Deskripsi Kesalahan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Cerita Matematika Materi Perbandingan Ditinjau Dari Gaya Belajar Siswa

Sitti Hartinah(1*), A. Asdar(2), D. Djadir(3),

(1) Jurusan Matematika, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Makassar, 90224
(2) Jurusan Matematika, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Makassar, 90224
(3) Jurusan Matematika, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Makassar, 90224
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.35580/imed10733

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kesalahan-kesalahan penyelesaian soal cerita matematika materi perbandingan berdasarkan kriteria Newman ditinjau dari gaya belajar siswa. Jenis penelitian ini adalah kualitatif deskriptif. Dengan menggunakan teknik purposive sampling maka, dipilih subjek penelitian sebanyak 3 siswa kelas VII. Adapun teknik pengumpulan data dengan pemberian angket gaya belajar, tes diagnostik dan wawancara kemudian melalui tiga tahapan analisis data yaitu kondensasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian diperoleh bahwa pada indikator soal mencakup perbandingan senilai jenis kesalahan yang dilakukan oleh (1) subjek bergaya belajar visual adalah kesalahan penulisan jawaban akhir, (2) subjek bergaya belajar auditorial adalah kesalahan membaca soal, kesalahan memahami masalah, kesalahan transformasi, kesalahan keterampilan proses, dan kesalahan penulisan jawaban akhir, dan (3) subjek bergaya belajar kinestetik adalah kesalahan memahami masalah, kesalahan transformasi, kesalahan keterampilan proses, dan kesalahan penulisan jawaban akhir. Sedangkan pada indikator soal mencakup perbandingan berbalik nilai jenis kesalahan yang dilakukan oleh (1) subjek bergaya belajar visual adalah kesalahan transformasi, kesalahan keterampilan proses dan penulisan jawaban akhir, (2) subjek bergaya auditorial adalah kesalahan transformasi, kesalahan keterampilan proses dan penulisan jawaban akhir, dan (3) subjek bergaya belajar kinestetik adalah kesalahan transformasi, kesalahan keterampilan proses dan penulisan jawaban akhir.

Kata kunci: Kesalahan, Newman, Perbandingan, Gaya Belajar.

Abstract. This study aims to describe the errors made by students in mathematics word problem of proportion topic based on Newmans’ criteria in term of student learning styles. The data collection techniques used are learning styles questionnaire, diagnostic tests and interviews then through three stages of data analysis that are data condensation,  presentation, and conclusion. The result of the research showed that the indicator of the direct proportion errors made by (1) subject of visual learning style is encoding errors, (2) subject of auditory learning style are reading errors, comprehension errors, transformation errors, process skill errors and encoding errors, and (3) subject of kinesthetic learning style are comprehension errors, transformation errors, process skill errors and encoding errors. In addition the indicator of the inverse proportion errors made by (1) subject of visual learning style are transformation errors, process skill errors and encoding errors (2) subject of auditory learning style are transformation errors, process skill errors and encoding errors, and (3) subject of kinesthetic learning style are transformation errors, process skill errors and encoding errors.

Keywords: Errors, Newman, Proportion, Learning Styles.


Full Text:

PDF

References


Budiyono. (2008). Kesalahan Mengerjakan Soal Cerita Dalam Pembelajaran Matematika. Paedagogia, 11(1). 1-8.

Clements, M. A. (1980). Analyzing Children’s Errors on Written Mathematical Tasks. Educational Studies in Mathematics, 11. 1-21.

Deporter, B & Hernacki, M. (2008). Quantum Learning: Membiasakan Belajar Nyaman dan Menyenangkan. Bandung: Kaifa.

Karnasih, I. (2015). Analisis Kesalahan Newman Pada Soal Cerita Matematis. Jurnal PARADIKMA, 8(2). 37-51.

Porwanto & Suroto. (2014). Analisis Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Masalah Matematika Bentuk Soal Cerita. Jurnal Kependidikan STKIP PGRI Siduarjo, 2. 109-122.

Newman, M. A. (1977). An Analysis Of Sixth-grade Pupils’ Errors On Written Mathematical Tasks. In White, A. L. 2009. Diagnostic and Pedagodical Issues with Mathematical Word Problem. Brunei International Journal Of Science and Mathematics Education, 39.

-112.


Article Metrics

Abstract view : 532 times | PDF view : 137 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Sitti Hartinah, A. Asdar, D. Djadir



 Index by: