Deskripsi Pemahaman Konseptual dan Prosedural pada Materi Persamaan Garis Lurus ditinjau dari Kecerdasan Logis Matematis Siswa

Tuti Alawiya(1*), Muhammad Dinar(2), Asdar Asdar(3),

(1) Jurusan Matematika, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Makassar
(2) Jurusan Matematika, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Makassar
(3) Jurusan Matematika, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.35580/imed32210

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui deskripsi pemahaman konseptual dan prosedural pada materi persamaan garis lurus jika ditinjau dari kecerdasan logis matematis siswa. Untuk memenuhi tujuan tersebut dilakukan jenis penelitian kualitatif yang bersifat deskriptif. Subjek dari penelitian ini terdiri dari 3 orang yakni masing-masing satu dari kecerdasan logis matematis tinggi, sedang, dan rendah siswa di kelas IX SMP. Instrumen dalam penelitian ini adalah tes kecerdasan logis matematis, tes pemahaman konseptual dan prosedural dan pedoman wawancara. Materi yang digunakan adalah materi persamaan garis lurus. Hasil penelitian menunjukkan pada pemahaman konseptual,  subjek dengan kecerdasan logis matematis tinggi mampu memahami 3 indikator, kecerdasan logis matematis sedang 4 indikator, dan kecerdasan logis matematis rendah 1 indikator. Pada pemahaman prosedural, ketiga subjek belum memahami dengan baik setiap indikatornya

Kata Kunci: Konseptual, Prosedural, Kecerdasan Logis Matematis, Persamaan Garis Lurus.

This study aims to determine the description of conceptual and procedural understanding on the material of straight-line equations when viewed from the logical mathematical intelligence of students. To fulfill this objective, a descriptive qualitative research was conducted. The subjects of this study consisted of 3 people, one each from high, medium, and low mathematical logical intelligence students in class IX SMP. The instruments in this study were logical mathematical intelligence tests, conceptual and procedural understanding tests and interview guidelines. The material used is straight line equation material. The results showed that on conceptual understanding, subjects with high mathematical logical intelligence were able to understand 3 indicators, moderate mathematical logical intelligence 4 indicators, and low mathematical logical intelligence 1 indicator. In procedural understanding, the three subjects did not understand each indicator well

 

Keywords: Conceptual Understanding, Procedural Understanding, Mathematical Logical Intelligence, Straight Line Equation


Full Text:

PDF

References


Abidin, Z. Pentingnya Pemahaman Konseptual dan Prosedural dalam Belajar Matematika, Jurnal pendidikan dan pembelajaran. Malang: Universitas Islam Malang.

Khamidah, L. (2017). Pemahaman Konseptual Dan Pengetahuan Prosedural Siswa Kelas Viii Dalam Penyelesaian Soal Matematika Pada Materi Sistem Persamaan Linier Dua Variabel.Prosiding SI MaNIs (Seminar Nasional Integrasi Matematika dan Nilai Islami). 1(1). 611-616

Kilpatrick, J., Swafford, J., & Findell, B. (Eds.). (2001). Adding it Up: Helping Children Learn Mathematics. Washington, DC: National Academy Press

Novitasari,D., Rahman,A., & Alimuddin. 2015. Profil Kreativitas Siswa dalam Pemecahan Masalah Matematika Ditinjau dari Kecerdasan Visual Spasial dan Logis Matematis pada Siswa Sman 3 Makassar. Jurnal Daya Matematis, Volume 3 Nomor 1

Nurrohman. 2017. Pengaruh Kecerdasan Logis Matematis Dan Motivasi Terhadap Prestasi Belajar Matematika Siswa Kelas Ix Smpn 01 Sumbergempol Tahun Ajaran 2016/2017. Skripsi. Tulungagung: Institut Agama Islam Negeri

Pusptasari, V. (2013). Memperbaiki Pemahaman Konseptual Dan Prosedural Pada System Persamaan Linear Dua Variable Melalui Wawancara Klinis. (Skripsi). Universtas Tanjung Pura Pontianak.

Ruslan,Bernard.H., Akbar, E.,A. (2017).Deskripsi Pemahaman Konseptual Siswa SMP IT Wahda Islamiyah pada Materi Pecahan Ditinjau dari Gaya Belajar Visual.Issues in Mathematics Education.1(21).12-17

Suratman,D. (2010). Pemahaman Konseptual dan Pengetahuan Prosedural Materi Pertidaksamaan Linear Satu Variabel Siswa Kelas VII SMP. Jurnal Cakrawala Kependiidikan. 9(2).

Setyorini, D. (2017). Profil Pengetahuan Prosedural dan Pengetahuan Konseptual Siswa dalam Menyelesaikan Masalah Persamaan Garis Lurus (Skripsi). Universitas Nusantara PGRI Kediri.

Syafiqah, A. (2019). Deskripsi kecerdasan Visual Spasial dalam Memecahkan Masalah Bangun Ruang Sisi Datar ditinjau Berdasarkan Tingkat Kemampuan Awal Geometri Pada Kelas VII SMPN 2 Pangkajene (Skripsi). Universitas Negeri Makassar, Makassar.

Wawan. (2018), Analisis Pemahaman Konseptual dan Prosedural Siswa dalam Menyelesaikan Soal Matematika Berdasarkan Gaya Belajar (Skripsi). Universitas Negeri Makassar, Makassar.


Article Metrics

Abstract view : 292 times | PDF view : 102 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Tuti Alawiya

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

 Index by: