Analisis Kesalahan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel Ditinjau dari Kemampuan Awal Matematika

Hamzah Upu(1*), Awi Dassa(2), Nurhalizah R.(3),

(1) Jurusan Matematika, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Makassar
(2) Jurusan Matematika, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Makassar
(3) Jurusan Matematika, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.35580/imed32233

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kesalahan siswa dan faktor penyebab kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel (SPLDV) berdasarkan tahapan Newman ditinjau dari kemampuan awal matematika. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas IX yang terdiri enam orang yakni masing-masing dua orang untuk setiap tingkatan kemampuan awal matematika. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu tes dan wawancara. Adapun instrumen penelitian yang digunakan yaitu tes kemampuan awal matematika, tes diagnostik SPLDV, dan pedoman wawancara. Teknik analisis data dalam penelitian ini meliputi kondensasi data, penyajian data, dan verifikasi atau penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Siswa dengan kemampuan awal matematika tinggi melakukan kesalahan keterampilan proses dan penulisan jawaban; (2) Siswa dengan kemampuan awal matematika sedang melakukan kesalahan memahami, transformasi, keterampilan proses, dan penulisan jawaban; (3) Siswa dengan kemampuan awal matematika rendah melakukan kesalahan membaca, memahami, transformasi, keterampilan proses, dan penulisan jawaban. Adapun faktor yang paling sering menyebabkan kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal materi SPLDV diantaranya karena siswa kurang teliti dan terburu-buru dalam mengerjakan soal, belum menguasai materi prasyarat, dan sebagai akibat dari kesalahan yang dilakukan sebelumnya.

Kata Kunci: Kesalahan, Sistem Persamaan Linear Dua Variabel, Kesalahan Newman, Matematika.

 

This research aims to analyze students’ errors and the factors that cause students’ errors in solving problems of two-variable linear equations system based on Newman’s stages viewed from initial mathematical ability. This research is qualitative research with a descriptive approach. The subject of this research is students grade IX that consists of six students which two people for each level of initial mathematical ability. Data collection techniques in this research are test and interview. The research instrument was used, namely the initial mathematical ability test, a diagnostic test of a two-variable linear equation system, and interview guidelines. The data analysis techniques in this study include the condensation of data, the presentation of data, and the verification or drawing of conclusions.  The result shows that: (1) Students with high initial mathematical abilities make mistakes in processing skills and writing in answers; (2) Students with medium early mathematical abilities are making mistakes in understanding questions, transforming questions, processing skills, and writing answers; (3) Students with low initial mathematical abilities make errors in reading questions, misunderstanding questions, transformation, processing skills, and writing answers. The factors that most often cause students' errors in solving the Two-Variable Linear Equations System material problems are students being less thorough and hastily working on the questions, have not mastered the prerequisite material, and as the result of previous mistakes.

Keywords: Errors, Two-Variable Linear Equations System, Newman Error, Mathematics.


Full Text:

PDF

References


Fatahillah A., Wati, Y.F.N.T., & Susanto. (2017). Analisis kesalahan peserta didik dalam menyelesaikan soal cerita matematika berdasarkan tahapan newman beserta bentuk scaffolding yang diberikan. KadikmA, 8 (1). 40-51. February 26, 2021. https://jurnal.unej.ac.id/index.php/kadikma/article/view/5229

Ferdianto, F., & Yesino, L. (2019). Analisis kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal pada materi spldv ditinjau dari indikator kemampuan matematis. SJME (Supremum Journal of Mathematics Education, 3 (1). 32-36. April 5, 2021.https://journal.unsika.ac.id/index.php/supremum/article/view/1335

Fitriatien, S.R. 2019. Analisis Kesalahan Dalam Menyelesaikan Soal Cerita Matematika Berdasarkan Newman. Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 4 (1), 53-64. February 26, 2021. https://core.ac.uk/download/pdf/234023759.pdf

Gais, Z., & Afriansyah, E.A. 2017. Analisis Kemampuan Peserta didik Dalam Menyelesaikan Soal High Order Thinking Ditinjau dari Kemampuan Awal Matematis Peserta didik. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 6 (2), 255-266. February 25, 2021. https://journal.institutpendidikan.ac.id/index.php/mosharafa/article/view/mv6n2_9

Islamiyah, A.C., Prayitno, S., & Amrullah. (2018). Analisis kesalahan siswa smp pada penyelesaian masalah sistem persamaan linear dua variabel. Jurnal Didaktik Matematika. 66-76. March 14, 2021. http://jurnal.unsyiah.ac.id/DM/article/view/10035/8767

Karnasih, Ida. 2015. Analisis Kesalahan Newman Pada Soal Cerita Matematis (Newmans Error Analysis In Mathematical Word Problems). Jurnal Paradikma, 8 (1). hal 37-51. February 26, 2021. http://digilib.unimed.ac.id/1368/

Rahmania, L., & Rahmawati, A. 2016. Analisis Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Cerita Persamaan Linear Satu Variabel. Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika, 1 (2), 165-174. February 26, 2021. http://journal.unipdu.ac.id/index.php/jmpm/article/view/639

Rahmawati, D., & Permata, L.D. 2018. Analisis Kesalahan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Cerita Program Linear Dengan Prosedur Newman. Jurnal Elektronik Pembelajaran Matematika, 5(2), hal 173-185. February 26, 2021. https://jurnal.uns.ac.id/jpm/article/view/26050/18266

Yolandia, Y., Rohati, & Winarni, S. 2017. Analisis Kesalahan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Cerita Berdasarkan Newmans Error Analysis (NEA) Ditinjau dari Tingkat Kemampuan Awal Matematisnya Pada Materi Lingkaran, 1-13. March 27, 2021. https://repository.unja.ac.id/2124/1/RRA1C213030-%20%20ARTIKEL%20ILMIAH.pdf

Zahra, S.J.A. (2019). Analisis kesalahan siswa dalam pemahaman konsep menyelesaikan soal cerita spldv dengan tahapan newman. Jurnal Pembelajaran Matematika inovatif, 2 (2). 87-94. April 4, 2021. https://journal.ikipsiliwangi.ac.id/index.php/jpmi/article/view/2390


Article Metrics

Abstract view : 541 times | PDF view : 201 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Nurhalizah R.

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

 Index by: