Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think-Talk-Write (TTW) Terhadap Partisipasi Siswa dan Hasil Belajar Siswa dalam Pelajaran Matematika

Muhammad Ikhsan Ibrahim(1*), Awi Dassa(2), Muhammad Dinar(3),

(1) Jurusan Matematika, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Makassar
(2) Jurusan Matematika, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Makassar
(3) Jurusan Matematika, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.35580/imed9248

Abstract


Abstrak. Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui skor partisipasi siswa yang diajar dengan model pembelajaran kooperatif tipe Think-Talk-Write (TTW); (2) mengetahui nilai hasil belajar matematika yang diajar dengan model pembelajaran kooperatif tipe Think-Talk-Write (TTW); (3) mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Think-Talk-Write (TTW) terhadap partisipasi siswa dalam pembelajaran matematika; (4) mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Think-Talk-Write (TTW) terhadap hasil belajar matematika siswa. Instrumen penelitian yang digunakan berupa lembar keterlaksanaan pembelajaran, lembar pengamatan aktivitas siswa, angket partisipasi siswa dalam proses pembelajaran dan tes hasil belajar matematika. Data yang dikumpulkan dengan instrumen tersebut dianalisis dengan menggunakan teknik statistika deskriptif dan inferensial. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Partisipasi siswa kelas yang diajar dengan model pembelajaran kooperatif tipe TTW berada pada kategori tinggi dengan skor rata-rata 35.05; (2) Hasil belajar matematika siswa yang diajar dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe TTW berada pada kategori tinggi  dengan rata-rata 83,50; (3) Terdapat pengaruh penggunaan Model pembelajaran kooperatif tipe TTWterhadap partisipasi siswa; (4) Terdapat pengaruh penggunaan Model pembelajaran kooperatif tipe TTWterhadap hasil belajar siswa. Maka dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe TTW terhadap partisipasi dan hasil belajar matematika siswa.

Kata Kunci: Model Pembelajaran Kooperatif Tipe TTW, Model Pembelajaran Langsung, Partisipasi Siwa, Hasil Belajar.

Abstract. This study aims (1) To know the score of student participation taught by cooperative learning model Think-Talk-Write (TTW); (2) To know the value of mathematics learning outcomes which taught by cooperative learning model of Think-Talk-Write (TTW); (3) To know the influence of cooperative learning model Think-Talk-Write (TTW) toward student participation; (4) To know the influence of cooperative learning model Think-Talk-Write (TTW) toward student's mathematics learning outcomes.Research instrument used in the form of learning activity sheet, student activity observation sheet, student participation questionnaire in learning process and test of mathematics learning result. The data collected by the instrument is analyzed using descriptive and inferential statistical techniques. The results showed that (1) The participation of class studentsscore of 35,05; (2) Mathematics learning result of students in high category with average 83,50; (3) There is influence the use cooperative learning model TTW toward student participation; (4) There is influence the use cooperative learning model TTW toward mathematics learning outcomes. It can be concluded that there is influence of cooperative learning model TTW toward student participation and student mathematics learning outcomes.

Keywords: Cooperative Learning Model TTW, Direct Instructional Model, Student Participation, Learning Outcomes.

Full Text:

PDF

References


Hasibuan & Moedjiono.(2006). Proses belajar mengajar. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Sudjana, N. (2008). Penilaian hasil proses belajar mengajar. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Syam, A. (2015). Pengaruh persepsi tentang kualitas pelayanan sekolah, partisipasi dalam pembelajaran dan gaya belajar terhadap hasil belajar matematika. Makassar. Jurnal Daya Matematis, 3(3), 290-299. doi: 10.26858/jds.v3i3.1696

Yamin, M. & Ansari, B. I. (2012). Taktik pengembangan kemampuan individual siswa.Jakarta: Gaung Persada Press.


Article Metrics

Abstract view : 1001 times | PDF view : 470 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Issues in Mathematics Education (IMED)



 Index by: