Deskripsi Tingkat Berpikir Visual dalam Memahami Definisi Formal Barisan Bilangan Real Berdasarkan Gaya Kognitif Mahasiswa Makassar

Wahidir Ali(1*), Ilham Minggi(2), Usman Mulbar(3),

(1) Jurusan Matematika, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Makassar
(2) Jurusan Matematika, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Makassar
(3) Jurusan Matematika, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.35580/imed9474

Abstract


Abstrak.Tujuan Penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan tingkat berpikir visual dalam memahami definisi formal barisan bilangan real berdasarkan gaya kognitif tipe Field Independent mau pun gaya kognitif tipe Field Dependent mahasiswa Jurusan Matematika UNM. Berpikir visual adalah salah satu kemampuan yang menjadi jembatan untuk mengubah informasi dari abstrak-verbal ke bentuk yang lebih jelas.Wileman (Stoke, 2001) mendefinisikan berpikir visual sebagai kemampuan untuk mengubah informasi dari semua jenis ke dalam gambar, grafik, atau bentuk-bentuk lain yang dapat membantu mengkomunikasikan informasi.Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah desain metode penelitian deskriptif.Tingkat berpikir visual diukur dengan menggunakan instumen tes dengan indikator khusus mengukur tingkat berpikir visual. Subjek penelitian ini terdiri dari dua orang yang mewakili tipe gaya kognitif, yaitu gaya kognitif tipe Field Dependent (FD) dengan gaya kognitif tipe Field Independent (FI). Hasil penelitian ini menunjukkan letak kekurangan dan kelebihan mahasiswa dalam berpikir visual pada setiap tipe gaya kognitif. Selain itu diperoleh bahwa terdapat hubungan antara tingkat berpikir visual dengan gaya berpikir mahasiswa Jurusan Matematika UNM.

Kata Kunci: Berpikir Visual, Gaya Kognitif.

 

 

 

Abstract.The purpose of this study is to describe the level of visual thinking in understanding the formal definition of real numbers sequence based on cognitive style of Field Independent type and also cognitive style of Field Dependent type of students in Mathematis Department of UNM. Visual thinking is one of the abilities that becomes the bridge for transforming information from abstract-verbs to clearer forms. Wileman (Stoke, 2001) defines visual thinking as the ability to convert information of all kinds into images, graphics, or other forms that can help communicate information. The research method used in this research is descriptive research method design. The level of visual thinking is measured by using a test instrument with a special indicator measuring the level of visual thinking. The subject of this study consisted of two persons representing the type of cognitive style, the Field Dependent type cognitive style (FD) with the Field Independent cognitive style (FI). The results of this study show the location of the shortcomings and advantages of students in visual thinking on each type of cognitive style. In addition, it is found that there is a relationship between the level of visual thinking with the thinking style of the students in Mathematics Department of UNM.

Keywords: Visual Thinking, Cognitive Style

 


Full Text:

PDF

References


Arcavi, A. (2003). The Role of Visual Representations in the Learning of Mathematics. Journal of Mathematical Education in Science and Technology, 29 (3).

Bolton. (2011). Decoding Visual thinking, Naver Workshop, Visualising Creative Strategies. http://issuu.com/gpbr/docs/decodingvisualthinking.

Darmono, Al. (2012). Identifikasi Gaya Kognitif (Cognitive Style) Peserta Didik Dalam Belajar. Sekolah Tingggi Agama Islam (STAI), Ngawi.

Scristia. (2014). Meningkatkan Kemampuan Mathematical Visual Thinking Dan Self-Efficacy Siswa Smp Melalui Metode Discovery Learning. Universitas Pendidikan Indonesia, Bandung.

Sugiyono. (2014). Metode Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta

Suherman, dkk. (2003). Stratregi Pembelajaran Matematika Kontemporer. Bandung: Universitas Pendidikan Indonesia.

Stoke. (2001). Visual Literacy in Teaching and Learning: A Literature Perspective. Troy State University

Surya, E. (2010). Visual Thinking dalam Memaksimalkan Pembelajaran Matematika Siswa dapat Membangun Karakter Bangsa. Jurnal Abmas, 10(10).

Sword, K. (2005). The power of Visual thinking, Gifted and Creativ Service Australia. www.giftedservice.com.au.


Article Metrics

Abstract view : 378 times | PDF view : 57 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Issues in Mathematics Education (IMED)



 Index by: