ANALISIS KEBUTUHAN MAHASISWA TERHADAP INOVASI PEMBELAJARAN DIGITAL PADA MATA KULIAH GAMBAR ORNAMEN

Hasnawati Hasnawati(1*), Aulia Evawani Nurdin(2),

(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.26858/i.v7i1.46054

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan analisis kebutuhan mahasiswa terhadap inovasi pembelajaran digital pada mata kuliah gambar ornamen di Program Studi Pendidikan Seni Rupa Fakultas Seni dan Desain Uniersitas Negeri Makassar. Jenis Penelitian ini adalah survey dengan pendekatan deskriptif kualitatif, dengan jumlah responden 2 kelas mahasiswa angkatan 2020 yang memprogramkan mata kuliah Gambar Ornamen. Teknik anaisis data yang digunakan adalah dengan teknik analisis deskriptif kualitatif. Hasil peneiltian menunjukkan bahwa 100% mahasiswa menyatakan mereka memerlukan sumber belajar terpadu yang berisi video tutorial menggambar ornamen pada Corel Draw, infografis, gambar dan simulasi menggambar ornamen. Sedangkan jenis sumber belajar yang dibutuhkan dalam mata kuliah Gambar Ornamen adalah buku, video tutorial, multimedia berbasis simulasi baik didesain penggunaannya secara online maupun secara offline.


Keywords


Inovasi; Pembelajaran Digital; Gambar Ornamen

Full Text:

PDF

References


Adisasongko, N. (2020). Pemanfaatan Media Video Tutorial Sebagai Alternatif Pembelajaran Di Masa Pandemi Pada Peserta Didik Kompetensi Keahlian TKRO SMK. https://proceeding.unnes.ac.id/index.php/snpasca/article/download/674/592/1682

Admin. (2022). Pembelajaran Digital. LEDSULBAR. https://www.ledsulbar.id/2022/09/pembelajaran-digital.html

Alfiriani, A., Hutabri, E., & Pratama, A. (2017). Analisis Kebutuhan Belajar Mahasiswa Pada Mata Kuliah Strategi Pembelajaran TI. Pend. IPA Pascasarjana UM, 1–12. https://core.ac.uk/download/pdf/267023929.pdf

Dahiya, S., Jaggi, S., Chaturvedi, K. ., Bhardwaj, A., Goyal, R. ., & Varghese, C. (2016). An Elearning System for Agricultural Education. Indian Research Journal of Extension Education, 12 (3), 132–135. https://www.researchgate.net/publication/357767922_An_eLearning_System_for_Agricultural_Education

Junaidi, A. (2020). Merdeka Belajar Kampus Merdeka. Kemdikbud. https://kampusmerdeka.kemdikbud.go.id/web/about/kata-pengantar-direktur-belmawa#:~:text=Merdeka Belajar – Kampus Merdeka%2C merupakan,kuliah yang akan mereka ambil.

Kemdikbud. (2021). Inovasi pembelajaran digital pendidikan. https://lidm.kemdikbud.go.id/storage/unduhan/divisi-inovasi-pembelajaran-digital-pendidikan_uyvdags7cble0ajx.pdf

Kenji, K. (1998). Internet Resources. ELT, Linguistics, and Communication.

Lubis, S. (2022). Inovasi Pembelajaran Berbasis Digital untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar. Pembelajaran, Bimbingan, Dan Pengelolaan Pendidikan, 2(12), 1121–1126. https://doi.org/https://doi.org/10.17977/um065v2i122022p1121-1126

Mahendra, I. K. A., Darmawiguna, I. G. M., & Kesiman, M. W. A. (2014). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Simulasi untuk Pembelajaran Perakitan Komputer dan Instalasi Sistem Informasi. Kumpulan Artikel Mahasiswa Pendidikan Teknik Informatika, 3 (20. https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/KP/article/view/19753/11695

Mulyatiningsih, E., Komariah, K., Lastariwati, B., Kartika, M., & Restiana, R. (2020). Eksplorasi Faktor-Faktor Penentu Keberhasilan Pembelajaran Daring Di Era Revolusi Industri 4.0. Universitas Negeri Yogyakarta. https://simppm.lppm.uny.ac.id/uploads/8729/laporan_akhir/laporan-akhir-8729-20201217-193903.pdf

Munir. (2017). Pembelajaran Digital. CV. Alfabeta.

Mustafa, M., & Rahmah, U. (2017). Analisis Kebutuhan Terhadap Pengembangan Bahan Ajar Elektronika Digital Di Universitas Negeri Makassar. Research and Community Service Institute, 705–710. https://ojs.unm.ac.id/semnaslemlit/article/view/4128

Nana. (2019). Pengembangan Inovasi Pembelajaran Digital Menggunakan Model Blended POE2WE di Era Revolusi Industri 4.0. 82–90.

Prensky, Ma. (2022). 10 Manfaat Utama Pembelajaran Digital. Twitchdpeed. https://www.twitchspeed.com/10-manfaat-utama-pembelajaran-digital/

Suciati. (2018). Pengembangan Kreativitas Inovatif Melalui Pembelajaran Digital. Pendidikan, 19 No. 2. https://jurnal.ut.ac.id/index.php/jp/article/view/181

Sucipto, B., & Kustandi. (2011). Media Pembelajaran Manual dan Digital. Ghalia Indonesia.

Yoga. (2020). Modul 3 Kegiatan Belajar 3 Pembelajaran Digital. Universitas Sebelas Maret. https://spada.uns.ac.id/pluginfile.php/462980/mod_resource/content/0/Pembelajaran Digital.pdf


Article Metrics

Abstract view : 85 times | PDF view : 0 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 JURNAL IMAJINASI

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

Alamat Redaksi:
Gedung DE Lantai 2 Kampus FSD UNM Parangtambung
Jl. Daeng Tata Makassar 90224
E-mail: imajinasi@unm.ac.id

Creative Commons License
Jurnal Imajinasi is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

Jurnal Imajinasi indexed by