Analisis Kesalahan dalam Menyelesaikan Soal Cerita Sistem Persamaan Linier Dua Variabel Berdasarkan Prosedur Newman ditinjau dari Gaya Belajar Siswa Kelas VIII

Ahmad Talib(1*), Rosidah Rosidah(2), Andina Ainayah Naim(3),

(1) Jurusan Matematika FMIPA UNM
(2) Jurusan Matematika FMIPA UNM
(3) Jurusan Matematika FMIPA UNM
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.35580/imed37520

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kesalahan dalam menyelesaian soal cerita sistem persamaan linier dua variabel berdasarkan prosedur Newman ditinjau dari gaya belajar siswa kelas VIII SMP. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif bersifat deskriptif. Dengan menggunakan teknik purposive sampling, maka dipilih 3 subjek penelitian yaitu satu siswa pada setiap jenis gaya belajar yaitu visual, auditorial, kinestetik. Instrumen yang digunakan dalam pengumpulan data adalah angket gaya belajar, tes soal cerita sistem persamaan linier dua variabel dan pedoman wawancara. Teknik analisis data meliputi kondensasi data, penyajian data, penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa subjek dengan gaya belajar visual melakukan kesalahan penulisan jawaban akhir, subjek dengan gaya belajar auditorial melakukan keterampilan proses dan penulisan jawaban akhir, dan subjek dengan gaya belajar kinestetikal melakukan kesalahan memahami masalah, transformasi, keterampilan proses dan penulisan jawaban akhir.

Kata kunci: Kesalahan, Sistem Persamaan Linier Dua Variabel, Prosedur Newman, Gaya Belajar.

This study aims to describe errors in solving two-variable linear equation system story problems based on the Newman procedure in terms of the learning styles of class VIII junior high school students. The type of research used is descriptive qualitative research. By using purposive sampling technique, 3 research subjects were selected, namely one student in each type of learning style, namely visual, auditory, and kinesthetic. The instruments used in data collection were a learning style questionnaire, test questions about a two-variable linear equation system and interview guidelines. Data analysis techniques include data condensation, data presentation, drawing conclusions. The results showed that subjects with visual learning style made mistakes encoding error, subjects with auditory learning style performed processing skills error and encoding error, and subjects with kinesthetic learning styles made mistakes in comprehension error, transformation error, process skills error and enconding error.

Key Words: error, two-variable system of linear equations, newman's procedure, learning style


Full Text:

PDF

References


Adinawan, M. C., & Sugijono. (2006). Matematika SMP/MTS kelas VIII. Jakarta: Erlangga.

Ariyani, W., Muchydin, A., & Misri, M. A. (2018). Analysis of student mathematics error in solving problem story surface area and volume build space (cube and block) based on newman's error analysis (nea). PEDIAMATIKA: journal of mathematical science and mathematics educations, vol.01(01), 3-4.

DePorter, B., & Hernacki. (2015). Quantum Learning : Membiasakan Belajar Nyaman dan Menyenangkan. Bandung: Kaifa.

Kanarsih. (2015). Analisis Kesalahan Newman Pada Soal Cerita Matematis. Jurna PARADIKMA, 37-51.

Miles, M.B., Huberman, A.M., & Saldana, J. (2014). Qualitative Data Analysis, A Methods Sourcebook, Edition 3. USA: Sage Publications.

Oktaviana, D. (2017). Analisis Tipe Kesalahan Berdasarkan Teori Newman dalam Menyelesaikan Soal Cerita Pada Mata Kuliah Matematika Diskrit. EduSains: Jurnal Pendidikan Sains & Matematika, Vol.5 No.2.

Patmawati, S. (2019). Kesalahan Dalam Menyelesaikan Soal Cerita Pada Materi Sistem Persamaan Linier Dua Variabel Ditinjau Dari Gaya Belajar Siswa Kelas VII. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Rosanggreni, B. Y. (2018). Analisis Kesalahan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Cerita Pokok Bahasan SPLDV Berdasarkan

Newman's Error Analysis (NEA) Ditinjau Dari Gaya Belajar. Universitas Jember, 15.

Satiti. (2014). Analisis Kesalahan Siswa Dalam Menentukan Akar-Akar Persamaan Kuadrat Melalui Tahapan Kastolan. Jurnal FKIP Pendidikan Matematika Universitas Kristen Satya Wacana.

Wahyuni, Y. (2017). IDENTIFIKASI GAYA BELAJAR (VISUAL, AUDITORIAL, KINESTETIK) MAHASISWA PENDIDIKAN MATEMATIKA UNIVERSITAS BUNG HATTA. JPPM Vol.1 0No.2, 129-130.

White, L. A. (2010). A Revaluation of Newman's Error Analysis. Tersedia di www.mav.vic.edu.au/files/conferences/2009/08White.pdf.


Article Metrics

Abstract view : 277 times | PDF view : 92 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Ahmad Talib, Rosidah Rosidah, Andina Ainayah Naim

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

 Index by: