EKSISTENSI SENI GRAFITTI DI KOTA MAKASSAR (SUATU KAJIAN SOSIOLOGI SENI TENTANG SENI JALANAN SEBAGAI FENOMENA SOSIAL)

Moh Thamrin Mappalahere(1*),

(1) Pend. Seni Rupa, Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.26858/i.v2i2.9548

Abstract


Penelitian ini merupakan salah satu upaya untuk menelusuri  perkembangan Seni rupa khususnya seni Grafitti yang berkembang di Kota Makassar. Tujuannya adalah menemukan secara ilmiah motivasi pembuat graffitti (bomber) serta menemukan keinginan bomber dan argumentasi ilmiah  dalam berkarya di Kota Makassar sebagai  kepentingan kota. Hal yang menarik adalah bahwa Seni Grafiti sebagai suatu fenomena sosial dalam pandangan masyarakat selama ini dianggap sebagai vandalisme atau mengotori tembok tembok ruko, bangunan ataupun jembatan. Adapun metode yang digunakan adalah Observasi, wawancara dan dokumentasi. Wilayah penelitian di Kota Makassar Hasil penelitian: (1) Eksistensi seni Grafitti di Kota Makassar merupakan sesuatu yang harus diakui keberadaannya di Kota Makassar sebagai karya seni yang terdapat pada  dinding tembok perumahan, ruko, bengkel, lorong bahkan kampus. Seni Grafitti di Kota Makassar merupakan ajang perebutan ruang publik bagi bomber grafitti dan berusaha mengaktualisasikan diri mereka agar dikenal atau populer.(2) Perkembangan seni Grafitti di Kota Makassar sangat baik bahkan bisa  disejajarkan dengan seni grafitti yang ada di kota besar  lainnya di Indonesia. Seni Grafitti yang ada di Kota Makassar  baik teknik maupun cara pewarnaan sudah memiliki kualitas dengan bomber grafitti yang ada di Indonesia. Hal tersebut ditandai dari keberadaan grafitti tidak hanya pada dinding tembok saja tetapi sudah merambah ke cafe, distro, sepatu, Mobil, motor dan sebagainya (3) Faktor yang menghambat adalah tidak tersediannya tempat atau fasilitas ruang yang mereka jadikan ajang popularitas seni grafitti dan sebahagian masyarakat  belum menerima seni grafitti sebagai karya seni. Masyarakat secara umum masih menganggap vandalisme atau mengotori dinding dan seni graffiti dianggap hanya sebagai coretan tembok belaka yang tidak mempunyai makna termasuk instansi pemerintah belum memberikan fasilitas ruang sebagai sesuatu karya seni.


Keywords


Seni Grafitti; komunikasi; estetika

Full Text:

PDF PDF

References


Barker, Chris. (2005).Cultural Studies; Teori danPraktek terj. Nurhadi. Yogyakarta: KreasiWacana.

Cheney, David. (2004). Lifestyles; Sebuah Pengantar Komprehensif , terj. Nuraeni. Yogyakarta: Jala-sutra.

Featherstone, Mike. (1987). ”Lifestyle and ConsumerCulture” dalamTheory, Culture and Society . London: Sage.

Fischer, Michael. (1986). “Ethnicity and the PostModern Arts of Memory”, dalam J.Clifford &G.Marcus(ed.),Writing Culture: The Poeticsand Politics of Ethnograph.,Berkeley:University of California Press.

Giddens,Anthony.(1991).Modernity and Self Identity: Self and Society in the Late Modern Age.Cambridge: Polity Press.

Gladstone, F.J. (1978). Vandalism amongst Adoles-cent Schoolboys’,Tackling Vandalism,ed.Clarke, RVG. London: Home Office ResearchStudy.Griffiths,

Robin dan J.M Shapland. (1979). “TheVandal’s Perspective: Meanings and Motives” ,dalam Designing Against Vandalism, ed. JaneSykes. London: The Design Council

Hall, Stuart. (1990). “Cultural Identity and Diaspora”,dalam J. Rutherford (ed.), Identity, Community,Culture, Difference. London: Lawrence andWishart

Hall, Stuart. (1996). “Introduction: Who NeedsIdentity?”, dalam Stuart Hall & Paul du Gay(ed.),Questions of Cultural Identity. London:Sage Publications.

Hebdige, Dick. (1999).Subculture; The Meaning of Style, Routledge. London & New York.

Hooks, b. (1990).Yearning: Race, Gender and Cultu-ral Politic. Boston, MA: South End Press.

Ibrahim, Idi Subandy. (2004). “Kamu Bergaya Maka Kamu Ada”, Pengantar dalam Lifestyles;Sebuah Pengantar Komprehensif Yogyakarta:Jalasutra.

Jordan, G. dan Weedon, C. (1995).Cultural Politics:Class, Gender, Race and The PostmodernWorld.Oxford: Blackwell.

Manco, Tristan, (2004) Sreet Logos, London: Thames and Hudson

Susanto, Mikke, (2002) Diksi Rupa , Yogyakarta : penerbit Kanisisu


Article Metrics

Abstract view : 879 times | PDF view : 29 times PDF view : 1 times

Refbacks



Copyright (c) 2019 JURNAL IMAJINASI



Alamat Redaksi:
Gedung DE Lantai 2 Kampus FSD UNM Parangtambung
Jl. Daeng Tata Makassar 90224
E-mail: imajinasi@unm.ac.id

Creative Commons License
Jurnal Imajinasi is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

Jurnal Imajinasi indexed by