Deskripsi Kemampuan Siswa SMP dalam Menyelesaikan Soal Cerita Materi Aritmetika Sosial

Awi Dassa(1*), Bernard Bernard(2), Andi Sriwahyuningsih(3),

(1) Jurusan Matematika, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Makassar
(2) Jurusan Matematika, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Makassar
(3) Jurusan Matematika, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.35580/imed32236

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan siswa dalam menyelesaikan soal cerita materi aritmetika sosial. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Terdapat enam subjek penelitian yaitu, dua siswa berkemampuan tinggi, dua siswa berkemampuan sedang, dan dua siswa berkemampuan rendah. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu dengan melakukan tes aritmetika sosial. Instrumen yang yang digunakan dalam pengumpulan data adalah tes tertulis dan wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa subjek dengan kemampuan matematika tinggi (SKT), mampu menuliskan diketahui dan ditanyakan dengan  benar, mampu menuliskan rumus, serta siswa mampu dalam menyelesaikan masalah verbal.  Subjek dengan kemampuan matematika sedang (SKS), mampu dalam menentukan diketahui dan ditanyakan, akan tetapi kurang mampu dalam menuliskan rumus, serta tidak mampu dalam menyelesaikan masalah verbal. Subjek dengan kemampuan matematika rendah (SKR), tidak mampu dalam menuliskan diketahui dan ditanyakan dengan baik, tidak mampu dalam menuliskan rumus, serta tidak mampu dalam menyelesaikan permasalahan verbal. Hasil penelitian ini diharapkan dapat menambah wawasan dan meningkatkan kemampuan siswa dalam menyelesaikan soal cerita matematika yang berkaitan dengan pengaplikasian kehidupan sehari-hari.

Kata Kunci: Soal cerita, Aritmetika Sosial, Kemampuan menyelesaikan soal cerita

This study aims to describe the ability of students in solving social arithmetic story problems. The type of research used is qualitative research with a descriptive approach. There are six research subjects, namely, two high-ability students, two moderately capable students, and two low-ability students. The data collection technique in this research is by doing a social arithmetic test. The instruments used in data collection were written tests and interviews. The results showed that subjects with high mathematical ability (SKT), were able to write known and asked correctly, were able to write formulas, and students were able to solve verbal problems. Subjects with moderate mathematical ability (SKS), are able to determine what is known and asked, but are less able to write formulas, and are unable to solve verbal problems. Subjects with low mathematical ability (SKR), unable to write well known and asked, unable to write formulas, and unable to solve verbal problems. The results of this study are expected to add insight and improve students' abilities in solving math story problems related to the application of everyday life.

Keywoards: Story question, Social arithmetic, Ability to solve story problems


Full Text:

PDF

References


Abdurrahman. (2001). Representasi Pentingnya dalam pembelajaran Matematika. (Jurnal Matematika .VII.2)

Abubakar, W. (2016). Analytical problem solving skills at social arithmetic in project based learning in grade 3 smp islam athirah bukit baruga. Jurnal Daya Matematis, Vol. 4 No. 3.

Bahri, M. (2015). Peningkatan kemampuan menyelesaikan soal cerita matematika materi menghitung keliling persegi dan persegi panjang menggunakan media kartu kerja pada siswa kelas iii mi miftahul hidayah pakong pamekasan.

Ifanali. (2014). Penerapan Langkah Polya Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Soal Cerita Pecahan Siswa Kelas VII SMP N 13 Palu. Jurnal Elektronik Pendidikan Matematika Tadulako. Vol 01, nomor 02.

Cooney, D. (1975). Dynamics Of Teaching Secondary School Mathematics. U.S.A, Houghton Mifflin Company.

Marpiyanti. (2012). Peningkatan pemahaman konsep dan penalaran matematika melalui pembelajaran berbasis masalah pada siswa kelas ix ipa sma negeri topoyo.

Miles & Huberman dalam bukunya Qualitative Data Analysis: An Expended Sourcebook (3rd ed.), N.

Ningsih Sri, (2013). Anslisis Kemampuan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Cerita Berdasarkan Polya Pada Materi Luas Permukaan dan Volume Balok.

Pesona, R.I. dan Yunianta,T.N.H. (2018). “Deskripsi Kemampuan Matematika Siswa Dalam Pemecahan Masalah Sistem Persamaan Linear Dua Variabel Berdasarkan Level Taksonomi Solo”. GENTA MULIA. Volume IX No. 1, Januari 2018.

Polya, G. (1973). How to solve it. Princeton, USA. Princeton University Press. P.

Sulastri, A. I. Meliyana, S. M. (2018). Analisis Kemampuan Menyelesaikan Soal Cerita Matematika Pada Siswa Kelas VII SMP Negeri 1 Bulukumba.

Vilianti,Y.C. (2017). Deskripsi Kemampuan Pemecahan Masalah Soal Cerita Aritmetika Sosial Oleh Siswa Kelas VIII SMP Ditinjau Dari Tahap Polya.

Wahyuddin. (2016). Analisis kemampuan menyelesaikan soal cerita matematika ditinjau dari kemampuan verbal. Jurnal tadris matematika. Vol. 9 No. 2 (Nopember) 2016.

Zainiyah Nanik. (2011). Analisis Kesalahan Siswa Kelas VIII MTS Darussala, Sidodadi Dalam Menyelesaikan Soal Cerita Sistem Persamaan Linear Dua Variabel Ditinjau Dari Langkah Penyelesaian Masalah Polya.


Article Metrics

Abstract view : 196 times | PDF view : 58 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Andi Sriwahyuningsih

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

 Index by: