Pengembangan Media Pembelajaran Animasi Powtoon pada Materi Segiempat Kelas VII SMP

Clara Julia Tekkay(1), Usman Mulbar(2*), Sahid Sahid(3),

(1) Jurusan Matematika FMIPA UNM
(2) Jurusan Matematika FMIPA UNM
(3) Jurusan Matematika FMIPA UNM
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.35580/imed37516

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan dan menghasilkan media pembelajaran menggunakan aplikasi powtoon yang valid, praktis, dan efektif. Model penelitian ini mengacu pada model pengembangan ADDIE yang meliputi  5 tahapan yaitu analysis, design, development, implementation, dan evaluation. Instrumen penelitian berupa lembar validasi oleh ahli untuk mengukur aspek kevalidan; lembar observasi aktivitas guru dalam mengelola kelas untuk mengukur aspek kepraktisan; lembar observasi aktivitas siswa, angket respon siswa dan tes untuk mengukur aspek keefektifan. Responden uji coba media pembelajaran adalah siswa kelas VIII SMP dengan jumlah 27 orang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media pembelajaran memenuhi kriteria kevalidan berdasarkan penilaian oleh para ahli. Media pembelajaran memenuhi kriteria kepraktisan berdasarkan hasil observasi akivitas guru dalam mengelola kelas yang dikategorikan baik. Media pembelajaran memenuhi kriteria keefektifan berdasarkan hasil observasi aktivitas siswa yang dikategorikan sangat baik, respon siswa yang dikategorikan sangat baik, dan presentase ketuntasan klasikal dari tes hasil belajar siswa mencapai 85%. 

Kata Kunci: pengembangan, media pembelajaran, valid, praktis, efektif, matematika

This research aims to develop and produce learning media using powtoon animation applications that are valid, practical and effective. This research model refers to a ADDIE development model that includes 5 stages namely analysis, design, development, implementation, and evaluation. Research instrument in the form of validation sheets by experts to measure validity aspect; teacher activity observation sheet in managing class to measure practicality aspect; student activity observation sheet, responses, and tests to measure effectiveness aspect. Respondents for the learning media trial are students of class VIII SMP which consists of 27 students. The results showed that the learning media satisfies validity criteria based on the assessment by experts. The learning media satisfies practicality criteria based on the result of teacher activity observation are categorized as good. The learning media satisfies effective criteria based on the result of students activity observation are categorized as very good, students response are categorized as very good, and the percentage of classical completeness from student learning outcomes test reached 85%.

Key Words: development, learning media, valid, practical, effective, mathematics


Full Text:

PDF

References


Anifah, N. (2020). Peningkatan Kompetensi Guru dalam Menggunakan Media Pembelajaran Melalui Pendampingan. Jurnal Pendidikan dan Kependidikan, Vol 4(2), 135-145.

Apriansyah, M. R., Sambowo, K. A., & Maulana, A. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Video Berbasis Animasi Mata Kuliah Ilmu Bahan Bangunan Di Program Studi Pendidikan Teknik Bangunan Fakultas Teknik Universitas Negeri Jakarta. Jurnal Pendidikan Teknik Sipil (Jpensil), Vol 9(1), 8-18.

Astika, R. Y., Anggoro, B. S., & Andriani, S. (2019). Pengembangan Video Media Pembelajaran Matematika Dengan Bantuan Powtoon. Jurnal Pemikirandan Penelitian Pendidikan Matematika, Vol 2(2), 85-96.

Fardany, M. M., & Dewi, R. M. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Powtoon Berbasis Pendekatan Saintifik pada Mata Pelajaran Ekonomi. Jurnal Pendidikan Ekonomi, Vol 8(3), 101-108.

Hendrik, M. (2015). Ulasan Tentang Powtoon http://muhammadhendrik94.blogspot.com/2015/12/tentang-Powtoon.html. diakses pada tanggal 21 Januari 2022).

Komalasari, R. (2020). Manfaat Teknologi Informasi dan Komunikasi di Masa Pandemi Covid 19. Jurnal Teknologi Informasi dan Komunikasi, Vol 7(1), 38-49.

Mersand, S. (2014). Ulasan Produk: PowToon. https://tinyurl.com/ycx75ju7, diakses pada tanggal 20 Januari 2022)

Nabilah, S. (2018). Lembar Validasi LKS. https://tinyurl.com/58uvm4jz. diakses pada tanggal 21 Januari 2022.

Putri, R. E. (2018). Penerapan Metode Pembelajaran Matematika Berbasis ICT Pada SDN 14 Kecamatan Lubuk Begalung Padang. Journal of Information Technology and Computer Science, Vol 1(1), 91-98.

Ridwan. (2010). Skala Pengukuran Variabel-Variabel Penelitian. Bandung: Alfabeta.

Tafonao, T. (2018). Peranan Media Pembelajaran Dalam Meningkatkan Minat Belajar Mahasiswa. Jurnal Komunikasi Pendidikan, Vol 2(2), 103-114.

Trianto. (2010). Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Progresif: Konsep, Landasan, dan Implementasinya pada Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP). Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Wibawanto, W. (2017). Desain Dan Pemrograman Multimedia Pembelajaran Interaktif. Jember: Cerdas Ulet Kreatif.


Article Metrics

Abstract view : 252 times | PDF view : 83 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Clara Julia Tekkay, Usman Mulbar, Sahid Sahid

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

 Index by: