Pengaruh Pembelajaran Mix Models (Teams Games Tournaments and Auditory Intellectually Repetition) Terhadap Hasil Belajar Matematika Ditinjau dari Motivasi Belajar

Fatimah Akbal(1*), A. Alimuddin(2), R. Rusli(3),

(1) Jurusan Matematika, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Makassar, 90224
(2) Jurusan Matematika, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Makassar, 90224
(3) Jurusan Matematika, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Makassar, 90224
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.35580/imed10736

Abstract


Penelitian ini adalah penelitian eksperimen semu yang bertujuan untuk mengetahui pengaruh pembelajaran mix models (TGT-AIR) terhadap hasil belajar matematika ditinjau dari motivasi belajar siswa. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII salah satu SMP negeri di Kota Makassar. Sampel dalam penelitian ini terdiri dari dua kelas, yaitu kelas VIII-2 yang sebagai kelas perlakuan yang diajar dengan menggunakan pembelajaran mix models (TGT-AIR) dan kelas VIII-10 sebagai kelas pembanding yang diajar dengan model pembelajaran langsung yang dipilih dengan menggunakan teknik cluster random sampling. Variabel dalam penelitian ini adalah model pembelajaran, motivasi belajar, dan hasil belajar matematika. Instrumen penelitian yang digunakan adalah lembar observasi keterlaksanaan pembelajaran, angket motivasi, dan post test hasil belajar matematika siswa. Data yang diperoleh kemudian dianalisis secara deskriptif dan inferensial melalui uji t untuk dua sampel independen. Berdasarkan hasil uji t diperoleh bahwa: (a) ada perbedaan pembelajaran mix models (TGT-AIR) dan model pembelajaran langsung terhadap hasil belajar matematika siswa; (b) terdapat pengaruh motivasi terhadap hasil belajar matematika siswa pada penerapan pembelajaran mix models (TGT-AIR); (c) tidak ada pengaruh motivasi terhadap hasil belajar matematika siswa pada penerapan model pembelajaran langsung; (d) ada perbedaan pembelajaran mix models (TGT-AIR) dan model pembelajaran langsung terhadap hasil belajar matematika siswa yang bermotivasi belajar tinggi; dan (e) tidak ada perbedaan pembelajaran mix models (TGT-AIR) dan model pembelajaran langsung terhadap hasil belajar matematika siswa yang bermotivasi belajar rendah.

Kata Kunci: Pembelajaran Mix Models (TGT-AIR), Model Pembelajaran Langsung, Motivasi Belajar, Hasil Belajar Matematika.

Abstract. This research was quasi-experimental which aims to know the influence of mix models learning (TGT-AIR) towards mathematics learning outcomes viewed from learning motivation. The population in this research was Eighth-grade students at one of Junior High School in Makassar. The sample consisted of two classes, namely class VIII-2 that gave treatment by using mix models learning (TGT-AIR), and class VIII-10 as a comparison class taught by using direct learning model selected by cluster random sampling technique. The variables in this research were learning models, learning motivation, and mathematics learning outcomes. The research instruments used were observation sheets, questionnaires about leaning motivation in mathematics, and mathematics learning outcomes tests. The data obtained were analyzed in descriptive and inferential through t-test for two independent samples. Based on the results of the t-test, it was found that: (a) there was a difference of mix models learning (TGT-AIR) and direct learning model on mathematics learning outcomes; (b) there was an effect of motivation on students' mathematics learning outcomes in the implementation of mix models learning (TGT-AIR); (c) there was no effect of motivation on students' mathematics learning outcomes in the implementation of direct learning model, (d) there was a difference of mix models learning (TGT-AIR) and direct learning model on mathematics learning outcomes for students who are highly motivated in learning; and (e) there was no difference of mix models learning (TGT-AIR) and direct learning model on mathematics learning outcomes for students who are low motivated in learning.

Keywords: Mix Models Learning (TGT-AIR), Direct Learning Model, Learning Motivation, and Mathematics Learning Outcomes.


Full Text:

PDF

References


Arsyad, M. (2014). Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe TGT (Teams Games Tournaments) terhadap Motivasi dan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VIII SMP Negeri di Kecamatan Sinjai Utara (Skripsi, tidak dipublikasikan). Universitas Negeri Makassar, Makassar.

Darwis, C. (2014). Efektifivas Penggunaan Model Auditory Intellectually Repetition (AIR) dalam Pembelajaran Matematika siswa Kelas VII SMP Negeri 37 Makassar (Skripsi, tidak dipublikasikan). Universitas Negeri Makassar, Makassar.

Haling, A. (2007). Belajar dan Pembelajaran. Makassar: Badan Penerbit UNM.

Jelani. (2011). Pengaruh Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Siwa Kelas IV SDN WARU 05 Kecamatan Parung (Skripsi, tidak dipublikasikan). Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka (UHAMKA), Jakarta.

Johan, A. (2014). Eksperimentasi Model AIR dengan Setting TGT dan TGT terhadap Hasil Belajar Ditinjau dari Keaktifan Siswa (Skripsi, tidak dipublikasikan). Universitas Muhammadiyah Purworejo, Purworejo.

Kartiani, B.S. (2015). Pengaruh Metode Pembelajaran dan Motivasi Belajar Terhadap

Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran IPS Kelas V Kabupaten

Lombok Barat NTB. Jurnal Pendidikan Dasar, 6(2). 212-221.

Khasanah, F. (2015). Eksperimentasi Pembelajaran Matematika dengan Model Kooperatif Tipe Teams Games Tournaments (TGT) Terhadap Hasil Belajar Matematika Ditinjau dari Motivasi Belajar Matematika Siswa Sekolah Dasar Se Kecamatan Depok. Jurnal Likhitaprajna, 17(2). 96-106.

Lestari, K.E. & Yudhanegara, M.R. (2015). Penelitian Pendidikan Matematika. Bandung: PT. Refika Aditama.

Nurhusain & Nuhaeni. (2016). Komparasi Hasil Belajar Matematika Melalui Model Pembelajaran Auditory Intellectually Repetition (AIR) dan Model Pembelajaran Langsung. Jurnal Of Mathematics Education, 1(2). 10-27.

Rusman. (2013). Model-Model Pembelajaran : Mengembangkan Profesionalisme Guru. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.


Article Metrics

Abstract view : 265 times | PDF view : 77 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Fatimah Akbal, A. Alimuddin, R. Rusli



 Index by: