Analisis Kesulitan Siswa dalam Memecahkan Masalah Sistem Persamaan Linear Dua Variabel (SPLDV) Ditinjau dari Kesadaran Metakognisi

Rezki Hidayanti(1*), N. Nurdin(2), F. Fajar(3),

(1) Jurusan Matematika, Fakultas MIPA, Universitas Negeri Makassar
(2) Jurusan Matematika, Fakultas MIPA, Universitas Negeri Makassar
(3) Jurusan Matematika, Fakultas MIPA, Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.35580/imed11049

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui deskripsi kesulitan siswa dalam memecahkan masalah sistem persamaan linear dua variabel ditinjau dari kesadaran metakognisi serta fakto-faktor yang mempengaruhi kesulitan siswa dalam memecahkan masalah Sistem Persamaan Linear Dua Variabel (SPLDV). Penelitian ini adalah penelitian kualitatif menggunakan pendekatan deskriptif. Pengambilan subjek dilakukan dengan memberikan angket kesadaran metakognisi kepada siswa kelas IX yang kemudian dari hasil tersebut dipilih secara purposive 3 subjek. Instrumen yang digunakan adalah angket Metacognitive Awareness Inventory (MAI) yang dikembagkan oleh Scraw & Dennison, tes diagnostik kesulitan pemecahan masalah sistem persamaan linear dua variabel yang  dan pedoman wawancara. Indikator kesulitan pemecahan masalah yaitu kesulitan memahami masalah, kesulitan memikirkan rencana, kesulitan melaksanakan rencana dan kesulitan meninjau kembali. Hasil penelitian menunjukkan: 1) Subjek dengan kesadaran metakognisi tinggi kesulitan dalam memahami masalah pada soal cerita. 2) Subjek dengan kesadaran metakognisi sedang kesulitan dalam memikirkan rencana, kesulitan melaksanakan rencana dan kesulitan meninjau kembali. 3)Subjek dengan kesadaran metakognisi rendah mengalami paling banyak kesulitan dalam memecahkan masalah. Subjek mengalami empat jenis kesulitan yaitu kesulitan memahami masalah, kesulitan memikirkan rencana, kesulitan melaksanakan rencana dan kesulitan meninjau kembali

Kata kunci: Kesulitan, Sistem Persamaan Linear Dua Variabel, Kesadaran Metakognisi.

Abstract. This research aims to know description of students’ difficulties in solving problem of linear equation system with two variable viewed from metacognition awareness and  factors that cause students’ difficulties in solving problem of linear equation system with two variable. The type of research is qualitative research with descriptive approach. Retrieval of subject perfomed by providing metacognition awareness questionnaire to students class IX  and from result of metacognition awareness questionnaire selected purposively three subjects. Insrument in this research is questionnaire of Metacognitive Awareness Inventory (MAI) developed by Scraw & Dennison, diagnostic tes of difficulties in solving problem of linear equation system with two variable and interview guidelines. Indicathors of difficulties in solving problem namely understanding the problem, devising a plan, carrying out the plan, and looking back. Result of research show: 1)subject with high metacognition awareness difficulties in understanding the story problem. 2) Subject with moderate metacognition awareness difficulties in devising a plan, difficulties in carrying out the plan, and difficulties in looking back. 3)subject with low metacognition awareness experience most difficulty in solving problem. Subject difficulties in understanding the problem, difficulties in devising a plan, difficulties in carrying out the plan, and difficulties in looking back.

Keywords: Difficulties, Linear Equation System With Two Variable, Metacognition Awareness

Full Text:

PDF

References


Anggo, M. (2011). Pelibatan Metakognisi dalam Pemecahan Masalah Matematika. Edumatica: Jurnal Pendidikan Matematika, 1(1). 25-32.

Departemen Pendidikan Nasional. (2008). Kamus Besar Bahasa Indonesia Pusat Bahasa Edisi Keempat. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.

Flavell, J. H. (1979). Metacognition and Cognitive Monitoring, A New Area of Cognitive Developmental Inquiry. Boston: Allyn and Bacon.

Kirkly, J. (2003). Principle for Teaching Problem Solving. Technical Paper, Plato Learning Inc.

Lestari, K.E., & Yudhanegara, M.R. (2015). Penelitian Pendidikan Matematika. Bandung: PT. Refika Aditama.

Miles,M.B, Huberman., A.M, & Saldana, J. (2014). Qualitative Data Analysis, A Methods Sourcebook Edition 3. USA: Sage Publications.

Novitasari, D. (2016). Analisis kesulitan siswa dalam memecahkan masalah matematika materi sistem persamaan linear dua variabel pada siswa kelas VIII semester ganjil SMP Muhammadiyah 4 Sambi Tahun ajaran 2015/2015 (Skripsi). Universitas Muhammadiyah Surakarta, Surakarta.

Orton, A. (1992). Learning Mathematics; Issues, Theory and Classroom Practice Second Edition. Cassell, New York.

Pai’pinan. (2015). Profil Metakognisi Mahasiswa Calon Guru Matematika dalam Menyelesaikan Masalah Terbuka Geometri Ditinjau dari Perbedaan Gender. Jurnal Universitas Cendrawasih.

Polya, G. (1973). How to Solve It: A New Aspect of Mathematical Method. United State of America: University Press, Princeton, New Jersey.

Santrock, J. W. (2011). Educational Psychology 5th Edition. Journal of Educational Psychology, Vol (1).

Schraw, G., & Dennison, R. S. (1994). Assesing Metacognitive Awareness. Contemporary educational psychology, 19(4). 460-475.

Subarinah. (2013). Profil berpikir kreatif Siswa dalam Memecahkan Masalah Tipe Investigasi Matematika Ditinjau dari Perbedaan Gender. Jurnal Universitas HaluOleo, 22 (1). 18.

Sudia. (2015). Profil Metakognitif Siswa SMP dalam Memecahkan Masalah Terbuka Ditinjau dari Perbedaan Gender. Jurnal Universitas HaluOleo, 22 (1). 18.

Wahyuddin. (2016). Pengaruh Metakognisi, Motivasi Belajar, dan Kreativitas Belajar Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Kelas VIII SMP Negeri 2 Sabbangparu Kabupaten Wajo. Jurnal Universitas Muhammadiyah Makassar, 4(1).

Wardani, G. A. K. (2017). Metakognisi Siswa Dalam Memecahkan Masalah Matematika Materi SPLDV Ditinjau dari Perbedaan Gender. Jurnal Mitra Pendidikan, 1(10). 1031-1045.


Article Metrics

Abstract view : 1579 times | PDF view : 458 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Rezki Hidayanti, N. Nurdin, F. Fajar



 Index by: