Komparasi Hasil Belajar Matematika Siswa yang Diajar dengan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD Berbantuan Media Mistar Geser Bilangan Bulat Dan Media Video Mistar Geser Pada Kelas VII SMP

Alfiah Mutmainnah Ali(1*), A. Alimuddin(2), A. Asdar(3),

(1) Jurusan Matematika FMIPA Universitas Negeri Makassar
(2) Jurusan Matematika FMIPA Universitas Negeri Makassar
(3) Jurusan Matematika FMIPA Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.35580/imed11050

Abstract


. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui perbandingan hasil belajar siswa melalui penerapan model kooperatif tipe Student Teams Achievement Divitions berbantuan media mistar geser dan video mistar geser dalam pembelajaran matematika. Penelitian ini adalah penelitian eksperimen yang melibatkan dua kelompok yang diberi perlakuan dengan sampel penelitian sebanyak 73 siswa dari kelas VII SMP di Makassar yang dipilih dengan menggunakan teknik double cluster double random sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan instrumen: (1) lembar observasi keterlaksanaan model pembelajaran dan (2) tes hasil belajar matematika. Data dianalisis dengan statistik deskriptif dan statistik inferensial dengan analisis uji-t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : (1) Skor rara-rata hasil belajar matematika dari 37 siswa setelah pembelajaran menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Student Teams Achievement Divitions berbantuan media mistar geser yaitu 22,22% berada pada kategori sangat rendah, 22,22% pada kategori sedang, 13,90% pada kategori tinggi dan 19,44% pada kategori sangat tinggi. (2) Skor rara-rata hasil belajar matematika dari 36 siswa setelah pembelajaran menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Student Teams Achievement Divitions berbantuan media video mistar geser yaitu 18,92% berada pada kategori sangat rendah, 24,32% pada kategori rendah, 40,54% pada kategori sedang serta 13,52 % pada kategori tinggi dan 2,70 pada kategori sangat tinggi. (3) Tidak terdapat perbedaan yang signifikan antara hasil belajar siswa setelah menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe Student Teams Achievement Divitions berbantuan media mistar geser dan video mistar geser di Kelas VII SMP dengan materi Penjumlahan dan Pengurangan Bilangan Bulat.

Kata Kunci: Hasil belajar, pembelajaran matematika, model pembelajaran kooperatif, Student Teams Achievement Divitions

 

Abstract.This research was conducted to determine the comparison of student learning outcomes through the application of the cooperative model type Student Teams Achievement Divitions assisted by slide rule media and Student Teams Achievement Divitions assisted by slide bar video media. This research was an experimental research involving two groups treated with research sample of 73 students from class VII SMP Sinjaiselected by using the double cluster random sampling technique. Techniques of collecting data  using instruments: (1) observation sheet of  learning model implementation and (2) tests of mathematics learning result.Data were analyzed with descriptive statistics and inferential statistics with t-test analysis. The results showed that : (1) Average score of mathematics learning outcomes of 37 students after learning using the Student Teams Achievement Divitions assisted by slide rule media model which is 22,22% in the very low category, 22,22% in the medium category, 13,90% in the high category and 19,44% in the very high category. (2) The average score of mathematics learning outcomes from 36 students after learning using the Teams Achievement Divitions assisted by slide bar video media is 18,92% in the very low category, 24,32% in the low category, 40,54% in the medium category 13,52 % in the high and 2,70 % very high categories. (3) There is no significant difference between student learning outcomes after applying the Student Teams Achievement Divitions assisted by slide rule media and Student Teams Achievement Divitions assisted by slide bar video media. in Class VII Junior High School with the material of Addition and Subtraction Round Numbers.

Keywords:Learning outcomes, mathematics learning, cooperative learning model, student teams achievement divitions

Full Text:

PDF

References


Abidin. (2013). Desain Pembelajaran dalam Konteks Kurikulum 2013.

Eka. (2015). Penelitian Pendidikan Matematika. Bandung : Refika Aditama.

Gerlach & Ely. (1971). Teaching and media : A systematic approach, Prentice-Hall, Englewood Cliffs, N.J

Husnah, A. (2016). Komparasi Keefektifan Model Kooperatif Tipe Student Teams Achievement Division (STAD) dan Think Pair Share (TPS) dengan Pendekatan Saintifik pada Pembelajaran Matematika Materi Trigonometri di Kelas XI SMAN 1 Bontomatene. (Skripsi). Universitas Negeri Makassar.

Israwati, Tri, 2017. Pengaruh Model Pembelajaran Investigasi Kelompok dengan Pendekatan Scientific Terhadap Motivasi dan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VIII SMP NEGERI 2 MAPPAKASUNGGU KABUPATEN TAKALAR. Skripsi. FMIPA. Universitas Negeri Makassar

Jalali. Z.W. (2015). Pengaruh. Model Pembelajaran Kooperatif Terhadap Hasil Belajar Matematika. (Skripsi). Universitas Negeri Makassar.

Marhaeni. (2013). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD untuk Meningkatkan Keaktifan dan Hasil Belajar Siswa. Jurnal PGSD Universitas Pendidikan Ganesha.

Marsih. (2013). Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Tentang Soal Cerita Pecahan pada Siswa kelas V Sekolah Dasar. Jurnal PGSD Universitas Sebelas Maret.

Purwanto. 2014. Evaluasi Hasil Belajar. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Saeun. (2017). Pemanfaatan Media video dan Mistar Hitung dalam Pembelajaran Tematik untuk Perolehan Hasil Belajar Matematika di SD. (Tesis). Program Pascasarjana Teknologi Pembelajaran FKIP Untan Pontianak.

Saman. (2014). Penggunaan Alat Peraga Penggaris Geser untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa dalam Pembelajaran Matematika Kelas V. (Skripsi). Universitas Tanjungpura Pontianak.

Sunilawati. (2013). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD Terhadap Hasil Belajar Matematika Ditinjau dari Kemampuan Numerik Siswa. Jurnal PGSD Universitas Pendidikan Ganesha.

Surojo. (2013). Pemanfaatan Media Mistar Hitung untuk Pemerolehan Hasil Belajar Bilangan Bulat di Kelas VII. (Tesis). Program Pascasarjana Teknologi Pembelajaran FKIP Untan Pontianak.

Trianto. (2009). Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Progresif : Konsep, Landasan, dan Implementasinya pada Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP). Jakarta : Kencana Prenada Media Group.


Article Metrics

Abstract view : 328 times | PDF view : 85 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Alfiah Mutmainnah Ali, A. Alimuddin, A. Asdar



 Index by: