Efektivitas Penerapan Pendekatan SAVI Setting Cooperative Script dalam Pembelajaran Matematika Siswa Kelas IX SMP Negeri 33 Makassar

Rizky Ayu Fatimah Ridwan(1*), A. Alimuddin(2), D. Djadir(3),

(1) Jurusan Matematika, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Makassar, 90224
(2) Jurusan Matematika, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Makassar, 90224
(3) Jurusan Matematika, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Makassar, 90224
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.35580/imed10737

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas penerapan pendekatan SAVI setting cooperative script dalam pembelajaran matematika siswa kelas IX SMP Negeri 33 Makassar dengan mengacu pada kriteria efektivitas pembelajaran, yaitu hasil belajar siswa, aktivitas siswa, dan respons siswa. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis statistika deskriptif dan inferensial. Hasil analisis menunjukkan: (1) nilai rata-rata siswa yang diajar dengan pendekatan SAVI setting cooperative script lebih besar dari 73 (KKM), (2) nilai rata-rata gain ternormalisasi siswa sebesar 0,79 (kategori tinggi), (3) ) rata-rata persentase aktivitas siswa sebesar 92%, (4) rata-rata persentase siswa yang memberi respon positif terhadap pelaksanaan pembelajaran sebesar 94%, (5) terdapat perbedaan secara signifikan hasil belajar matematika sebelum dan setelah penggunaan pendekatan SAVI setting cooperative script. Dari hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa pembelajaran dengan pendekatan SAVI setting cooperative script efektif digunakan pada siswa Kelas IX SMP Negeri 33 Makassar.

Kata kunci: Efektivitas, Hasil Belajar Matematika, Pendekatan SAVI Setting Cooperative Script

Abstract. This research aimed to determine the effectiveness of implementing SAVI approach with cooperative script setting in students’ mathematics learning of Grade IX SMP Negeri 33 Makassar by clicking refer to the three criteria of effectiveness of learning, i.e students’ learning achievement, students’ activities and responses. The data analysis technique that used was the technique of descriptive and inferential statistical analysis. The results analysis of this research are: 1) the average percentage of students who was taught by SAVI approach with cooperative script setting is greater than 73 (KKM), (2) the average value of normalized gain is 0,79 (high category), (3) the average percentage of students’ activities is 92%, (4) the average percentage of students who gave positive responses to the implementation of learning is 94%, (5) there is a significant difference in mathematics learning achievement before and after the use of the SAVI approach with cooperative script setting. From these results it can be concluded that learning with SAVI approach with cooperative script setting is effective to be used in students’ mathematics learning of Grade IX of SMP Negeri 33 Makassar.

Keyword: Effectiveness, SAVI Approach with Cooperative Script Setting, Students’ Mathematics Learning Achievement.


Full Text:

PDF

References


Adila, G.P. & Masriyah. (2014). Efektivitas Pembelajaran Matematika dengan Pendekatan Model-Eliciting Activites (MEAs) pada Materi Persamaan dan Pertidaksamaan Linear Satu Variabel di Kelas VII-A SMP Negeri 1 Lamongan. Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 3(2). 97-102.

DePorter, B. & Henarcki. (2006). Quantum Learning. Bandung: Kaifa.

Kusuma & Aisyah. (2012). Implementasi Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share Untuk Meningkatkan Aktivitas Belajar Akuntansi Siswa Kelas XI IPS 1 SMA Negeri 2 Wonosari Tahun Ajaran 2011/2012. Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia, 10(2). 43-63.

Meier, D. (2002). The Accelerated Learning Handbook Panduan Kreatif dan Efektif Merancang Program Pendidikan dan Pelatihan. Bandung: Kaifa.

Oktiarini, E. & Lutfiati, D. (2013). Penggunaan Model Pengajaran Langsung pada Standar Kompetensi Melakukan Depilasi di Kelas XI SMKN 6 Surabaya. E-Journal edisi yudisium februari 2013, 2(1). 1-9.

Purwanto. (2010). Evaluasi Hasil Belajar. Yogyakarta: Pustaka Belajar.

Slavin, R.E. (1995). Cooperative Learning: Theory, Research, and Practice Second Edition. Massachusetts: Allyn and Bacon Publishers.

Suprijono, A. (2011). Model-model Pembelajaran. Jakarta: Gramedia Pustaka Jaya.

Syah, Muhibbin. Psikologi Belajar. Jakarta: PT Rajagrafindo Persada.

Tiro, M.A., & Ahmar, A.S. (2014). Penelitian Eksperimen : Merancang, Melaksanakan dan Melaporkan. Makassar: Andira Publisher.


Article Metrics

Abstract view : 183 times | PDF view : 36 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Rizky Ayu Fatimah Ridwan, A. Alimuddin, D. Djadir



 Index by: