Efektivitas Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Time Token dengan Pendekatan Problem Posing dalam Pembelajaran Matematika
(1) Jurusan Matematika, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Makassar, 90224
(2) Jurusan Matematika, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Makassar, 90224
(3) Jurusan Matematika, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Makassar, 90224
(*) Corresponding Author
DOI: https://doi.org/10.35580/imed10765
Abstract
Tujuan penelitian ini untuk mengetahui keefektifan penerapan model time token dengan pendekatan problem posing dalam pembelajaran matematika pada kelas VII SMP Negeri di Sungguminasa. Efektivitas pembelajaran dalam penelitian ini diukur berdasarkan capaian hasil belajar, aktivitas siswa, dan respon siswa terhadap pembelajaran. Penelitian ini merupakan penelitian pre-eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII salah satu SMP Negeri di Sungguminasa, Gowa, Sulawesi Selatan. Sampel penelitian ini terdiri dari satu kelas.Teknik pengambilan sampel menggunakan simple random sampling. Metode pengumpulan data menggunakan angket, observasi dan tes. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif dan inferensial. Hasil analisis menunjukkan: (1) Skor hasil belajar siswa mengalami peningkatan yang signifikan dan mencapai skor kriteria ketuntasan minimal 75 dengan skor rata-rata hasil belajar siswa sebesar 80,73. (2) Tingkat ketuntasan klasikal sebesar 93%. (3) Aktivitas siswa beradapada kategori sangat baik. (4) Keterlaksanaan pembelajaran berada pada kategori terlaksana dengan sangat baik. (5) Respon siswa berada pada kategori cenderung positif.
Kata Kunci: Efektivitas, Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Time Token, dan Pendekatan Problem Posing
Abstract. The purpose of this study to determine the effectiveness of time token model implementation with problem posing approach in learning mathematics in class VII SMP Negeri in Sungguminasa. The effectiveness of learning in this study is measured by the achievement of learning outcomes, student activities, and student responses to learning. This research is a pre-experiment research. The population in this research is all students of class VII of SMP Negeri 3 Sungguminasa. The sample of this study consists of one class. The sampling technique using simple random sampling. Methods of data collection using questionnaires, observations and tests. Data analysis techniques use descriptive and inferential analysis. The results of the analysis show: (1) Scores of student learning outcomes experienced a significant improvement and achieve a minimum score of 75 completeness criteria with an average score of student learning outcomes of 80.73. (2) Classical completeness level of 93%. (3) Student activity is in very good category. (4) The implementation of learning is in the category performed very well. (5) Student responses are in the category tend to be positive.
Keywords: Effectiveness, Cooperative Learning Model of Time Token Type, and Problem Posing Approach
Full Text:
PDFReferences
Bao, L. (2006). Theoritical comparison of average normalized gain calculations.Jurnal Physics Education Research,74(10).917-922.
Chotimah, K. (2009). Strategi-Strategi Pembelajaran Untuk Penelitian Tindakan Kelas.Malang: Surya Pena Gemilang.
Hake. (1999). Analyzing Change/Gain Score. http://www.physics.indiana.edu/-sdi/AnalyzingChange-Gain.pdf. diakses pada tanggal 16November 2017.
Huda, M. (2013). Model-model pengajaran dan pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Ibrahim, M. (2000). Pembelajaran Kooperatif. Surabaya: University Press.
Mattjik, A.A.,& Sumetajaya, I.M. (2002). Perancangan Percobaan dengan Aplikasi SAS dan Minitab. Bogor : IPB Press.
Rusli, M. (2014). Komparasi Keefektifan Model Pembelajaran Matematika Melalaui Pendekatan Open Ended dengan Setting Kooperatif dan Setting Pembelajaran Berbasis Masalah pada Siswa Kelas VII Mts Guppy Kabupaten Gowa. (Thesis, tidak diterbitkan). Makassar: Universitas Negeri Makassar.
Slavin, R. E. (2011). Instruction Based on Cooperative Learning. United States: Johns Hopkins University.
Syamsuadi, A. (2016). Keefektifan Pendekatan ELPSA dengan Setting Kooperatif dalam Pembelajaran Matematika Materi Bangun Ruang Sisi Data pada Kelas VIII SMPN 4 Binamu Kabupaten Jeneponto.(Thesis, tidak diterbitkan). Program Pascasarjana Universitas Negeri Makassar, Makassar.
Wahjoedi. (1999). Pengertian Pendekatan Bermain. http://mariberkawand.blogspot.com/2013/6/pengertian-pendekatan bermain.html.diakses pada tanggal 12 November 2017.
Yusuf, A. M. (2014). Metode PenelitianKuantitatif, Kualitatif, dan Penelitian Gabungan. Jakarta: Prenadamedia Group.
Article Metrics
Abstract view : 142 times | PDF view : 53 timesRefbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2019 Nur Aynun, Abdul Rahman, A. Asdar
Index by: