Deskripsi Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Berkemampuan Matematika Tinggi Ditinjau dari Perbedaan Gender

F Firman(1*), A Alimuddin(2), Nurwati Djam'an(3),

(1) Jurusan Matematika, Fakultas MIPA, Universitas Negeri Makassar
(2) Jurusan Matematika, Fakultas MIPA, Universitas Negeri Makassar
(3) Jurusan Matematika, Fakultas MIPA, Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.35580/imed9253

Abstract


Abstrak. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif yang memiliki tujuan untuk mendeskripsikan karakteristik kemampuan komunikasi matematis siswa berkemampuan matematika tinggi dalam pemecahan masalah matematika ditinjau dari perbedaan gender pada materi sistem persamaan linear dua variabel. Subjek dalam penelitian ini adalah 2 orang siswa kelas VIII, yaitu 1 orang siswa laki-laki berkemampuan matematika tinggi (KTL) dan 1 orang siswa perempuan berkemampuan matematika tinggi (KTP). Untuk pengumpulan data, instrumen yang digunakan adalah soal tertulis dan wawancara. Hasil penelitian menunjukkan (1) pada proses menganalisis dan mengevaluasi ide matematis dan strategi penyelesaian, subjek KTL mampu menganalisis dan mengevaluasi ide matematis yang tersedia pada permasalahan dengan baik, sedangkan subjek KTP tidak mampu menganalisis dan mengevaluasi ide matematis yang tersedia pada permasalahan dengan baik; (2) pada proses mengkomunikasikan ide matematis dan strategi penyelesaian, subjek KTL mengerjakan setiap langkah dengan prosedur yang cukup lengkap dan detail namun tidak mahir menggunakan alternatif/prosedur lain untuk menyelesaikan masalah yang diberikan, sedangkan subjek KTP mengerjakan setiap langkah dengan prosedur yang ringkas namun mahir menggunakan alternatif/prosedur lain untuk menyelesaikan masalah yang diberikan; dan (3) pada proses menggunakan bahasa matematika untuk menyatakan ide matematis secara tepat, kedua subjek menggunakan dan memahami dengan baik beberapa pemisalan dan model matematika yang digunakan dalam penyelesaian soal.

Kata Kunci: Kemampuan komunikasi matematis, kemampuan matematika tinggi, gender.

Abstract. This research is a qualitative research that has a purpose to describe mathematical communication ability of students with high level mathematical ability in solving mathematics problem with regards to gender differences in material system of linear equation in two variabels. The subjects in this research were 2 students on grade VIII, that is one male student with high level mathematical ability (KTL) and one female student with high level mathematical ability (KTP). For data collection, the instruments used are written test and interviews. The results showed that (1) in the process of analyze and evaluate the mathematical ideas and solving strategies, the subject KTL be able to analyzed and evaluated the mathematical ideas on the problem well, while the subject KTP did not be able to analyzed and evaluated the mathematical ideas on the problem well; (2) in the process of communicate their mathematical thinking coherently and clearly, the subject KTL do every step with a complete and detailed procedure but are not adept at using alternative/other procedures to solve the problem given, while the subject KTP does every step with a concise yet advanced procedure using alternatives/other procedures to resolve the given problem; and (3) in the process of use the language of mathematics to express mathematical ideas precisely, both subjects used and well understood some of the mathematical modeling and models used in solving the problems.

Keywords: Mathematical communication ability, high level mathematical ability, gender.


Full Text:

PDF

References


Ekawati, A., & Wulandari, S. (2011). Perbedaan jenis kelamin terhadap kemampuan siswa dalam mata pelajaran matematika (studi kasus sekolah dasar). Jurnal Socioscienta, 3(1). 19-24.

National Council of Teachers of Mathematics(2000).Principles and standarts for school mathematics. Reston VA: Author.

Nurussalam, A. (2015). Analisis kemampuan siswa dalam mengomunikasikan soal cerita menjadi kalimat matematika pada materi volume kubus dan balok kelas VIII SMPN 4 Tulungagung (Skripsi tidak diterbitkan), Institut Agama Islam Negeri Tulungagung, Indonesia.

Prayitno,S.,Suwarsono,S.,&Siswono,T.Y.E.(2013a). Identifikasi indikator kemampuan komunikasi matematis siswa dalam menyelesaikan soal matematika pada tiap-tiap jenjangnya. Himpunan Matematika Indonesia. 384-389.

Prayitno,S., Suwarsono,S.,& Siswono,T.Y.E. (2013b). Komunikasi matematis siswa SMP dalam menyelesaikan soal matematika berjenjang ditinjau dari perbedaan gender. Prosiding Seminar

Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika 2013 (pp. 565-572). Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta.

Ratumanan, T.G.& Laurens, T. (2003). Evaluasi hasil belajar yang relevan dengan kurikulum berbasis kompetensi. Surabaya: Unesa University Press.

Santrock, J. W. (2007). Psikologi pendidikan (Triwibowo, B. S, Terjemahan). Jakarta: Kencana.


Article Metrics

Abstract view : 583 times | PDF view : 134 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Issues in Mathematics Education (IMED)



 Index by: