Deskripsi Pemahaman Konsep Matematika Siswa Ditinjau dari Intensitas Penggunaan E-Learning Quipper Video

Fitrahlaelah Muh Asri(1*), R. Ruslan(2), A. Asdar(3),

(1) Jurusan Matematika, Fakultas MIPA, Universitas Negeri Makassar
(2) Jurusan Matematika, Fakultas MIPA, Universitas Negeri Makassar
(3) Jurusan Matematika, Fakultas MIPA, Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.35580/imed11051

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pemahaman konsep matematika siswa pada materi perpangkatan ditinjau dari intensitas penggunaan e-learning quipper video. Jenis penelitian ini adalah kualitatif deskriptif. Subjek pada penelitian ini dipilih secara acak masing-masing satu untuk kategori intensitas tinggi, intensitas sedang, dan intensitas rendah. Adapun teknik pengumpulan data dengan pemberian angket intensitas penggunaan quipper video, tes pemahaman konsep, dan wawancara kemudian melalui tiga tahapan analisis data yaitu kondensasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pemahaman konsep matematika: (1) Subjek dengan intensitas penggunaan quipper video tinggi kurang memahami konsep pada indikator mengaplikasikan konsep atau algoritma pada pemecahan masalah. (2) Subjek dengan intensitas penggunaan quipper video sedang mampu menyatakan ulang konsep, mengklasifikasi objek menurut sifat-sifat tertentu sesuai dengan konsepnya, menggunakan dan memanfaatkan serta memilih prosedur atau operasi tertentu,  mengaplikasikan konsep atau algoritma pada pemecahan masalah, memberikan contoh dan bukan contoh, menyajikan konsep dalam berbagai representasi matematis, dan mengembangkan syarat perlu atau syarat cukup dari suatu konsep. (3) Subjek dengan intensitas penggunaan quipper video rendah kurang memahami konsep pada indikator menyatakan ulang suatu konsep, memberikan contoh dan bukan contoh dari suatu konsep, dan mengembangkan syarat perlu atau syarat cukup dari suatu konsep.

Kata Kunci: pemahaman konsep, intensitas, quipper video

Abstract. This research aims to describe students’ mathematics conceptual understanding understanding with topics exponential considered of the intensity of using quipper video. This type of research is descriptive qualitative. Subjects in this study were randomly selected one for the category of high intensity, one medium intensity, and one low intensity. The data collection techniques by giving intensity questionnaires use quipper video, understanding concept tests, and interviews then through three stages of data analysis, namely data condensation, data presentation, and conclusion. The results showed that understanding mathematical concepts: (1) Subjects with high intensity of using quipper video were unable to understand the concept in indicators apply concepts or algorithms to problem solving. (2) Subjects with medium intensity of using quipper video are able to restate the concept, classify objects according to certain characteristics in accordance with the concept, use and utilize certain procedures or operations, apply concepts or algorithms to problem solving, provide examples and not examples, present concepts in various mathematical representations, and develop necessary requirements or sufficient requirements from a concept.(3) subject with low intensity of using quipper video did not understand the concept in indicator restating the concept, , provide examples and not examples,and develop necessary requirements or sufficient requirements from a concept.

Keywords: concept understanding, intensity, quipper video


Full Text:

PDF

References


Cahyadi, R. (2016). Efektivitas Penerapan E-Learning Quipper School Dalam Pembelajaran Matematika Siswa Kelas X SMA Negeri 6 Makassar (Skripsi). Universitas Negeri Makassar, Makassar.

Choirudin. (2015). Efektivitas Pembelajaran Matematika dengan E-learning Berbasis Schoology (Tesis). Universitas Terbuka, Jakarta.

Humedi. (2017). Deskripsi Percakapan Pemahaman Konsep Matematis Siswa pada Pembelajaran Socrates Saintifik (Skripsi). Universitas Lampung, Bandarlampung.

Kilpatrick., Swafford., & Findell. (2001). Adding It Up: Helping Children Learn Mathematics. Washington, DC: National Academy Press.

Krisna, F. & Marga, M. (2017). Pemanfaatan Video Untuk Pembelajaran Matematika Berbasis Masalah Kontekstual pada Topik Aljabar. Prosiding Seminar Nasional Etnomatnesia (400-405). Yogyakarta, Indonesia: Universitas Sanata Dharma.

Lingga, M. (2016). Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Quipper School Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas VIII Mata Pelajaran Matematika SMP Negeri 4 Semarang (Skripsi). Universitas Negeri Semarang, Semarang.

Miles. Huberman. & Saldana. (2014). Qualitative Data Analysis A Methods Sourcebook, Third Edition. United States of America: Sage Publication.

National Council of Teacher of Mathematics. (2000). Principles and Standards for School Matematics. Reston, Va: NCTM.

Rohana. (2011). Pengaruh Pembelajaran Berbasis Masalah Terhadap Pemahaman Konsep Matematika Mahasiswa Prodi Pendidikan FKIP UPGRI Palembang. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan (110-122). Palembang, Indonesia: Universitas PGRI Palembang.

Ruseffendi, E.T. (1988). Pengantar kepada membantu guru mengembangkan kompetensinya dalam pengajaran matematika untuk meningkatkan CBSA : perkembangan kompetensi guru. Bandung: Tarsito.

Saputra, M. & Mujib. (2018). Efektivitas Model Flipped Classroom Menggunakan Video Pembelajaran Matematika terhadap Pemahaman Konsep. Desimal: Jurnal Matematika, 1(2). 173-179.

Stockley, D. (13 Mei 2014). E-Journey on E-Learning. http://www.derekstockley.com.au/eindex2b.html. Diakses pada tanggal 10 November 2018.

Wardhani, S. (2008). Analisis SI dan SKL Mata Pelajaran Matematika SMP/MTs Untuk Optimalisasi Pencapaian Tujuan. Yogyakarta: Pusat Pengembangan dan Pemberdayaan Pendidikan dan Tenaga Kependidikan Matematika.


Article Metrics

Abstract view : 784 times | PDF view : 284 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Fitrahlaelah Muh Asri, R. Ruslan, A. Asdar



 Index by: