Deskripsi Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Ditinjau dari Tingkat Kecerdasan Logis Matematis Siswa Kelas XI

Nurdin Arsyad(1*), N. Nasrullah(2), Satriani Safaruddin(3),

(1) Jurusan Matematika, Fakultas MIPA, Universitas Negeri Makassar
(2) Jurusan Matematika, Fakultas MIPA, Universitas Negeri Makassar
(3) Jurusan Matematika, Fakultas MIPA, Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.35580/imed15325

Abstract


Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif bertujuan mendeskripsikan kemampuan pemecahan masalah matematika berdasarkan tingkat kecerdasan logis matematis pada materi barisan dan deret. Subjek dalam penelitian ini sebanyak 32 siswa kelas XI. Teknik pengumpulan data yang dilakukan dalam penelitian ini adalah metode tes dan wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dari ketiga tingkatan kecerdasan logis matematis, subjek penelitian memiliki kesamaan, dimulai pada tahap memahami masalah subjek mengungkapkan maksud soal dengan bahasa dan kalimat sendiri. Kemudian dalam menyusun rencana pemecahan masalah subjek membuat model matematika. Pada tahap melaksanakan rencana, subjek menentukan nilai-nilai variabel yang dibutuhkan untuk menemukan solusi dari masalah, dan di akhir proses pemecahan masalah subjek memeriksa kembali langkah-langkah yang digunakan dan hasil yang diperoleh. Selain itu, dari ketiga tingkatan kecerdasan logis matematis subjek penelitian memiliki perbedaan, yaitu pada tahap memahami masalah dimana informasi yang diungkapkan subjek KLMT lebih lengkap daripada subjek KLMS dan KLMR. Sementara itu, pada tahap melaksanakan rencana dalam menggunakan prosedur pemecahan masalah subjek KLMT lebih jelas dan tepat. Sedangkan, subjek KLMS dapat menyelesaikan rencana penyelesaiannya yang jawaban akhirnya benar, meskipun prosedur yang digunakan kurang tepat. Kemudian, subjek KLMR menghadapi kendala dalam menyelesaikan masalah karena prosedur yang digunakan tidak jelas.
Kata Kunci: Kemampuan, Pemecahan masalah matematika, Langkah Polya, Kecerdasan logis matematis, Barisan dan deret.

This research is a qualitative research with a descriptive approach that aimed to describe students' mathematical problem solving ability in terms the level of mathematical logical intelligence on sequence and series topic. The subjects in this research were 32 students of class XI MIA. The data collection techniques used in this research were the method of test and interview. The results of the research showed that of the three levels of mathematical logical intelligence, research subjects have similarities, starting at the step of understanding the problem subjects expressed the purpose of the problem with their own language and sentence. Then in devising a problem solving plan subjects make a mathematical model. At the step of carrying out the plan, the subjects determine the variable values needed to find a solution to the problem, and at the end of the problem solving process, subjects looking back the steps used and the results obtained. Meanwhile, from the three levels of mathematical logical intelligence, research subjects have differences, that are at the step of understanding the problem where the information revealed by the subject of KLMT is more complete than the subject of KLMS and KLMR. Meanwhile, at the step of carrying out the plan the subject of KLMT in using problem solving procedure more clear and precise. While, the subject of KLMS was able to complete the completion plan whose answer was finally correct, although the procedure used was incorrect. Then, the subject of KLMR faced an obstacle in solving problems because the procedure used was unclear.
Keywords: Ability, Mathematical problem solving, Polya steps, Mathematical logical intelligence, Sequence and series.

Full Text:

PDF

References


Amri, H, A. (2017). Profil Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Ditinjau dari Kecerdasan Majemuk (Kecerdasan Visual-Spasial Matematis Dan Kecerdasan Logis-Matematis) Siswa Kelas X Khusus SMA Negeri 3 Sengkang. (Tesis, tidak dipublikasikan). Program Pascasarjana Universitas Negeri Makassar, Makassar.

Armstrong, T. (2002). Menerapkan Multiple Intellegences di Sekolah. Bandung: Kaiffa.

Hudojo, H. (1990). Strategi mengajar Belajar Matematika. Malang: IKIP Malang.

Irawan, EPI., Suharta, IGP., & Suparta, NI. (2016). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika: Pengetahuan Awal, Apresiasi Matematika, Dan Kecerdasan Logis Matematis. Prosiding Seminar Nasional MIPA, (Online), ISBN 978-602-6428-00-4, (https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/semnasmipa/article/view/10185, diakses pada tanggal 10 Agustus 2018).

Jayantika, TIAI., & Sudiarta, PGI. (2013). Kontribusi Bakat Numerik, Kecerdasan Spasial, dan Kecerdasan Logis Matematis Terhadap Prestasi Belajar Matematika Siswa SD Negeri Di Kabupaten Buleleng. e-Journal Program Pascasarjana Universitas Pendidikan Ganesha,2 (https://media.neliti.com/media/publications/102985-ID-kontribusi-bakat-numerik-kecerdasan-spas.pdf, diakses pada tanggal 30 Agustus 2018).

Mahalistia, E., & Wijayanti, P. (2017). Penalaran Matematis Siswa Dalam Memecahkan Masalah Matematika Berdasarkan Kecerdasan Linguistik dan Logis-Matematis. Jurnal Pendidikan Ilmiah Matematika, 2(6)

(http://jurnalmahasiswa.unesa.ac.id/index.php/mathedunesa/article/view/21124/19371, diakses pada tanggal 03 Oktober 2018).

Mahardhikawati, E., Mardiyana., & Setiawan, R. (2017). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Berdasarkan Langkah-Langkah Polya Pada Materi Turunan Fungsi Ditinjau dari Kecerdasan Logis-Matematis Siswa Kelas XI IPA SMA Negeri 7 Surakarta Tahun Ajaran 2013/2014. Jurnal Pendidikan Matematika dan Matematika (JPMM) Solusi, 1(4) (http://jurnal.fkip.uns.ac.id/index.php/matematika/issue/view/822, diakses pada tanggal 03 Oktober 2018).

Prasetyo, R, J. & Andriani, Y. (2009). Multiply Your Multiple Intellegences “Melatih 8 Kecerdasan Majemuk pada Anak dan Dewasa”. Yogyakarta: Andi Offset.

Polya, G. (1973). How To Solve It. New Jersey: Princeton University Press.

Zulfairanatama, G., & Hadi, S. 2013. Kecerdasan Logika Matematika Berdasarkan Multiple Intelligences Terhadap Kemampuan Matematika Siswa SMP di Banjarmasin. EDU-MAT Jurnal Pendidikan Matematika, 1(1) (http://download.portalgaruda.org/, diakses pada tanggal 10 Desember 2018).


Article Metrics

Abstract view : 741 times | PDF view : 258 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Nurdin Arsyad, N. Nasrullah, Satriani Safaruddin



 Index by: