Efektivitas Penerapan Model Pembelajaran Logan Avenue Problem Solving -Heuristik Terhadap Pengetahuan Prosedural

Awi Dassa(1*), Ahmad Thalib(2), Andi Sri Hardiana(3),

(1) Jurusan Matematika, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Makassar, 90224
(2) Jurusan Matematika, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Makassar, 90224
(3) Jurusan Matematika, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Makassar, 90224
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.35580/imed9476

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas penerapan model pembelajaran LAPS-Heuristik dengan kriteria yaitu pengetahuan prosedural, aktivitas siswa dan respon siswa. Sampel dipilih secara acak dari populasi sebanyak satu kelas dari lima kelas VIII salah satu SMP Negeri di Kabupaten Wajo tahun ajaran 2017/2018 semester genap. Pengambilan data dilakukan dengan menggunakan tes pemahaman awal (pretest) pada pertemuan awal dan tes pengetahuan prosedural (posttest) pada pertemuan akhir, lembar observasi keterlaksanaan pembelajaran, lembar observasi aktivitas siswa, dan angket respon siswa. Data tersebut dianalisis secara deskriptif dan inferensial. Hasil penelitian secara deskriptif diperoleh, 1) Peningkatan prestasi belajar ditinjau dari skor gain ternormalisasi diperoleh rata-rata sebesar 0,6704 dengan standar deviasi 0,21822, 2) Keterlaksanaan pembelajaran terlaksana dengan sangat baik dengan rerata 3,85, 3) Hasil observasi aktivitas siswa berada pada rata-rata 95%, dan 4) Peningkatan pengetahuan prosedural siswa ditinjau melalui skor gain ternormalisasi mencapai rata-rata sebesar 0,6704 berada pada kategori sedang. Secara inferensial diperoleh 1) Pengujian hipotesis untuk pengetahuan prosedural diperoleh nilai  ttabel = 2,080, α = 0,05 dan thitung = 20,761, dan 2) Pengujian hipotesis untuk gain ternormalisasi diperoleh thitung = 14,409. Berdasarkan hasil analisis statistik deskriptif dan inferensial maka disimpulkan bahwa model pembelajaran LAPS-Heuristik efektif dalam pembelajaran matematika pokok bahasan garis singgung persekutuan dua lingkaran.

Kata kunci:Efektivitas, Pengetahuan Prosedural, LAPS-Heuristik

Abstract.This research is to determine the effectiveness of implementation LAPS-Heuristic learning model in students grade VIII one ofSMP Negeri at Wajo regency with criteria,procedural knowledge, student activities and student responses.. The data were collected using initial knowledge test (pretest) at the first meeting and procedural knowledge test (posttest) at the final meeting, learning feasibility observation sheets, student activity observation sheets, and student’s response questionnaire.Research result descriptively obtained 1) Improvement of learning achievement in terms of normalized gain score obtained an average 0.6704 with standard deviation 0.21822, 2) Learning feasibility was done very well with average 3.85, 3) The results of student activity observation is in average percentage 95%, and 4) The increase of student’s procedural knowledge is reviewed through normalized gain score 0.6704 is in the medium category. Inferentially obtained 1) Hypothesis test for procedural knowledge obtained value of ttable = 2.080 with value α = 0,05 and tcount = 20,761, and 2) Hypothesis test for normalized gain obtained tcount= 14,409. Based on the results, LAPS-Heuristic learning model is effective to implement in mathematics learning on the subject of tangent line to two circles.

Keyword: Effectiveness, Procedural Knowledge,LAPS-Heuristic.


Full Text:

PDF

References


Anderson. (2001). A Taxonomy For Learning, Teaching, and Assessing: A Revision of Bloom’s Taxonomy Of Educational Of Objectives (Rev.ed).New York: Addison Wesley.

Bao, L. (2006). Theoritical Comparison of Average Normalized Gain Calculations. Physics Education Research. American Association of Phisics Teachers. 74(10). 917-922..

Desy. (2017). Efektivitas Model Pembelajaran LAPS – Heuristik Terhadap Kemampuan Spasial Dan Self Awareness. (Skripsi, tidak dipublikasikan). Uin Sunan Kalijaga, Yogyakarta.

Ngalimun. (2016). Strategi Dan Model Pembelajaran. Yogyakarta: Aswaja Presindo Pengembangan Pendidikan (LPP) UNS dan UPT Penerbitan dan Percetakan UNS (UNS Press).

Shoimin, A. (2014). Model Pembelajaran Inovatif dalam Kurikulum 2013. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Usman. (2016). Pengaruh Penerapan Model LAPS-Heuristic Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Di SMP Negeri 2 Baturraden. (Skripsi, tidak dipublikasikan). Universitas Muhammadiah Purwokerto, Purwekerto.


Article Metrics

Abstract view : 196 times | PDF view : 61 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Issues in Mathematics Education (IMED)



 Index by: