PERANCANGAN VISUAL BRANDING BUTIK LUTHFIAH MAKASSAR

Kartini Mayangsari(1*), Abdul Azis Said(2), Nurabdiansyah Nurabdiansyah(3),

(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.26858/i.v1i2.9918

Abstract


Tujuan perancangan visual branding Butik Luthfiah untuk menghasilkan identitas Butik Luthfiah yang berkarakter sesuai dengan ciri khas yang dimiliki sehingga konsumen lebih dekat dan mudah mengenali Butik Luthfiah. Dalam penelitian perancangan ini dilakukan beberapa tahapan perancangan dalam membuat identitas visual yaitu tahap mulai dari tahap praproduksi, produksi dan hingga pascaproduksi yang sebelumnya dilakukan analisa data dalam bentuk analisa desain komunikasi visual sehingga dapat merencanakan media yang tepat, dan disesuaikan dengan target audiensnya. Perancangan menghasilkan sebuah logo yang sesuai dengan ciri khas Butik Luthfiah dan diaplikasikan pada stationery, merchandise, dan media promosi dengan memberikan penjelasan dan gambaran secara lengkap dan jelas terhadap konsumen Butik Luthfiah khususnya di Makassar. Keseluruhan hasil visual branding yang dihasilkan menampilkan ciri khas etnik Butik Luthfiah dengan harapan lebih mudah dikenal dan dapat lebih dekat kepada konsumen yang diwujudkan dalam branding Butik Luthfiah dengan perubahan tampilan visual Butik Luthfiah yang fokus pada Branding dengan tema budaya etnik.


Keywords


Perancangan; Visual; Branding; Butik

Full Text:

PDF

References


AYU ANITA, T. R. I. (2006). PENGANTAR KARYA TUGAS AKHIR PERANCANGAN VISUAL BRANDING KABUPATEN BOYOLALI MELALUI DESAIN KOMUNIKASI VISUAL (Doctoral dissertation, Universitas Sebelas Maret).

Carter, D. E. (1978). Corporate identity manuals. Art Direction Book Company.

Kotler, P. (2002). Marketing places. Simon and Schuster.

McDonough, J., & Egolf, K. (2015). The advertising age encyclopedia of advertising. Routledge.

Septiany, A. R., & Astuti, A. (2014). KONTRIBUSI HASIL BELAJAR MEMBUAT POLA KEBAYA TERHADAP KESIAPAN MENJADI PATTERN MAKER DI BUTIK. Fesyen Perspektif, 3(2).

Yulianto, E., & Wijanarko, T. (2003). Sistem Informasi Penjualan Secara Tunai Berbasis Web (Studi Kasus: Butik Belleza). METODE, 7.


Article Metrics

Abstract view : 422 times | PDF view : 52 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 JURNAL IMAJINASI



Alamat Redaksi:
Gedung DE Lantai 2 Kampus FSD UNM Parangtambung
Jl. Daeng Tata Makassar 90224
E-mail: imajinasi@unm.ac.id

Creative Commons License
Jurnal Imajinasi is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

Jurnal Imajinasi indexed by