DESAIN DAN PERWAJAHAN MAJALAH KURVA DESAIN KOMUNIKASI VISUAL

Hardiansyah Hardiansyah(1*), Irfan Arifin(2), Aswar Aswar(3),

(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.26858/i.v1i2.9919

Abstract


Perancangan media cetak berupa majalah ini bertujuan untuk menghasilkan majalah desain komunikasi visual yang kreatif dan komunikatif, sehingga mampu meningkatkan daya tarik pembaca terhadap visual majalah (1). Memberikan informasi yang komprehensif dan informatif secara visual kepada masyarakat khususnya target audiens tentang program studi Desain Komunikasi Visual, Fakultas Seni dan Desain, Universitas Negeri Makassar (2). Tahapan pengumpulan data dilakukan dengan cara kajian literatur, pengambilan data visual, dan wawancara narasumber. Selanjutnya tahapan perancangan dimulai dari pembuatan nama majalah, cover majalah, pembuatan thumbnails, dummy, layout majalah, dan evaluasi. Perancangan ini dibuat berdasarkan fakta penciptaan seperti peminat pembaca majalah di Makassar mencapai 26,8 persen atau 281.104 orang di Makassar yang suka membaca majalah. Berdasarkan hal itu, maka perlu ada antisipasi untuk mengembalikan eksistensi media cetak di masyarakat (data SUSENAS) (1). Dari 100 mahasiswa Desain Komunikasi Visual Fakultas Seni dan Desain Universitas Negeri Makassar, sekitar 95 persen mahasiswa yang menyukai dan menginginkan majalah berkonsep vektor (kuesioner) (2). Pengetahuan bidang desain komunikasi visual masih sangat minim di masyarakat khususnya Makassar (3).


Keywords


Perancangan; Desain; Perwajahan; Majalah

Full Text:

Untitled PDF

References


Adiprasetyo, A. (2007). Mengapa Bicara Soal. Kematian” Surat Kabar.

Alwi, Hasan. 2002. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta : Balai Pustaka.

Badan Pusat Statistik. 2012. Data Jenis Bacaan dan Jumlah Peminat di Makassar 2012. Survey Sosial Ekonomi Nasional Makassar.

Hidayat, R. (2015). Analisis Manajemen Penyiaran di Era Teknologi Informasi (Konvergensi Media). Konvergensi, 1(1), 1-19.

Pertiwi, A. D. W., Nugroho, A., & Lukmantoro, T. (2013). Interpretasi Khalayak dalam Rubrik Goresan Hati pada Majalah Sekar. Interaksi Online, 4(4).

Realdi, S., & Suyanto, S. (2018). Manajemen Redaksional Rubrik Zetizen Riau Pos dalam Menarik Minat Baca pada Remaja di Kota Pekanbaru. Jurnal Online Mahasiswa Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Riau, 5(1), 1-15.

Rustan, Surianto, S.Sn. 2009. Layout Dasar dan Penerapannya. Jakarta : PT Gramedia Pustaka Utama.

Sandiningrat, I. (2011). Tinjauan Komposisi Warna Pada Elemen Visual Cover Majalah Hai Tahun 1981.

Wikan, A. (2011). Masa depan media cetak Indonesia. Jurnal Dewan Pers, 5, 1-14.


Article Metrics

Abstract view : 44 times | Untitled view : 0 times PDF view : 57 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 JURNAL IMAJINASI



Alamat Redaksi:
Gedung DE Lantai 2 Kampus FSD UNM Parangtambung
Jl. Daeng Tata Makassar 90224
E-mail: imajinasi@unm.ac.id

Creative Commons License
Jurnal Imajinasi is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

Imajinasi indexed by