Pengaruh Model Pembelajaran terhadap Motivasi Belajar Matematika Siswa

Haeriah Hamka(1*), Baso Intang Sappaile(2), Hisyam Ihsan(3),

(1) 1Jurusan Matematika, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Makassar
(2) Jurusan Matematika, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Makassar
(3) Jurusan Matematika, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.35580/imed9471

Abstract


Abstrak. Penelitian ini adalah penelitian eksperimen semu (Quasi Experiment) yang melibatkan dua kelompok yang diberi perlakuan yang berbeda. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui motivasi belajar matematika siswa pada penerapan model pembelajaran konvensional dan model pembelajaran Hypnoteaching pada siswa kelas X. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X di SMAN di Kota Makassar, Sulawesi Selatan dan dipilih dua sekolah serta dua kelas eksperimen secara cluster random sebagai sampel penelitian. Data dianalisis dengan statistika deskriptif dan inferensial. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peningkatan motivasi belajar matematika yang diajar dengan menggunakan model pembelajaran Hypnoteaching lebih besar dibanding motivasi belajar matematika yang diajar dengan menggunakan model pembelajaran konvensional.

Kata Kunci: Motivasi Belajar, Hypnoteaching

Abstract. This research is a quasi experiment which involved two groups with different treatment. Objectives of this research were to know the students’ mathematics learning motivation between the application of conventional and hypnoteaching learning models on students grade X. The population in this research is students grade X  in State Senior High School in Makassar, South Sulawesi and then  two schools  and  two classes are selected by cluster  random technique as research sample. Data analysis by using descriptive and inferential statistics.  The result was obtained the improving of mathematics learning motivation on students who taught by using hypnoteaching learning model is greater than the improving of mathematics learning motivation on students who taught by using conventional learning model.

Keywords: Learning Motivation, Hypnoteaching.


Full Text:

PDF

References


Darsono. (2000). Belajar dan Pembelajaran. Semarang: IKIP Semarang Press.

Hajar, I. (2011). Hypnoteaching Memaksimalkan Hasil Proses Belajar-Mengajar dengan Hypnoterapi. Yogyakarta:Diva Press.

Ja’faruddin. (2014). Penerapan Unconscious Mind Program (UMP ) dalam Pembelajaran Matematika. Makassar Jurnal Wadah Komunikasi. 5(3), 89.

Kasmaja. (2017). Efektivitas Penggunaan Hypnoteaching terhadap Motivasi dan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VII SMPN 41 Bulukumba (Skripsi, tidak dipublikasikan). UIN Alauddin Makassar, Makassar.

Nasikin. (2016). Implementasi Hypnoteaching untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPS (Skripsi, tidak dipublikasikan). Universitas Muhammadiyah Malang, Malang.

Noer, M. (2010). Hypnoteaching for Success Learning. Yogyakarta: Pedagogia.

Ratnawati. (2005). Aplikasi Quantum Learning. Jurnal Pendidikan Islam, 14(1). 114.

Suwanto, M. (2014). Perbedaaan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa yang Diajar Menggunakan Hypnoteaching dan CTL pada Pokok Bahasan Pecahan di Kelas VII SMP Negeri 27 Medan (Skripsi, tidak dipublikasikan). Universitas Sumatera Utara, Medan.

Yustisia. 2012. Hypnoteaching Seni Mengeksplorasi Otak Peserta Didik. Jakarta:Ar-ruzz Media.


Article Metrics

Abstract view : 1314 times | PDF view : 361 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Issues in Mathematics Education (IMED)



 Index by: