Meningkatkan Motivasi Belajar Matematika Siswa kelas XII IPA.1 SMA Negeri 3 Barru Melalui Pembelajaran dengan Pendekatan Problem Posing

B. Busran(1*),

(1) SMA Negeri 3 Barru
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.35580/imed10774

Abstract


Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (classroom action research) yang bertujuan untuk meningkatkan motivasi belajar matematika pada siswa Kelas XII IPA.1 SMA Negeri 3 Barru melalui pembelajaran dengan pendekatan  problem posing. Subyek penelitian adalah siswa kelas XII  IPA.1 SMA Negeri 3 Barru Tahun Pelajaran 2017/2018 berjumlah 30 orang yang terdiri dari 7 laki-laki dan 23 perempuan. Pelaksanaan penelitian ini terdiri dari dua siklus. Teknik pengumpulan data adalah observasi, angket dan pemberian tes hasil belajar kepada setiap subyek penelitian. Data penelitian ini berupa data motivasi belajar siswa dan data hasil belajar peserta didik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa:(1) aktivitas siswa dalam pembelajaran matematika mengalami peningkatan dari siklus I dengan rata-rata 65%, meningkat menjadi 76.60% pada siklus II, ada kenaikan sebesar 11,60% atau dari kategori cukup menjadi baik, (2) motivasi belajar siswa mengalami peningkatan dari siklus I ke siklus II, untuk tingkat perhatian  ada kenaikan sebesar 6,33%, untuk tingkat relevansi ada kenaikan sebesar 14,42%, untuk tingkat keyakinan ada kenaikan sebesar 5,50%, dan untuk tingkat kepuasan ada kenaikan sebesar 2,56%, dan (3) hasil belajar siswa dalam pembelajaran matematika mengalami peningkatan dari siklus I, ketuntasan belajar klasikal dari 14 orang siswa (46,67%) menjadi 25 orang siswa (83,33%) pada siklus II. Hasil penelitian menunjukkan pembelajaran dengan pendekatan problem posing dapat meningkatkan motivasi siswa sehingga diharapkan guru dapat menerapkan model problem posing sebagai variasi dalam pembelajaran matematika.

Kata kunci: motivasi belajar, pembelajaran problem posing.

Abstract. This research is classroom action research which aims to increase motivation to learn mathematics in students of Class XII IPA.1 Barru 3 Public High School through problem posing learning. The research subjects were students of class XII IPA.1 30 SMA 3 Barru Academic Year 2017/2018 amounted to 30 people consisting of 7 men and 23 women. The implementation of this study consisted of two cycles. Data collection techniques are observation, questionnaire and giving test of learning outcomes to each research subject. The research data is in the form of student learning motivation data and student learning outcomes data. The results showed that: (1) student activities in mathematics learning experienced an increase from the first cycle with an average of 65%, increased to 76.60% in the second cycle, there was an increase of 11.60% or from the sufficient category to be good, (2) student learning motivation has increased from cycle I to cycle II, for the level of attention there is an increase of 6.33%, for the level of relevance there is an increase of 14.42%, for the level of confidence there is an increase of 5.50%, and for the level of satisfaction there an increase of 2.56%, and (3) student learning outcomes in mathematics learning experienced an increase from cycle I, classical learning completeness from 14 students (46.67%) to 25 students (83.33%) in cycle II. The results of the study show that learning with a problem posing approach can increase student motivation so that teachers are expected to be able to apply the problem posing model as a variation in mathematics learning.

Keywords: learning motivation, problem posing learning.

 


Full Text:

PDF

References


Hamzah B. Uno. 2009. Teori Motivasi dan Pengukurannya, Analisis di Bidang Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Martinis Yamin. 2007. Kiat Membelajarkan Siswa. Jakarta: Gaung Persada Press.

Oemar Hamalik. 2009. Psikologi Belajar dan Mengajar. Bandung: Sinar Baru Algensindo.

Saefuddin, Asis dan Berdiati, Ika. 2016. Pembelajaran Efektif. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Sardiman A.M. 2004. Interaksi dan Motivasi Belajar mengajar. Jakarta: Rajawali Pers.

Suherman, E. dkk. 2003. Strategi Pembelajaran Matematika Kontemporer. Bandung: JICA.

Suprijono, Agus. 2016. Cooperative Learning (Teori & Aplikasi Paikem). Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Suyitno, Amin dan Kristiyajati, Angga. 2016. Guru Pembelajar (Modul Pelatihan Matematika SMA, Kelompok Kompetensi E). Jakarta : Dirjen GTK Kemdikbud.

Upu, Hamzah. 2003. Problem Posing dan Problem Solving dalam Pembelajaran Matematika. Bandung: Pustaka Ramadhan.

Wena, Made, 2009. Strategi Pembelajaran Inovatif Kontemporer, Jakarta: PT. Bumi Aksara.


Article Metrics

Abstract view : 301 times | PDF view : 56 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 B. Busran



 Index by: