Analisis Kesalahan Siswa Introver dan Ekstrover Berdasarkan Kriteria Newman dalam Menyelesaikan Soal Cerita Materi Program Linear

Rosidah Rosidah(1*), Ilham Minggi(2), Syahfira Audiwinanda(3),

(1) Jurusan Matematika, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Makassar
(2) Jurusan Matematika, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Makassar
(3) Jurusan Matematika, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.35580/imed32227

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kesalahan siswa introver dan ekstrover serta penyebab kesalahannya berdasarkan kriteria Newman dalam menyelesaikan soal cerita materi program linear. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif deskriptif. Terdapat 4 subjek penelitian yaitu 2 siswa dengan tipe kepribadian introver dan 2 siswa dengan tipe kepribadian ekstrover. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah angket, tes soal, dan wawancara.  Instrumen yang digunakan dalam pengumpulan data adalah angket tipe kepribadian, tes soal materi program linear dan pedoman wawancara. Teknik analisis data meliputi kondensasi data, penyajian data dan menarik kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa introver melakukan kesalahan transformasi, kesalahan keterampilan proses, dan kesalahan penulisan jawaban akhir. Sedangkan siswa ekstrover melakukan kesalahan membaca, kesalahan memahmai, kesalahan transformasi, kesalahan keterampilan soal, dan kesalahan penulisan jawaban akhir. Penyebab kesalahan siswa introver berdasarkan prosedur Newman adalah adanya kebiasaan salah yang tidak diluruskan guru, prinsip siswa tidak menuliskan kendala tak negatif, merasa tertekan karena dibatasi oleh waktu dalam mengerjakan soal. Sedangkan penyebab kesalahan siswa ekstrover adalah siswa ekstrover cenderung tergesa-gesa dalam menyelesaikan soal, tidak dapat menghubungkan informasi-infoemasi pada soal, kurang mengusai materi prasyarat dan tidak melakukan pengecekan ulang terhadap hasil jawabannya.

Kata Kunci: Kesalahan, Soal Cerita, Program Linear, Kriteria Newman, Introver dan ekstrover.

This study aims to describe the errors of introverted and extroverted students and the causes of their errors based on Newman's criteria in solving linear programming problems. The type of research used is descriptive qualitative research. There are 4 research subjects, namely 2 students with an introverted personality type and 2 students with an extroverted personality type. The research consisted of 2 students with an introverted personality type and 2 students with an extroverted personality type. Data collection techniques used are questionnaires, test questions, and interviews. The instruments used in data collection were personality type questionnaires, linear program material tests and interview guidelines. Data analysis techniques include data condensation, data presentation and drawing conclusions. The results showed that introverted students transformation error, process skills error and enconding error. Meanwhile, extroverted students make are reading error, comprehension error, transformation error, process skills error and enconding error. The causes of introverted students' errors based on the Newman procedure are wrong habits that are not corrected by the teacher, the principle of students not writing down non-negative constraints, feeling pressured because they are limited by time in doing questions. While the causes of extroverted students' errors are extroverted students who tend to be in a hurry in solving problems, cannot connect information to questions, do not master the prerequisite material and do not re-check the results of their answers.

Keywords: Error, Story Problem, Linear program, Neman’s Criteria, Introvert and Extrovert.


Full Text:

PDF

References


Aisyah, F. N., Hariyani, S. H., & Dinullah, R. N. I. (2019). Analisis kesalahan penyelesaian soal cerita berdasarkan kriteia waktson. Jurnal Review Pembelajaran Matematika, 4(1), 11-22. Juni 7, 2021. https://www.researchgate.net/profile/Sri-Hariyani/publication/342767998_Analisis_Kesalahan_Penyelesaian_Soal_Cerita_Berdasarkan_Kriteria_Watson/links/619c3abad7d1af224b199984/Analisis-Kesalahan-Penyelesaian-Soal-Cerita-Berdasarkan-Kriteria-Watson.pdf

Alayyubi, A. I., Kasmawati, & Jusriana, A. (2020). Perbandingan hasil belajar fisika peserta didik berdasarkan karakter introvert dan ekstrovert. Al asma: Journal of Islamic Education, 2(2), 202-209. Mei 27, 2021. http://103.55.216.56/index.php/alasma/article/view/16163/9773

Alhassora, N. S. A., Abu, M. S., & Abdullah, A. H. (2017). Newman error analysis on evaluating and creating thinking skills. Man In ndia, 97(19), 413-427. Februari 25, 2021. https://www.researchgate.net/profile/Abdul-Abdullah-7/publication/322062647_NEWMAN_ERROR_ANALYSIS_ON_EVALUATING_AND_CREATING_THINKING_SKILLS/links/5a41af4da6fdcce19712bdf8/NEWMAN-ERROR-ANALYSIS-ON-EVALUATING-AND-CREATING-THINKING-SKILLS.pdf1

Andriyani, A., Ratu, N. (2018). Analisis kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal cerita pada materi program linear ditinjau dari gaya kognitif siswa. Jurnal Pendidikan Berkarakter, 1(1), 16-22. Mei 27, 2021. https://doi.org/10.31764/pendekar.v1i1.252

Armanza, R., Asyhar B. (2020). Pemahaman konseptual dan prosedural siswa sma/ma dalam menyelesaikan soal program linier berdasarkan tipe kepribadian. Jurnal Tadris Matematika, 3(2), 163-176. Maret 31,2021. https://doi.org/10.21274/jtm.2020.3.2.163-176

Cahyaningtyas, O., Rahardi, R., & Irawati, S. (2021). Analisis kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal persamaan dan pertidaksamaan nilai mutlak berdasarkan teori newman. Jurnal Pendidikan Matematika, 11 (03), 104-117. Mei 28, 2021. https://doi.org/10.22437/edumatica.v11i03.14201

Haryanto, D., & Nur, I. M. (2017). Sistem pakar tes kepribadian ekstrover dan introver dengan metode forward chaining. JUTEKIN (Jurnal Teknik Informatika), 5(2), 11-21. Juni 3, 2021. http://jurnal.stmik-dci.ac.id/index.php/jutekin/article/view/138

Maharani, S. N. A., Noviekayati, I., & Meiyuntariningsing, T. (2017). Efektivitas expressive writing therapy dalam menurunkan tingkat stress pada remaja dengan albino ditinjau dari tipe kepribadian introvert dan ekstrovert. Person: Jurnal Psikologi Indonesia, 6(2), 98-110. April 17, 2021. https://doi.org/10.30996/persona.v6i2.1299

Rohmah, M., Sutiarso, S. (2018). Analysis problem solving in mathematical using theory newman. EURASIA Journal of Mathematics, Science and Technology Education, 14(2), 671-681. Februari 25, 2021. http://repository.lppm.unila.ac.id/8167/1/Analysis%20Problem%20Solving.pdf

Rosida, E. R., & Astuti, T. P. (2015) Perbedaan penerimaan teman sebaya ditinjau dari tipe kepribadian ekstrovert dan introvert. Jurnal EMPATI, 4(1), 77-81. Juni 2, 2021. https://ejournal3.undip.ac.id/index.php/empati/article/view/13120

Rudianti, R., Aripin, & Muhtadi, D. (2021). Proses berpikir kritis matematis siswa ditinjau dari tipe kepribadian ekstrovert dan introvert. Mosharafa:Jurnal Pendidikan Matematika, 10(3), 437-448. November 30,2021. https://doi.org/10.31980/mosharafa.v10i3.1038

Safitri, F. A., Sugiart, T., & Hutama, F S. (2019). Analisis kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal cerita bangun datar berdasarkan newman’s error analysis (NEA). Jurnal Profesi Keguruan, 5(1), 42-49. Februari 25, 2021. https://journal.unnes.ac.id/nju/index.php/jpk/article/view/18465/9305

Singh, P., Rahman, A. A., & Hoon, T. S. (2010). The newman procedure for analyzing primary four pupils errors on written mathematical tasks: a malaysian perspective. Procedia - Sosial and Behavioral Sciences, 8(5), 264–271. Maret 24, 2021. https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2010.12.036

Suratih, & Pujiastuti H. (2020). Analisis kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal cerita program linear berdasarkan newman’s error analysis. PYTHAGORAS: Jurnal Pendidikan Matematika, 15(2), 111-123. Februari 25, 2021. https://doi.org/10.21831/pg.v15i2.30990

Suryabrata, S. (2010). Psikologi Kepribadian. Jakarta: PT Rajawali Pers.

White, A. L. (2010). Numeracy, literacy and newman’s error analysis. Journal of Science and Mathematics Education in Southeast Asia, 33 (2), 129-148. Februari 25, 2021. https://researchdirect.westernsydney.edu.au/islandora/object/uws:26023

Wijaya, A. A., & M., Masriyah. (2013). Analisis kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal cerita sistem persamaan linear dua variabel. MATHEdunesa, 2(1). Maret 13, 2021. https://jurnalmahasiswa.unesa.ac.id/index.php/mathedunesa/article/view/1453/pdf


Article Metrics

Abstract view : 432 times | PDF view : 142 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Syahfira Audiwinanda

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

 Index by: