Pengaruh Metode Diskusi dengan Alat Peraga Papan Berpaku terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa

Hamzah Upu(1*), Ilham Minggi(2), Nur Isnaeni Sari(3),

(1) Jurusan Matematika, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Makassar, 90224
(2) Jurusan Matematika, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Makassar, 90224
(3) Jurusan Matematika, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Makassar, 90224
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.35580/imed10752

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh metode diskusi dengan alat peraga papan berpaku terhadap hasil belajar matematika siswa. Jenis penelitian ini adalah quasi eksperimen yang melibatkan dua kelompok yang diberi perlakuan berbeda. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas VII dan dipilih dua kelas secara cluster random sampling sebagai sampel penelitian yaitu kelas VII 4 dan VII 5. Hasil analisis menunjukkan bahwa: (1) hasil belajar matematika siswa yang diajar menggunakan metode diskusi dengan alat peraga papan berpaku lebih tinggi dari hasil belajar matematika siswa yang diajar menggunakan metode diskusi, (2) peningkatan hasil belajar matematika siswa yang diajar menggunakan metode diskusi dengan alat peraga papan berpaku lebih tinggi dari peningkatan hasil belajar matematika siswa yang diajar menggunakan metode diskusi. Dari hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh metode diskusi dengan alat peraga papan berpaku terhadap hasil belajar matematika siswa.

Kata Kunci: Metode Diskusi, Alat Peraga, Alat Peraga Papan Berpaku, Hasil Belajar Matematika Siswa

Abstract. This research aimed to determine wheter there was the influence of discussion method with geoboard teaching aids to students’ mathematics learning achievement. The type of this research was a quasi-experiment involving two groups with different treatment. The population of this research was students of grade VII and selected two classes by cluster random sampling as the research sample, that were class VII-4 and VII-5. The results obtained that: (1) students’ mathematics learning achihevement who were being taught by using discussion method with geoboard teaching aids is higher than the students’ mathematics learning achievement who were being taught by using discussion method. (2) The improvement of students’ mathematics learning achievement who were being taught by using discussion method with geoboard teaching aids is higher than the improvement of students’ mathematics learning achievement who were being taught by using discussion method.  From the results of this research, it can be conclude that there is influence of discussion methods with geoboard teaching aids to students’ mathematics learning achievement.

Keywords: Discussion Method, Teaching Aids, Geoboard Teaching Aids, Students’ Mathematics Learning Achievement.


Full Text:

PDF

References


Falahudin, I. (2014). Pemanfaatan Media dalam Pembelajaran. Jurnal Lingkar Widyaiswara, 1(4). 104 – 117.

Hafid, F. (2014). Pengaruh Penerapan Metode Gallery Walk Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VIII SMP Negeri 7 Alla Kabupaten Enrekang. (Skripsi, tidak dipublikasikan). Universitas Negeri Makassar, Makassar.

Ichsan, M. (2016). Psikologi Pendidikan dan Ilmu Mengajar. Jurnal Edukasi, 2 (1). 60 – 76.

Itnawati. (2016). Metode Diskusi dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Pembelajaran Matematika di Sekolah Dasar. Jurnal Ilmu Pendidikan Sosial, Sains, dan Humaniora, 2(3). 277 – 282.

Kantohe, E. (2013). Penggunaan Alat Peraga Papan Geometri dengan Metode Penemuan Terbimbing untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Materi Luas Belah Ketupat dan Layang-layang.

Jurnal Elektronik Pendidikan Matematika Tadulako, 1 (1). 87 – 100.

Khaerunnisa. (2014). Efektivitas Pengintegrasian Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Talk Write (TTW) Dan Numbered Heads Together (NHT) Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VIII SMPN 3 Makassar. (Skripsi, tidak dipublikasikan). Universitas Negeri Makassar, Makassar.


Article Metrics

Abstract view : 199 times | PDF view : 81 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Hamzah Upu, Ilham Minggi, Nur Isnaeni Sari



 Index by: