Deskripsi Kemampuan Berpikir Reflektif dalam Menyelesaikan Soal High Order Thinking Skill (HOTS) ditinjau dari Kecerdasan Logis Matematis Siswa

Hamzah Upu(1*), R. Rusli(2), Yulia Pratiwi(3),

(1) Jurusan Matematika FMIPA Universitas Negeri Makassar
(2) Jurusan Matematika FMIPA Universitas Negeri Makassar
(3) Jurusan Matematika FMIPA Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.35580/imed23845

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan berpikir reflektif dalam menyelesaikan soal High order thinking skill (HOTS) ditinjau dari kecerdasan logis matematis siswa. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan menggunakan pendekatan deskriptif. Subjek penelitian ini adalah 3 siswa kelas IX SMP yang masing-masing mewakili satu kategori kemampuan logis matematis. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes kecerdasan logis matematis, tes soal HOTS, dan pedoman wawancara. Kemampuan berpikir reflektif siswa mempunyai tiga fase, yaitu: reacting, comparing, dan contemplating. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) Pada fase reacting; subjek yang kecerdasan logis matematisnya tinggi, sedang, dan rendah memenuhi semua indikator yang harus dilalui dengan bereaksi dengan pemahaman pribadinya. 2) Pada fase comparing; subjek yang kecerdasan logis matematisnya tinggi dan sedang memenuhi semua indikator yang harus dilalui dengan melakukan analisis dan evaluasi terhadap pengetahuannya yang sudah ada; subjek yang kecerdasan logis matematisnya rendah tidak memenuhi indikator apapun. 3) Pada fase contemplating; siswa yang kecerdasan logis matematisnya tinggi memenuhi syarat indikator yang harus dilalui dengan menyelesaikan soal mengacu pada pengetahuan yang diingatnya; subjek yang kecerdasan logis matematisnya sedang dan rendah tidak memenuhi indikator apapun.

Kata Kunci:Kemampuan, Berpikir Reflektif, High Order Thinking Skill, Kecerdasan Logis Matematis, SPLDV.

This research was intended to describe student’s reflection thinking ability on solving HOTS questions based on students logical mathematical intelligence. This study was descriptive research with qualitative approach. Subjects of this study were ninth grader students of middle school, consisting of one student with high logical mathematical intelligence, one student with moderate logical mathematical intelligence, one student with low logical mathematical intelligence. Instruments in this study were logical mathematical intelligence test, high order thinking skill  questions, and interview guideline. For reflective thinking ability, there are three phases that must be through by students. They are reacting, comparing, and contemplating phases. Research result showed that: 1) For reacting phase; students with high, moderate, and low logical mathematical intelligence fulfilled each indicator to react with their personal understanding. 2) For comparing phase; students with high and moderate logical mathematical intelligence fulfilled each indicator by analysing and evaluating their existing knowledge; student with low logical mathematical intelligence doesn’t meet any indicators. 3) For Contemplating phase; student with high logical mathematical intelligence fulfilled each indicator by solving the questions referring to the knowledge that she remembered; students with moderate and low logical mathematical intelligence don’t meet any indicators.

Keywords:Ability, Reflective Thinking, High Order Thinking Skill, Logical Mathematical Intelligence, SPLDV.


Full Text:

PDF

References


Adha, S. M., Rahaju, E. B. (2020). Profil Berpikir Reflektif Siswa SMA dalam Memecahkan Masalah Matematika ditinjau dari Kecerdasan Logis Matematis. Jurnal Penelitian Matematika dan Sains, 4. 61-71.

Asis, M., Arsyad, N., Alimuddin. (2015). Profil Kemampuan Spasial dalam Menyelesaikan Masalah Geometri Siswa yang Memiliki Kecerdasan Logis Matematis Tinggi Ditinjau dari Perbedaan Gender. Jurnal Daya Matematis, 3. 78-87.

Fisher, A. (2001). Critical Thinking: An Introduction. Cambridge: Cambridge University Press.

Gunawan, A. W. (2011). Born to be a Genius. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Gurol. A. (2011). Determining the reflective thinking skills of pre-service teachers in learning teaching process. Energy Education Science and Technology Part B: Social and Educational Studies, 3. 387-402.

Hidayat, A. (2018). Deskripsi Kemampuan Berpikir Reflektif dalam Memecahkan Masalah Matematika pada Siswa Kelas IX SMP 1 Makassar Ditinjau dari Stres Akademik (Skripsi, tidak dipublikasi). Universitas Negeri Makassar, Makassar.

Kemendikbud. (2017). Modul Penyusunan Higher Order Thinking Skill (HOTS). Jakarta: Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah Departeman Pendidikan dan Kebudayaan.

Maryam, S., Rosyidi, A. H. (2016). Representasi Siswa SMP dalam Menyelesaikan Soal Open-Ended ditinjau dari Kemampuan Matematika. Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 1. 74-79.

Masykur, M., Fathani, A. H. (2007). Mathematical Intelligence: Cara Cerdas Melatih Otak dan Menanggulagi Kesulitan Belajar. Yogykarta: Ar-Ruzz Media.

Nisak, L. (2013). Analisis Kemampuan Berpikir Reflektif Siswa dalam Memecahkan Masalah Berbentuk Semantik, Figural, dan Simbolik pada Pokok Bahasan Fungsi Kelas XI IPA di MAN Nglawak Kertosono Nganjuk (Skripsi, tidak dipubliskan). Institut Agama Islam Sunan Ampel, Surabaya.

Noer, S. H. (2008). Problem-Based Learning dan Kemampuan Berpikir Reflektif dalam Pembelajaran Matematika. Semnas Matematika dan Pendidikan Matematika (hal. 267-280). Yogyakarta, Indonesia: Universitas Negeri Yogyakarta.

Phan, P. H. (2009). Reflective thinking, effort, persistence, disorganization, and academic performance: A mediational approach. Electronic Journal of Research in Educational Psychology, 7. 927-952.

Widodo, T., Kadarwati, S. (2103). Higher Order Thinking Berbasis Pemecahan Masalah Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Berorientasi Pembentukan Karakter Siswa. Cakrawala Pendidikan, XXXII. 161-171.


Article Metrics

Abstract view : 404 times | PDF view : 158 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Hamzah Upu, R. Rusli, Yulia Pratiwi

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

 Index by: