Deskripsi Kemampuan Pemahaman Konsep Turunan Berdasarkan Teori APOS pada Siswa Kelas XII SMA

Dwi Fitriani Rosali(1*), T. Talib(2), A. Asdar(3),

(1) Jurusan Matematika, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Makassar, 90224
(2) Jurusan Matematika, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Makassar, 90224
(3) Jurusan Matematika, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Makassar, 90224
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.35580/imed10735

Abstract


. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran kemampuan pemahaman konsep turunan berdasarkan teori APOS. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif dengan subjek sebanyak 6 siswa dari kelas XII MIA salah satu SMA negeri di kota Makassar tahun ajaran 2018/2019 yang dipilih dengan tujuan tertentu, yaitu nilai siswa dan rekomendasi guru. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes kemampuan matematika siswa, tes pemahaman konsep turunan berdasarkan teori APOS, dan pedoman wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Siswa yang memiliki kemampuan tinggi memenuhi indikator pemahaman konsep pada tahap aksi, serta memenuhi semua indikator pemahaman konsep pada tahap proses dan objek. Namun, pada tahap skema, siswa hanya memenuhi 1 indikator pemahaman konsep; (2) Siswa yang memiliki kemampuan sedang memenuhi indikator pemahaman konsep pada tahap aksi dan memenuhi 1 indikator pemahaman konsep pada tahap proses, serta memenuhi semua indikator pemahaman konsep pada tahap objek. Namun, pada tahap skema, siswa tidak memenuhi indikator pemahaman konsep; (3) Siswa yang memiliki kemampuan rendah memenuhi indikator pemahaman konsep pada tahap aksi, serta memenuhi semua indikator pemahaman konsep pada tahap proses. Namun, siswa tidak memenuhi indikator pemahaman konsep pada tahap objek dan skema.

Kata Kunci: Pemahaman Konsep, Teori APOS, Turunan.

Abstract. This research aims to describe the ability in understanding derivative concepts based on APOS theory. This research was a qualitative descriptive with the subjects were 6 students from class XII MIA at one of Senior High School in Makassar in 2018/2019 academic year which selected for certain purposes, namely students score and teacher recommendations. The instruments used in this research were a test of students' mathematics ability, test in understanding the derivative concepts based on APOS theory, and interviews. The results of the research showed that: (1) the students who have the high ability have fulfilled the indicators of understanding concept at the stage of action, and they fulfilled all indicators of understanding concepts in process and object stages. However, at the schema stage, the students only met 1 indicator of understanding the concept; (2) students who have the average ability have fulfilled the indicators of understanding concept at the action phase, and they fulfilled 1 indicator of understanding concept in the process phase, also they met all the indicators of understanding concepts in the object phase. However, at the schema phase, the students did not meet 1 indicator of understanding concepts; (3) students who have the low ability have fulfilled the indicators of understanding concept at the stage of action, and they fulfilled all indicators of understanding concepts at the process stage. However, the students did not meet the indicator of understanding concepts at the object and schema stage.

Keywords: Understanding the Concept, APOS Theory, Derivative.

Full Text:

PDF

References


Depdiknas. (2006). Peraturan Menteri Pendidikan Nomor 22 Tahun 2006 tentang Standar Isi. Jakarta: Direktorat Jenderal Manajemen Pendidikan Dasar dan Menengah.

Dubinsky, E. & Michael A. McDonald. (2001). APOS: A Contructivist Theory of Learning in Undergraduate Mathematics Education Research. The teaching and learning of mathematics at university level: An ICMI study (pp. 275-282). Tersedia:

http://www.math.kent.edu/~edd/ICMIPaper.pdf, Diakses tanggal 22 Januari 2018.

Firouzian, S.S. (2013). Students’ Way of Thinking about Derivative and Its Correlation to their Ways of Solving Applied Problems. In K.S., H.R.G., & M.K. & Oehrtman (Eds.). Proceedings of the 16th Annual conference on research in undergraduate mathematics Education, pp.492-497, Brown. Tersedia:

http://sigmaa.maa.org/rume/RUME16Volume2.pdf, Diakses tanggal 26 Oktober 2018.

Hiebert, J. & Carpenter, P. (1992). Learning and Teaching with Understanding. Dalam Douglas A Growns (Ed.). Handbook of Research on Mathematics Teaching and Learning. New York: Macmillan Publishing Company.

Hudojo, H. (1990). Strategi Mengajar Belajar Matematika. Malang: Penerbit IKIP Malang.

Ma’sum, Ali. (2013). Profil Kemampuan Penalaran Matematis Siswa dalam Menyelesaikan Soal Bangun Ruang Sisi Lengkung. (Online). Tesedia:

http://www.math.kent.edu/~edd/ICMIPaper.pdf, Diakses tanggal 22 Januari 2018.

Maharaj, A. (2013). An APOS Analysis of Natural Science Students’ Understanding of Derivatives. South African Journal of Education, 33(1), 1-16.

Park, Jungeun. (2012). Students’ Understanding of the Derivative: Literature Review of English and Korean Publications. Journal of the Korean School Mathematics Society. Volume 15(2), 331-348.

Sholihah, Ummu dan Dziki Ali Mubarok. (2016). Analisis Pemahaman Integral Taktentu Berdasarkan Teori APOS (Action, Process, Object, Schema) Pada Mahasiswa Tadris Matematika (TMT) IAIN Tulungagung. Jurnal: Cendekia Vol. 14 No. 1, Januari-Juni 2016. Tersedia:

http://jurnal.stainponorogo.ac.id/index.php/cendekia/article/view/620/456, Diakses tanggal 07 Februari 2018.

Theresia, M. H. (1992). Pengantar Dasar Matematika: Logika dan Teori Himpunan. Jakarta: Erlangga.


Article Metrics

Abstract view : 423 times | PDF view : 113 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Dwi Fitriani Rosali, T. Talib, A. Asdar



 Index by: