PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS APLIKASI CANVA MENGGUNAKAN MODEL 4D THIAGARAJAN
(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author
DOI: https://doi.org/10.26858/i.v8i2.64185
Abstract
Penelitian ini merupakan penelitian dan pengembanagan (R & D) yang mengacu pada model pengembangan 4D Thiagarajan. Tujuan penelitian ini yaitu mengembangkan Media Pembelajaran berbasis aplikasi canva materi seni rupa dua diemensi teknik modifikasi objek kelas XI SMAN 4 Takalar yang valid, praktis dan efektif. Jenis penelitian yang digunakan yakni penelitian dan pengembangan ( R& D) yang dilakukan melalui tiga tahap, yaitu pendefenisian (define), perancangan ( design) dan pengembangan (develop). Pengumpulan data yang yang diperoleh yaitu menggunakan instrumen berupa pedoman wawancara, lembar validasi ahli materi, lembar validasi ahli media, angket respon guru, dan angket respon peserta didik yang dilaksanakan uji coba produk terhadap sebanyak 45 orang peserta didik. Hasil penelitian dan pengembangan yang telah dilaksanakan memperoleh (1) Hasil validasi menunujukkan bahwsanya tingkat kevalidan dari Media Pembelajaran berbasis aplikasi canva berada pada kategori sangat baik dengan perolehan skor rata- rata ialah 4,42 (2) Hasil uji keefektifan menunjukkan bahwa tingkat keefektifan dari Media Pembelajaran berbasis aplikasi canva berada pada kategori sedang dengan perolehan gain score sebanyak 0,56 (3) Hasil uji kepraktisan menunukkan bahwa tingkat kepraktisan Media Pembelajaran berbasis aplikasi canva berada pada kategori sangat baik dengan perolehan skor rata- rata sebanyak 4,76. Berdasarkan data tersebut, ditari kesimpulan Media Pembelajaran berbasis aplikasi canva yang telah dikembangkan layak untuk digunakan dalam proses pembelajaran seni budaya khususnya materi seni rupa dua dimensi kelas XI SMAN 4 Takalar.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Ardy, W. N. (2013). Manajemen Kelas. Yogyakarta: Ar- Ruzz Media, -.
Callista. (2022). Pengembangan Media Poster Digital Menggunakan Aplikasi Canva sebagai Suplemen Pembelajaran pada Materi Tata Surya Kelas VII di SMP/ MTS. Jember : Universitas Islam Negeri.
Cecep Kustandi, M. d. (2020). Penegembanagan Media Pembelajaran. Jakarta: Kencana.
Daulae, T. H. (2019). Langkah- Langkah Pengembangan Media Pembelajaran Menuju Peningkatan Kualitas Pembelajaran . forum paedagogik, 59-61.
Dewi, I. P., & Rani Sofya, S. M. (2021). Membuat Media Pembelajaran Inovatif dengan Aplikasi Articulate Storyline 3. UNP Press.
Dikdas, T. G. (2021). Modul Belajar Mandiri Bidang Studi Seni budaya- Rupa. Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan: Direktorat GTK Pendidikan Dasar.
Dr. Tanjung Nurdiyana, S. S. (2023). Media Pembelajaran Berbasis Aplikasi Android dalam Seni Kolaborasi. Yogyakarta: Jejak Pustaka.
Fidia, M. (2021, Januari 1). repository UPY. Retrieved September 1, 2023, from repository UPY: http://repository.upy.ac.id/3432/
Harida, A. A. (2023). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Aplikasi Canva pada Dasar Desain Grafis Peserta Didik. Journal.unm.ac.id, 404-405.
Israwati Hamsar, I. H. (2022). Study Of Pendants Made Of Resin Produced By The Art Folk Village. Pakarena, 104.
Palwanto, M. (2020). Modul Pembelajaran SMA Seni budaya. Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan : Direktoral Jenedral Pendidikan Menengah
Rizki Pebrina, R. A. (2023). Pengembangan Media Poster Menggunakan Aplikasi Canva pada Mata Pelajaran PAI dan Budi Pekerti di SMP Negeri 4 Payakambuh. Tazkiah pendidikan islam, 67- 71.
Reviandari widyaningtyas, R. W. (2020). Modul Pengembangan Bahan Ajar. Universitas Langlangbuana: rikaws.unla.
Rudy Sumiharsona, H. (2017). Media Pembelajaran . Jawa Timur: Cv Pustaka Abadi.
Siahaan, S. (2014). Pemanfaatan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) untuk Pembelajaran. Teknolgi, 274.
Sofyan Salam, S. H. (2020). Pengetahuan Dasar Seni Rupa. Makassar: Badan Penerbit UNM.
Sugiyono, P. D. (2019). Motode Peneliian & Pengembangan . Bandung: Alfabeta.
Susi Darihastining, C. A. (2023). Media Poster Digital Etnobotani Wujud Sesaji pada Sastra Pentas sebagai Bahan Ajar Mapel Bahasa Indonesia Berbasis Kearifan Lokal dalam Meningkatakan Kemempuan Berbicara Siswa Kelas X di SMK Darul Ulum 1 Peterongan Jombang. Jurnal Pendidikan, Bahasa, Sastra, Seni, dan Budaya, 3-4.
Wirandi, W. (2022). Konsep Seni Ruoa: Struktur Visual Rupa. Aksara Budaya.
Yusnita Adelis, A. H. (2022). Pemanfaatan Aplikasi Canva sebagai Media Pembelajaran Matematika di SMPN 1 IX NA-X Aek kota Baru. Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 1328
Article Metrics
Abstract view : 50 times | PDF view : 0 timesRefbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2024 Ismayanti Hamsar, Karta Jayadi, Aswar

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
Editorial Address:
Gedung DE Lantai 2 Kampus FSD UNM Parangtambung
Jl. Daeng Tata Makassar 90224
E-mail: imajinasi@unm.ac.id
Jurnal Imajinasi is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
Jurnal Imajinasi indexed by