high learning motivation, there are differents mathematics learning achievement with uses CRH and NHT (81,66 > 72,22), (3) For low learning motivation, there are differents mathematics learning achievement with uses CRH and NHT (78,88 > 74,44).

Keyword: Course Review Horay, Numbered Head Together, Motivation, Learning Achievement.


Full Text:

PDF

References


Bloom, B. S., Hastings, J. L., & Madaus, C.F. (1971). Handbook om Formative and Summuative Evaluation of Student learning. New York: McGraw-Hill

Huda. (2013). Model-Model Pengajaram dan Pembelajaran. Jakarta: Pustaka Belajar.

Ibrahim. (2000). Pembelajaran Kooperatif. Surabaya: University Press.

Sholeh. H, (2013). Metode Edu Tainment Menjadi Siswa Kreatif dan Nyaman di Kelas. Yogyakarta: DIVA Press.

Slavin. (2010). Psikologi Pendidikan (Teori dan Praktek). Jakarta: Macanan Jaya Cemerlang.

Suprijono, A. (2009). Cooperative Learning Teori dan Aplikasi PAIKEM. Yogyakarta: Pustaka Belajar.

Mahaedy., L, Michielli-Pendl., J, Harper, GF., and Mallette, B. (2006). The effects of Numbered Head Together With and Without an Incentive Package on the Science Test Performance of a Diverse Group of Sixth Graders. Journal of Behavioral Education. 15(1). 25-39.


Article Metrics

Abstract view : 844 times | PDF view : 250 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Issues in Mathematics Education (IMED)



 Index by: