Komparasi Pemahaman Konsep Matematika Siswa Melalui Penerapan Model Pembelajaran Auditory Intellectually Repetition (AIR) dan Model Pembelajaran Reciprocal Teaching (RT)

Ahmad Talib(1*), Hisyam Ihsan(2), Muh. Fairul(3),

(1) Jurusan Matematika FMIPA Universitas Negeri Makassar
(2) Jurusan Matematika FMIPA Universitas Negeri Makassar
(3) Jurusan Matematika FMIPA Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.35580/imed9487

Abstract


Penelitian ini adalah penelitian eksperimen Semu (Quasi Experiment) yang melibatkan dua kelompok yang diberi perlakuan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbandingan pemahaman konsep matematika antara siswa yang diajarkan dengan menggunakan model pembelajaran Auditory Intellectually Repetition (AIR) dan model pembelajaran Reciprocal Teaching (RT). Sampel penelitian ini terdiri dari dua kelas yang dipilih dengan menggunakan teknik cluster random sampling. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan instrument tes kemampuan pemahaman konsep matematika siswa dan lembar observasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran  Auditory Intellectually Repetition (AIR) lebih baik untuk diterapkan di kelas VIII di salah satu Sekolah Menegah Pertama Negeri (SMPN) di Kabupaten Barru (2) Pemahaman konsep matematika siswa yang diajar dengan menggunakan model pembelajaran Auditory Intellectually Repetition (AIR) lebih baik dari pemahaman konsep matematika siswa yang diajar dengan model pembelajaran Reciprocal Teaching (RT) dalam pembelajaran matematika pada dikelas VIII di salah satu Sekolah Menegah Pertama Negeri (SMPN) di Kabupaten Barru.

Kata Kunci: Auditory Intellectually Repetition (AIR),Reciprocal Teaching (RT), pemahaman konsep.

 

 

 

Abstract. The research applied quasi-experimental design involving two groups that received treatment. The objective of the research was to find out the comparison of mathematics concept understanding between students who were taught by using Auditory Intellectually Repetition (AIR) and Reciprocal Teaching (RT) Learning Method. The sample of the research consisted of two classes who were decided by cluster random sampling technique. The data were collected through the ability of students’ mathematics concept understanding instrument test and observation. The result of the research showed that 1) The learning process by using Auditory Intellectually Repetition (AIR) learning method was better to be applied in the VIII class of junior high school (SMPN) in Barru district 2) The students’ understanding of mathematics concepts that was taught by using Auditory Intellectually Repetition (AIR) was better than their understanding of mathematics concept that was taught by Reciprocal Teaching (RT) in learning Mathematics in the VIII class of junior high school (SMPN) in Barru district.

Keyword: Auditory Intellectually Repetition (AIR), Reciprocal Teaching (RT), Concept Understanding.


Full Text:

PDF

References


Ainia, Q., Kurniasih, N., & Sapti M. (2012). Eksperimentasi Model Pembelajaran Auditory Intellectualy Repetition (AIR) Terhadap Prestasi Belajar Matematika Ditinjau dari Karakter Belajar Siswa Kelas VII SMP Negeri Se-Kecamatan Kaligesing Tahun 2011/2012. (Skripsi tidak publikasikan). FMIPA Universitas Negeri Yogyakarta, Yogyakarta.

Arends & Richard, L. (2013). Belajar Untuk Mengajar, Learning to Teach. Jakarta: Salemba Humanika.

Burhan, A.V., Mirna, & Suherman. (2014). Penerapan Model Pembelajaran AIR Pada Pembelajaran Matematika Siswa Kelas VIII SMPN 18 Padang. Jurnal Pendidikan Matematika, 3(1). 6-11.

Fitri, S., & Utomo, R.B. (2016). Pengaruh Model Pembelajaran Auditory, Intellectually, and Repetition Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep di SMP Pustek Serpong. Jurnal Pendidikan Matematika, 2(2). 193-201.

Gita, P., Dantes, & Sariyasa. (2014). Pengaruh Model Reciprocal Teaching Terhadap Pemahaman Konsep dan Motivasi Belajar Matematika Siswa Kelas V SD. Jurnal Program Pascasarjana Universitas Pendidikan Ganesha, 4(1).

Herman, N.A., Irwan, & Nilawasti ZA. (2014). Penerapan Model Reciprocal Teaching Pada Pembelajaran Matematika Siswa Kelas VIII SMPN 26 Padang. Jurnal Pendidikan Matematika, 3(1). 13-17.

Heriawan, A., Darmajari, & Senjaya, A. (2012). Metodologi Pembelajaran Kajian Teoritis Model, Pendekatan, Strategi, Metode, dan Teknik Pembelajaran. LP_3 G, Banten.

Isjoni. (2007). Cooperative Learning Efektivitas Pembelajaran Kelompok. Bandung: Alfabeta.

Heryani, Y., & Rustina, R. (2016). Efektivitas Penerapan Model Pembelajaran Creative Problem Solving (CPS) Terhadap Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Mahasiswa. Jurnal Siliwangi, 4(1). 26-31

Khoidah, A. N., Budiyono, & Riyadi. (2016). Eksperimentasi Model Pembelajaran AIR dan RT Pada Materi Relasi dan Fungsi Ditinjau Dari Gaya Belajar Siswa SMP Negeri Se-Kabupaten Sragen. Jurnal Pascasarjana Pendidikan Matematika, 2(1). 219-229.

Linuwih, S., & Sukwati, N. (2014). Efektifitas Model pembelajaran Auditory Intellectualy Repetition (AIR) Terhadap Pemahaman Siswa Pada Konsep Energi Dalam. Jurnal Pendidikan Fisika Indonesia, 10(2). 158-162.

Mustagfiri, R., Sunarko, & Shole. (2014). Komparasi Model Pembelajaran Auditory Intellectually Repetition (AIR) dan Ekspositori Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Materi Lingkungan, Edu Geography, 2(1). 57-64.

Prisiani, D. E., Wahab, R., & Putri, A.D. (2016). Pengaruh Pendekatan Reciprocal Teaching Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Pada Pembelajaran Matematika di Kelas X SMA Muhammadiyah 2 Palembang. Jurnal Universitas Islam Negeri Raden Fatah Palembang, 2(2). 214-228

Purwanto. (2010). Evaluasi Hasil Belajar. Yogyakarta: Pustaka Belajar.

Rahayuningsi, S. (2017). Penerapan Model Pembelajaran Matematika Model Auditory Intellectually Repetition (AIR). Jurnal Pendidikan Matematika, 3(2). 67-83.

Suherman & Erman. (2003). Strategi Pembelajaran Kontemporer. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Sujati. (2005). Mengenal Reciprocal Teaching Sebagai Salah Satu Model Pembelajaran. Pelangi Pendidikan, 6(1). 1-80

Widiastuti, Y., Suniasi, & Kristiantari, M.G. (2014). Pengaruh Model AIR Berbantuan Tape Recorder Terhadap Keterampilan Berbicara. Jurnal Mimbar PGSD Universitas Pendidikan Ganesa, 2(1). 13-19.


Article Metrics

Abstract view : 426 times | PDF view : 103 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Issues in Mathematics Education (IMED)



 Index by: