Deskripsi Jenis Kesalahan dalam Menyelesaikan TIMSS-Based Test Ditinjau dari Kemampuan Awal pada Siswa SMP

A. Alimuddin(1*), I. Ilham(2), J. Jubaedah(3),

(1) Jurusan Matematika, Fakultas MIPA, Universitas Negeri Makassar
(2) Jurusan Matematika, Fakultas MIPA, Universitas Negeri Makassar
(3) Jurusan Matematika, Fakultas MIPA, Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.35580/imed15288

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui jenis-jenis kesalahan yang dilakukan oleh siswa berkemampuan awal matematika tinggi dan kemampuan awal matematika rendah dalam menyelesaikan soal geometri berbasis TIMSS untuk domain kognitif mengaplikasikan (applying) dan penalaran (reasoning). Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan menggunakan pendekatan deskriptif. Subjek penelitian sebanyak 2 orang dengan 1 orang berkemampuan awal matematika tinggi dan 1 orang berkemampuan awal matematika rendah dari siswa kelas VIII SMP. Instrumen penelitian menggunakan terdiri atas tes matematika berbasis TIMSS yang dikhususkan pada konten geometri domain kognitif aplikasi dan penalaran serta pedoman wawancara. Kesalaan yang dianalisis dikategorikan menggunakan kategori kesalahan Newman. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Untuk kategori soal mengaplikasikan (applying), siswa kemmpuan awal matematika tinggi tidak mengalami kesalahan, sedangkan siswa berkemampuan matematika rendah mengalami jenis kesalahan transformation, process skills, dan encoding. (2) Untuk kategori soal penalaran (reasoning), siswa berkemampuan awal tinggi mengalami kesalahan tipe transformation, process skills, dan encoding sedangkan siswa berkemampuan awal rendah mengalami kesalahan tipe comprehension, transformation, process skills, dan encoding.
Kata kunci : Kesalahan, Soal Matematika TIMSS, Domain Kognitif applying dan reasoning konten geometri, Kemampuan Awal, Kriteria Newman.

This study aims to know the types of errors committed by students with high initial mathematical abilities and low initial mathematical abilities in solving TIMSS-based geometric questions for the cognitive domain of applying and reasoning. The type of this research is qualitative research using a descriptive approach. The research subjects as many as 2 people with of 1 people with early mathematical abilities and 1 people with low initial mathematical abilities from class VIII SMP. The research instrument consists of a TIMSS-based mathematical test devoted to the geometry content of the cognitive domain application and reasoning and interview guidelines. The difficulties analyzed were categorized using the Newman error category. The results of this research showed that: (1) For the category of applying , students with high initial mathematical abilities did not have errors, while students with low mathematical abilities had types of transformation errors, process skills, and encoding. (2) For the category of reasoning, the errors type of the students with high initial mathematical abilities are transformation, process skills, and encoding while students with low mathematical abilities had comprehension, transformation, process skills, and encoding errors.
Keywords: Errors, TIMSS Mathematical Questions, Cognitive Domain applying and reasoning content geometry, Initial Capability, Newman’s Criteria.

Full Text:

PDF

References


Abdullah, A.H., Abidin, N.L.Z., & Ali, M. (2015). Analysis of Students Errors in Solving Higher Order Thinking Skills (HOTS) Problems for the Topic of Fraction. Canadian Center of Science and Education, 11(21): 133-142.

Depdiknas (2006). Permendiknas Nomor 22 Tahun 2006 tentang Standar Isi Sekolah Menengah Atas. Jakarta : Depdiknas.

Gunawan, H., & Salim., A. (2010). Analisis Konten dan Capaian Siswa Indonesia dalam TIMSS (Trends in International Mathematics and Science Study) 1999, 2003, dan 2007. Jakarta : Pusat Penilaian Pendidikan, Badan Penelitian Dan Pengembangan Kementerian Pendidikan Nasional

Herlambang. (2013). Analisis kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Kelas VII-A SMP Negeri 1 Kepahiang Tentang Bangun Datar Ditinjau Dari Teori Van Hiele. (Tesis) Universitas Bengkulu

Laeli, Hidayatullah. (2017). Deskripsi Kesalahan Siswa Kelas Vii Smp N 3 Kebasen Dalam Menyelesaikan Soal Operasi Hitung Bilangan Bulat. Purwokerto: FKIP UMP

Nurkhasanah, SW. (2016). Analisis Kesalahan Dalam Penyelesaian Soal Matematika Berbasis Timss Konten Geometri Pada Siswa Kelas VIII. Universitas Muhammadiyah. Surakarta

Pusat Penilaian Pendidikan Badan Penelitian Dan Pengembangan.

(2015). TIMSS infographic. Indonesia : Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan

Rosnawati, R. (2013). Kemampuan Penalaran Matematika Siswa SMP Indonesia pada TIMSS 2011. Disajikan dalam Seminar Nasional Penelitian, Pendidikan, dan Penerapan MIPA UNY, 18 Mei 2013, UNY Yogyakarta.

Singh, P., Rahman, A.A.,& Sian Hoon, T. (2010). The Newman Procedure for Analyzing Primary Four Pupils Errors on Written Mathematical Task: A Malaysian Perspective. Procedia on International Conference on Mathematics Education Research 2010 (ICMER 2010), 8(2010): 264-271. Diakses pada 28 September 2018 (http://www.sciencedirect.com)

Wijaya, A. (2014). Difficulties in Solving Context-Based PISA Mathematics Task: An Analysis of Student Error. The Mathematics Enthusiast, 11(3): 555-584


Article Metrics

Abstract view : 186 times | PDF view : 74 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 A. Alimuddin, I. Ilham, J. Jubaedah



 Index by: