Deskripsi Pengetahuan Konseptual Matematis Siswa SMK pada Materi Sistem Persamaan Linear Tiga Variabel

Usman Mulbar(1), Rosidah Rosidah(2), Asrirawan Asriraawan(3*),

(1) Universitas Negeri Makassar
(2) 
(3) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.35580/imed44647

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengetahuan konseptual matematis siswa SMK khusus kelas X pada materi sistem persamaan linear tiga variabel. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif yang bersifat deskriptif. Indikator pengetahuan konseptual yang digunakan yaitu mengenali contoh dan noncontoh dari konsep; menafsirkan model, simbol, tanda, atau istilah yang digunakan untuk mewakili konsep; memanipulasi ide-ide terkait dengan penggunaan berbagai macam representasi; serta mengidentifikasi prinsip-prinsip yang berkaitan pada materi sistem persamaan linear tiga variabel. Terdapat empat subjek penelitian yaitu dua siswa kategori sedang dan dua siswa kategori rendah. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara. Instrumen yang digunakan dalam pengumpulan data adalah instrumen tes pengetahuan konseptual dan pedoman wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa dengan kategori sedang hanya mampu memenuhi indikator menafsirkan model, simbol, tanda, atau istilah yang digunakan untuk mewakili konsep dan mengidentifikasi prinsip-prinsip yang berkaitan pada materi sistem persamaan linear tiga variabel. Sedangkan, siswa dengan kategori rendah hanya mampu memenuhi indikator menafsirkan model, simbol, tanda, atau istilah yang digunakan untuk mewakili konsep dan mengidentifikasi prinsip-prinsip yang berkaitan pada materi sistem persamaan linear tiga variabel.

Kata Kunci: Pengetahuan Konseptual, Siswa, Sistem Persamaan Linear Tiga Variabel (SPLTV), SMK

This study aims to determine the mathematical conceptual knowledge of SMK students specifically for class X on the material of a three-variable system of linear equations. The type of research used is descriptive qualitative research. The indicators of conceptual knowledge used are recognizing examples and non-examples of concepts; interpreting models, symbols, signs, or terms used to represent concepts; manipulate ideas related to the use of multiple representations; and identify the principles related to the material of the three-variable system of linear equations. There are four research subjects, namely two students in the middle category and two students in the low category. The data collection technique used is interviews. The instruments used in data collection were conceptual knowledge test instruments and interview guidelines. The results showed that students in the medium category were only able to fulfill the indicators of interpreting models, symbols, signs, or terms used to represent concepts and identify principles related to the material of a three-variable linear equation system. Meanwhile, students in the low category are only able to fulfill the indicators of interpreting models, symbols, signs, or terms used to represent concepts and identify principles related to the material of a three-variable linear equation system.

Keywords: Conceptual Knowledge, Studentl, Three Variable Linear Equation System, SMK 


Full Text:

PDF

References


Budiman & Riyanto, A. 2013. Kapita selekta kuisioner pengetahuan dan sikap dalam penelitian kesehatan. Jakarta: Salemba Medika pp 66-69.

Badjeber, R., & Mailili, H.W. 2019. Profil pengetahuan konseptual matematis siswa smp ditinjau dari gaya kognitif. ANARGYA: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika. Vol.2 No.1.

Bintang, H., Darnah, E., Masta, N., Rinaldi., Guswantoro, T., & Sianturi, M. 2020. Analisis pengetahuan konseptual, prosedural, dan metakognitif siswa melalui pembelajaran Integrasi Flipped Classroom dan PBL. Physics Education Research Journal. Vol. 2 No. 2.

Eureka Pendidikan. 2015. Dimensi produk kognitif menurut Anderson & Krathwohl. https://eurekapendidikan.com/dimensi-produk-kognitif-menurut

Hamdani. 2015. Meningkatkan pengetahuan konseptual dan pengetahuan prosedural mahasiswa melalui pendekatan diskursus matematik. Jurnal Pendidikan Matematika dan IPA, 6(1): 13-25.

Kilpatrick, et. al. 2001. Adding it up: helping children learn mathematics. Washington, DC: National Academy – Press. (https://www.nap.edu/catalog/9822/adding-it-up-helping-children-learn-mathematics).

Mahmudah, M. 2018. Pengetahuan Konseptual Dan Prosedural Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Materi Program Linear Berdasarkan Kemampuan Akademik Siswa Kelas Xi Man 2 Tulungagung Tahun Ajaran 2017/2018. Tulungagung. Institut Agama Islam Negeri Tulungagung.

Miles, M., B., Huberman, A., M., & Saldana, J. 2014. Qualitative data analysis: A method sourcebook (3rd ed.). Washington DC: Sage Publication.

Notoatmodjo. 2014. Metodologi Penelitian Kesehatan. Jakarta: Rineka Cipta.

Nurmala, I., Dkk. 2018. Promosi Kesehatan. Surabaya : Airlangga University Press

Wawan & Dewi. 2010. Teori dan Pengukuran Pengetahuan, Sikap dan Perilaku Manusia, Yogyakarta : Nuha Medika.


Article Metrics

Abstract view : 158 times | PDF view : 56 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Usman Mulbar, Rosidah Rosidah, Asrirawan Asriraawan

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

 Index by: