Pengaruh Kemampuan Berpikir Kreatif dan Kepercayaan Diri Siswa yang Mengikuti Organisasi Sekolah Terhadap Hasil Belajar Matematika

L Lidyasari(1*), A Alimuddin(2), Nurwati Djam'an(3),

(1) Jurusan Matematika, Fakultas MIPA, Universitas Negeri Makassar
(2) Jurusan Matematika, Fakultas MIPA, Universitas Negeri Makassar
(3) Jurusan Matematika, Fakultas MIPA, Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.35580/imed9458

Abstract


Abstrak. Penelitian ini merupakan penelitian ex post facto bertujuan untuk mengetahui pengaruh berpikir kreatif dan kepercayaan diri siswa yang mengikuti organisasi sekolah terhadap hasil belajar matematika materi peluang pada siswa SMA Segeri Kabupaten Pangkep. Populasi penelitian ini adalah semua siswa kelas XI IPA SMA Segeri pada tahun ajaran 2016/2017. Pengambilan sample menggunakan teknik simple random sampling. Kemudian didapat 2 kelas sebagai sampel.Penelitian ini hanya meneliti siswa yang mengikuti organisasi sekolah dengan jumlah siswa yang mengikuti organisasi sekolah dari 2 kelas yaitu 43 orang siswa. Pengambilan data dilakukan dengan menggunakan tiga instrumen, yaitu tes kemampuan berpikir kreatif, angket percaya diri dan tes hasil belajar matematika. Data yang diolah menggunakan SPSS. Hasil analisis statistik deskriptif menunjukkan bahwa hasil belajar matematika siswa kelas XI IPA SMA Segeri yang mengikuti organisasi sekolah berada pada kategori sedang, kemampuan berpikir kreatif berada pada kategori baik dan sangat baik sedangkan untuk percaya diri siswa dikategorikan sedang. Hasil analisis inferensial menunjukkan bahwa ada pengaruh secara bersama-sama antara kemampuan berpikir kreatif dan kepercayaan diri siswa terhadap hasil belajar matematika siswa kelas XI IPA SMA Segeri.

Kata Kunci: Kemampuan berpikir kreatif, kepercayaan diri, hasil belajar matematika.

Abstract. This research is ex post facto research aims to know the influence of creative thinking and self confidence of students who follow the organization of the school on the mathematics learning outcomein material opportunities of students of SMA Segeri Pangkep regency. The population of this study is all students of class XI IPA SMA Segeri in the academic year 2016/2017. Sampling using simple random sampling technique.Then got 2 classes as sample. This research only examine student who follow organization of school with number of student follow school organization from 2 classes that is 43 students. The data were collected by using three instruments, namely the test of creative thinking ability, self-confidence questionnaire and test of mathematics learning result. The data is processed using SPSS. The result of descriptive statistics analysis shows that the result of mathematics learning of class XI IPAstudents of SMA Negeri who follow the organization of the school is in the medium category, the ability to think creatively is in good category and very good while for the students' self-confidence is categorized being. The result of inferential analysis shows that there is a mutual influence between the ability of creative thinking and students 'self confidence in the students' mathematics learning outcomes of grade XI IPA SMA Segeri.

Keywords: Creative thinking ability, self confidence, mathematics learning outcome.


Full Text:

PDF

References


Abdusysyakir. (2007). Pengertian berpikir kreatif. Diperoleh dari: http://abdusysyakir.wordpress.com

Diana, J.K. (2017). Hubungan antara kepercayaan diri dan kemampuan berpikir kreatif matematis dengan hasil belajar matematika siswa kelas XI akuntansi SMK Penabur Purworejo. (Skripsi tidak diterbitkan). Universitas Kristen Saty Wacan Salatiga.

Haling, A. (2007). Belajar dan pembelajaran. Makassar: Universitas Negeri Makassar.

Hernawan, A.B. (2015). Pengaruh partisipasi kegiatan organisasi siswa intra sekolah dan kecerdasan emosional terhadap kreativitas belajar siswa kelas X kompetensi keahlian TITL SMKN 2 Pengasih. (Skripsi tidak diterbitkan). Universitas Negeri Yogyakarta.

Iswidharmanjaya. (2004). Suatu hari menjadi lebih percaya diri: Panduan bagi remaja yang masih mencari jati dirinya. Jakarta: Gramedia.

Munandar & Utami. (2009). Pengembangan kreatifitas anak berbakat. Jakarta: Asdi Mahasatya.

Nugroho, G. (2015) . Hubungan kepercayaan diri dengan minat berorganisasi siswa kelas VII MTSN Punun. Universitas Nusantara Persatuan Guru Republik Indonesia UNP Kediri.

Purwanto, M. N. (2006). Prinsip-prinsip dan teknik evaluasi pengajaran. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Rizki, R. (2012). Hubungan antara self-concept terhadap matematika dengan kemampuan berpikir kreatif matematika siswa. Jurnal Ilmiah Program Studi Matematika Siliwangi Bandung, 1(2).

Sagala, S. (2006). Konsep dan makna pembelajaran. Bandung: CV. Alfabeta

Sudjana, N. (2004). Penilaian hasil proses belajar mengajar. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Suherman, E. (2003). Strategi pembelajaran matematika kontemporer. Bandung: JICA-Universitas Pendidikan Indonesia (UPI).

Thursan, H. (2002). Mengatasi rasa tidak percaya diri. Jakarta: Puspa Swara.


Article Metrics

Abstract view : 649 times | PDF view : 141 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Issues in Mathematics Education (IMED)



 Index by: