Komparasi Prestasi Belajar Matematika antara Siswa yang diajar menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif tipe Snowball Throwing dan Tipe Make a Match di Kelas VII SMP

T. Tahir(1*), Hamzah Upu(2), S. Suradi(3),

(1) Jurusan Matematika FMIPA Universitas Negeri Makassar
(2) Jurusan Matematika FMIPA Universitas Negeri Makassar
(3) Jurusan Matematika FMIPA Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.35580/imed11043

Abstract


Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui perbandingan prestasi belajar siswa melalui penerapan model kooperatif tipe Snowball Throwing dan Make a Match dalam pembelajaran matematika. Penelitian ini adalah penelitian eksperimen yang melibatkan dua kelompok yang diberi perlakuan dengan sampel penelitian sebanyak 47 siswa dari kelas VII SMP di Sinjai yang dipilih dengan menggunakan teknik double cluster random sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan instrumen: (1) lembar observasi keterlaksanaan model pembelajaran dan (2) tes hasil belajar matematika. Data dianalisis dengan statistik deskriptif dan statistik inferensial dengan analisis uji-t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : (1) Skor rara-rata prestasi belajar matematika dari 25 siswa setelah pembelajaran menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Snowball Throwing yaitu 4% berada pada kategori sangat rendah, 40% pada kategori sedang, 36% pada kategori tinggi dan 20% pada kategori sangat tinggi. (2) Skor rara-rata prestasi belajar matematika dari 22 siswa setelah pembelajaran menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Make a Match yaitu 9,09% berada pada kategori sangat rendah, 4,54% pada kategori rendah, 50% pada kategori sedang serta 18,18 % masing-masing pada kategori tinggi dan sangat tinggi. (3) Tidak terdapat perbedaan yang signifikan antara prestasi siswa setelah menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe snowball throwing dan tipe make a match di Kelas VII SMP dengan materi Bangun Datar Segiempat.

Kata Kunci: Prestasi belajar, pembelajaran matematika, model pembelajaran kooperatif, snowball throwing, make a match

Abstract. This research was conducted to determine the comparison of student learning achievement through the application of the cooperative model type Snowball Throwing and Make a Match in mathematics learning. This research was an experimental research involving two groups treated with research sample of 47 students from class VII SMP Sinjai selected by using the double cluster random sampling technique. Techniques of collecting data  using instruments: (1) observation sheet of  learning model implementation and (2) tests of mathematics learning result.Data were analyzed with descriptive statistics and inferential statistics with t-test analysis. The results showed that : (1) Average score of mathematics learning achievement of 25 students after learning using the Snowball Throwing type of cooperative learning model which is 4% in the very low category, 40% in the medium category, 36% in the high category and 20% in the very high category. (2) The average score of mathematics learning achievement from 22 students after learning using the Make a Match type of learning model is 9.09% in the very low category, 4.54% in the low category, 50% in the medium category and 18, 18% in the high and very high categories. (3) There is no significant difference between student achievement after applying the snowball throwing type cooperative learning model and the type of make a match in Class VII Junior High School with the Rectangular Build Up material.

Keywords: Learning achievement, mathematics learning, cooperative learning model, snowball throwing, make a match.


Full Text:

PDF

References


Alamuddin, A., & Munawaroh, M. (2014). Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Snowball Throwing terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa dengan Pokok Bahasan Relasi dan Fungsi. EduMa, 3(2).

Asrori. (2010). Pengertian Pendekatan, Strategi, Metode, Teknik dan Model Pembelajaran. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Devi, S. (2010). Peningkatan Prestasi Belajar Siswa melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Snowball Throwing dengan Memanfaatkan Media Berbasis Animasi Pada Mata Pelajaran Pemrograman Dasarpada Kelas X SMK Negeri 1 Magelang. (Skripsi). Magelang: Program Studi Pendidikan Matematika FMIPA Universitas Kristen Satya Wacana.

Hardianto. (2015). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Snowball Throwing terhadap Prestasi Belajar Matematika Siswa. Ekuivalen-Pendidikan Matematika, 15. 1.

Huda, M. (2011). Cooperative Learning. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Isjoni. (2007). Cooperative Learning: Efektivitas Pembelajaran Kelompok. Bandung: Alfabeta.

Narsinta, D. H. (2018). Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif tipe Make a Match terhadap Kemampuan Mengaplikasikan dan Menganalisis Siswa Kelas V SDN Jetis Bantul Yogyakarta. (Skripsi tidak dipublikasikan). Universitas Sanata Dharma. Yogyakarta.

Puspitaningrum, F. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif tipe Make a Match terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas V SD Negeri 2 Branti Raya. (Skripsi tidak dipublikasikan). Universitas Lampung. Lampung.

Sutikno. (2016). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make A Match terhadap Prestasi Belajar Matematika Siswa. (Skripsi). Yogyakarta: Jurusan Matematika FMIPA Universitas Negeri Yogyakarta.

Suyatno. (2009). Menjelajah Pembelajaran Inofatif. Sidoarjo: Masmedia Buana Pusaka.

Tenritte, A. (2016). Pengaruh Model Pembelajaran Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematika. (Skripsi tidak dipublikasikan). Makassar: FMIPA UNM.

Wahab. (2007). Metode dan Model-Model Mengajar. Bandung: Alfabeta.


Article Metrics

Abstract view : 266 times | PDF view : 43 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 T. Tahir, Hamzah Upu, S. Suradi



 Index by: