Analisis Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi Siswa dalam Pemecahan Masalah Matematika Berdasarkan Taksonomi Anderson

Abdul Rahman(1*), A. Asdar(2), Nur Indah Surahman(3),

(1) Jurusan Matematika, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Makasssar, 90224
(2) Jurusan Matematika, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Makasssar, 90224
(3) Jurusan Matematika, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Makasssar, 90224
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.35580/imed11048

Abstract


Penelitian ini termasuk jenis penelitian kualitatif yang bertujuan untuk mengetahui deskripsi hasil analisis keterampilan berpikir tingkat tinggi siswa dalam pemecahan masalah matematika berdasarkan taksonomi Anderson. Pendeskripsian diperoleh melalui analisis hasil tes keterampilan berpikir tingkat tinggi siswa dalam pemecahan masalah matematika. Deskripsi tersebut juga didukung oleh data hasil wawancara setelah tes dilaksanakan. Uji keabsahan data menggunakan triangulasi waktu yaitu dengan melakukan wawancara untuk mencari kesesuaian data yang bersumber dari masalah yang sama pada waktu yang berbeda. Teknik analisis data menggunakan langkah-langkah analisis data menurut Miles dan Hubberman.Penelitian ini dilaksanakan di SMA Negeri 1 Mamuju dengan jumlah subjek sebanyak 2 orang yang dipilih menggunakan teknik purposive sampling. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1)keterampilan berpikir tingkat tinggi siswa yang mengikuti bimbingan OSN Matematika dalam pemecahan masalah matematika berdasarkan taksonomi Anderson kategori menganalisis(C4) melibatkan keterampilan dalam memahami(C2) dan mengaplikasi(C3); kategori mengevaluasi(C5) melibatkan keterampilan dalam memahami(C2), mengaplikasi(C3) dan menganalisis(C4); sedangkan kategori mencipta(C5) melibatkan keterampilan dalam menganalisis(C4), (2)keterampilan berpikir tingkat tinggi siswa yang tidak mengikuti bimbingan OSN Matematika dalam pemecahan masalah berdasarkan taksonomi Anderson kategori menganalisis(C4), yaitu tidak mampu menganalisis dengan baik karena tidak mampu memahami(C2) sehingga salah dalam menginterpretasi(C3); kategori mengevaluasi(C5) melibatkan keterampilan dalam memahami(C2) dan menganalisis(C4); sedangkan kategori mencipta tidak dapat diidentifikasi.

Kata Kunci: Berpikir Tingkat Tinggi, Pemecahan Masalah, Taksonomi Anderson.

Abstract. This study is a qualitative study that aims to investigate description of analysis results the students’ higher order thinking skill in mathematics problem solving based on Anderson taxonomy. The descriptions were obtained by analysis the test results of students' higher order thinking skill in mathematics problem solving. The description is also supported by interview data after the test was conducted. Data validation technique using time triangulation is by conducting interviews to find the suitability of data sourced from the same problem at different times. Data analysis technique using data analysis steps according to Miles and Hubberman. This study conducted in SMAN 1 Mamuju with the number of subjects are 2 people that selected using by purposive sampling technique. The results of the study indicate that: (1)students’ higher order thinking skills who follow guidance of OSN Mathematics in mathematics problem solving based on Anderson’s taxonomy in analyzing category(C4) involving skills in understanding(C2) and applying(C3); evaluate category(C5) involving skills in understanding(C2), applying(C3) and analyzing(C4); while the creating category(C5) involving skill in analyzing (C4), (2) students’ higher order thinking of students who don’t follow guidance of OSN Mathematics in mathematics problem solving towards on Anderson's taxonomy in analyzing category(C4), that is not able to analyzing well because not able to understanding(C2) so mistaken in interpretation(C3); evaluating category(C5) involving skills in understanding(C2) and analyzing(C4); while creating category can’t be identified.

Keywords: Higher Order Thinking, Problem Solving, Anderson’s Taxonomy


Full Text:

PDF

References


Abosalem, Y. (2016). Assessment Techniques and Students’ Higher-Order Thinking Skills. International Journal of Secondary Education. 4 (1), 1-11.

Anderson, L. W., & Krathwohl, D. R.. (2001). A Taxonomy for Learning, Teaching, and Assessing. New York: Longman.

Anjarsari, P. (2014). Pentingnya Melatih Keterampilan Berpikir (Thinking Skills) dalam Pembelajaran IPA SMP. Makalah. Presented in PPM “Optimalisasi Implementasi Kurikulum 2013 dengan Workshop Pengembangan LKS IPA Berpendekatan Guided-Inquiry untuk Mengembangkan Thinking Skills dan Sikap Ilmiah Siswa” organized by Pendidikan IPA, FMIPA Universitas Negeri Yogyakarta.

Apino, E., & Retnawati, H. (2017). Developing Instructional Design to Improve Mathematical Higher Order Thinking Skills of Students. Journal of Physics: Conference Series, 812 (1).

Ardiana, Meiriza, & Sudarmin. (2015). Penerapan Self Assesment untuk Analisis Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi Siswa. Jurnal Inovasi Pendidikan Kimia, 9 (1), 1459-1467.

Ariani, E. (2014). Analisis Keterampilan Berpikir berdasarkan Taksonomi Anderson pada Siswa Gaya Belajar Assimilator dalam Menyelesaikan Soal Eksponen dan Logaritma Kelas X Sma Negeri 3 Kota Jambi. Skripsi. Universitas Jambi, Jambi.

Dimyanti & Mudjiono. 2006. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.

Kawuwung, F. (2011). Profil Guru, Pemahaman Kooperatif NHT, dan Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi di SMP Kabupaten Minahasa Utara. Jurnal El-Hayah, 1 (4), 157-166.

Novianti, D. (2014). Analisis Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi Siswa Dengan Gaya Belajar Tipe Investigatif Dalam Pemecahan Masalah Matematika Kelas Vii Di Smp N 10 Kota Jambi. Skripsi. Universitas Jambi, Jambi.

Rofiah, E., Aminah, N. S., & Ekawati, E. Y. (2013). Penyusunan Instrumen Tes Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi Fisika pada Siswa SMP. Jurnal Pendidikan Fisika, 1 (2), 17-22.

Soemarjadi, Muzni, R., & Wikdati, Z. (1991). Pendidikan Keterampilan. Jakarta: Depdikbud.

Swartz, R., & McGuiness, C. (2014). Developing and Assessing Thinking Skills. Final Report of Thinking Skills Project. Boston & Northern Ireland: The International Baccalaureate Organisation.

Widana, I Wayan. 2017. Modul Penyusunan Soal HOTS. Jakarta: Direktorat Pembinaan SMA, Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah, Departemen Pendidikan da Kebudayaan.

Widati, S., Asmuni, Effeni, & Marlise. (2011). Bimbingan Belajar Bahasa Inggris KKN untuk Anak-anak Desa Padang Palangeh Kec. Pelepat Lilir Kab. Bungo. Makalah. Universitas Muara Bungo.


Article Metrics

Abstract view : 976 times | PDF view : 222 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Abdul Rahman, A. Asdar, Nur Indah Surahman



 Index by: