Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Ditinjau dari Self esteem

Nurwati Djam'an(1*), Fajar Arwadi(2), Nurul Amini(3),

(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.35580/imed44646

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh penerapan model pembelajaran inkuiri terbimbing terhadap kemampuan berpikir kritis ditinjau dari self esteem. Teknik pengambilan sampel pada penelitian ini menggunakan teknik random sampling dan jumlah sampel yaitu 26 peserta didik. Teknik pengumpulan data yaitu dengan menggunakan instrumen tes dan non-tes. Adapun instrumen yang digunakan yaitu tes kemampuan berpikir kritis siswa, angket self esteem, dan lembar observasi keterlaksanaan pembelajaran. Teknik analisis data yang digunakan yaitu analisis statistika deskriptif dan statistika inferensial dengan analisis regresi linear sederhana. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Penerapan model pembelajaran inkuiri terbimbing tidak berpengaruh terhadap kemampuan berpikir kritis siswa kategori SER (Self esteem rendah), (2) Penerapan model pembelajaran inkuiri terbimbing berpengaruh sebesar 27,3% terhadap kemampuan berpikir kritis siswa kategori SES (Self esteem sedang), dan (2) Penerapan model pembelajaran inkuiri terbimbing berpengaruh sebesar 82,8% terhadap kemampuan berpikir kritis siswa kategori SET (Self esteem tinggi).

Kata Kunci: Inkuiri Terbimbing, Kemampuan Berpikir Kritis, Self esteem

This study aims to determine whether there is an effect of the application of the guided inquiry learning model on critical thinking skills in terms of self-esteem. The sampling technique in this study used a random sampling technique and the number of samples was 26 students. Data collection techniques are using test and non-test instruments. The instruments used are tests of students' critical thinking skills, self-esteem questionnaires, and learning implementation observation sheets. The data analysis technique used is descriptive statistical analysis and inferential statistics with simple linear regression analysis. The results showed that: (1) The application of the guided inquiry learning model had no effect on the critical thinking skills of students in the SER category (low self-esteem), (2) The application of the guided inquiry learning model had an effect of 27.3% on the critical thinking skills of students in the SES category ( moderate self-esteem), and (2) the application of the guided inquiry learning model has an effect of 82.8% on the critical thinking ability of students in the SET category (high self-esteem).

Keywords: Guided Inquiry, Critical Thinking Skills, Self-Esteem


Full Text:

PDF

References


Ahmatika, D. 2017. Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Dengan Pendekatan Inquiry/ Discovery. Jurnal Euclid, Online, 3(1). 377-525.

Cahyana, U., Kadir, A., & Gherardini, M. 2017. Relasi kemampuan berpikir kritis dalam kemampuan literasi sains pada siswa kelas IV sekolah dasar. Sekolah Dasar: Kajian Teori Dan Praktik Pendidikan, 26(1), 14-22.

El‐Anzi, F.O. 2005. Academic Achievement And Its Relationship With Anxiety, Self esteem, Optimism, And Pessimissm In Kuwaiti Students. Social Behavior and Personality,33(1)

Fisher, Alec. 2011. Critical Thinking An Introduction Second Edition. United Kingdom: Cambridge University Press.

Gardner, D., Dyne, V.L., & Pierce, L. J. 2004. The Effect of Pay Level on OrganizationBased Self esteem & Performance: A Field Study. Journal of Occupational and Organizational Psycology, Vol. 77. 307-322

Hamidah, Nur, Sri Haryani, and Sri Wardani. 2018.Efektivitas lembar kerja peserta didik berbasis inkuiri terbimbing untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Jurnal Inovasi Pendidikan Kimia,12(2)

Haryani, D. 2011. Pembelajaran matematika dengan pemecahan masalah untuk menumbuhkembangkan kemampuan berpikir kritis siswa. In Prosiding Seminar Nasional Penelitian, Pendidikan Dan Penerapan MIPA, Fakultas MIPA, Universitas Negeri Yogyakarta. 14, No. 1.Hal:20-29

Komariyah, S., & Laili, A. F. N. 2018. Pengaruh kemampuan berpikir kritis terhadap hasil belajar matematika. JP3M (Jurnal Penelitian Pendidikan dan Pengajaran Matematika), 4(2), 53-58

Kharisma, D., Paduppai, D., & Djam'an, N. 2019. Pengaruh Kecerdasan Interpersonal, Regulasi Diri, dan Kemampuan Berpikir Logis Terhadap Prestasi Belajar Matematika Siswa Kelas XII SMA Negeri 2 Sengkang. Jurnal Nalar Pendidikan.Vol.7.No.1.

Kunandar. 2007. Guru Profesional Implementasi Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) dan Sukses Dalam Sertifikasi Guru. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada

Kurniawati, Wartoto, dan Diantoro. 2014. Pengaruh Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Integrasi Peer Instruction terhadap Penguasaan Konsep dan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa. Jurnal Pendidikan Fisika Indonesia. 10(1).36-46

Latifah, S. 2015. Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Time Token Berbantu Puzzle Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik Kelas X Pada Materi Gelombang. Jurnal ilmiah pendidikan fisika Al-Biruni.4(1).13-23.

Masitoh, D. I., & Marjono. Ariyanto, J. 2017. Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas X MIA Pada Materi Pencemaran Lingkungan di Surakarta. Jurnal Bioedukasi..10(1). 71- 79.

Melyana, A., & Pujiastuti, H. 2020. Pengaruh Kepercayaan Diri Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Siswa SMP. JPMI (Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif). 3(3)

Nurzaman, Muhammad. 2017. Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Dan Konvensional Terhadap Pembentukan Self-Esteem. Jurnal Olahraga.

Puspita, A.T., & Jatmiko, B. 2013. Implementasi model pembelajaran inkuiri terbimbing terhadap keterampilan berpikir kritis siswa pada pembelajaran fisika materi fluida statis. Jurnal Inovasi Pendidikan Fisika, 2(3). 121-125.

Sakti, K. E.2017.Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Inkuiri Terhadap Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis. 2(1)

Saraswati, N. L., Dibia, I. K., & Sudiana, I. W. 2013. Pengaruh model pembelajaran inkuiri terbimbing terhadap hasil belajar Matematika siswa kelas III SD di Gugus I Kecamatan Buleleng. Mimbar PGSD Undiksha.1(1)

Sadiyyah, R., Gustiana, M., Panuluh, S. D., & Sugiarni, R. 2019. Pengembangan Lembar Kerja Siswa (LKS) dengan pendekatan inkuiri terbimbing berbasis mobile learning untuk mengoptimalkan kemampuan berpikir kritis matematis. Prisma.8(1).80-95.

Simbolon, Dedi Holden, and Sahyar Sahyar. 2015."Pengaruh model pembelajaran inkuiri terbimbing berbasis eksperimen riil dan laboratorium virtual terhadap hasil belajar fisika siswa." Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan. 21(3).

Solihin, M. W., Prasutowo, S. H. B., & Supeno, S. 2018. Pengaruh model pembelajaran inkuiri terbimbing terhadap kemampuan berpikir kritis siswa SMA. Jurnal Pembelajaran Fisika.7(3). 299-306.

Sulaiman, H., Shabrina, F., & Sumarni, S. 2021. Tingkat Self esteem Siswa Kelas XII pada Pembelajaran Matematika Daring. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika.10(2).

Sulistiani, Eny, and Masrukan Masrukan. 2017. "Pentingnya berpikir kritis dalam pembelajaran matematika untuk menghadapi tantangan MEA." PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika.

Susilawati, S., & Sridana, N.2015. Pengaruh model pembelajaran inkuiri terbimbing terhadap keterampilan proses sains siswa. Biota: Biologi dan Pendidikan Biologi, 8(10). 27-36.


Article Metrics

Abstract view : 160 times | PDF view : 65 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Nurwati Djam'an, Fajar Arwadi, Nurul Amini

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

 Index by: