ANALISIS KEBUTUHAN MAHASISWA TERHADAP INOVASI PEMBELAJARAN DIGITAL PADA MATA KULIAH GAMBAR ORNAMEN
(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author
DOI: https://doi.org/10.26858/i.v7i1.46054
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan analisis kebutuhan mahasiswa terhadap inovasi pembelajaran digital pada mata kuliah gambar ornamen di Program Studi Pendidikan Seni Rupa Fakultas Seni dan Desain Uniersitas Negeri Makassar. Jenis Penelitian ini adalah survey dengan pendekatan deskriptif kualitatif, dengan jumlah responden 2 kelas mahasiswa angkatan 2020 yang memprogramkan mata kuliah Gambar Ornamen. Teknik anaisis data yang digunakan adalah dengan teknik analisis deskriptif kualitatif. Hasil peneiltian menunjukkan bahwa 100% mahasiswa menyatakan mereka memerlukan sumber belajar terpadu yang berisi video tutorial menggambar ornamen pada Corel Draw, infografis, gambar dan simulasi menggambar ornamen. Sedangkan jenis sumber belajar yang dibutuhkan dalam mata kuliah Gambar Ornamen adalah buku, video tutorial, multimedia berbasis simulasi baik didesain penggunaannya secara online maupun secara offline.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Adisasongko, N. (2020). Pemanfaatan Media Video Tutorial Sebagai Alternatif Pembelajaran Di Masa Pandemi Pada Peserta Didik Kompetensi Keahlian TKRO SMK. https://proceeding.unnes.ac.id/index.php/snpasca/article/download/674/592/1682
Admin. (2022). Pembelajaran Digital. LEDSULBAR. https://www.ledsulbar.id/2022/09/pembelajaran-digital.html
Alfiriani, A., Hutabri, E., & Pratama, A. (2017). Analisis Kebutuhan Belajar Mahasiswa Pada Mata Kuliah Strategi Pembelajaran TI. Pend. IPA Pascasarjana UM, 1–12. https://core.ac.uk/download/pdf/267023929.pdf
Dahiya, S., Jaggi, S., Chaturvedi, K. ., Bhardwaj, A., Goyal, R. ., & Varghese, C. (2016). An Elearning System for Agricultural Education. Indian Research Journal of Extension Education, 12 (3), 132–135. https://www.researchgate.net/publication/357767922_An_eLearning_System_for_Agricultural_Education
Junaidi, A. (2020). Merdeka Belajar Kampus Merdeka. Kemdikbud. https://kampusmerdeka.kemdikbud.go.id/web/about/kata-pengantar-direktur-belmawa#:~:text=Merdeka Belajar – Kampus Merdeka%2C merupakan,kuliah yang akan mereka ambil.
Kemdikbud. (2021). Inovasi pembelajaran digital pendidikan. https://lidm.kemdikbud.go.id/storage/unduhan/divisi-inovasi-pembelajaran-digital-pendidikan_uyvdags7cble0ajx.pdf
Kenji, K. (1998). Internet Resources. ELT, Linguistics, and Communication.
Lubis, S. (2022). Inovasi Pembelajaran Berbasis Digital untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar. Pembelajaran, Bimbingan, Dan Pengelolaan Pendidikan, 2(12), 1121–1126. https://doi.org/https://doi.org/10.17977/um065v2i122022p1121-1126
Mahendra, I. K. A., Darmawiguna, I. G. M., & Kesiman, M. W. A. (2014). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Simulasi untuk Pembelajaran Perakitan Komputer dan Instalasi Sistem Informasi. Kumpulan Artikel Mahasiswa Pendidikan Teknik Informatika, 3 (20. https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/KP/article/view/19753/11695
Mulyatiningsih, E., Komariah, K., Lastariwati, B., Kartika, M., & Restiana, R. (2020). Eksplorasi Faktor-Faktor Penentu Keberhasilan Pembelajaran Daring Di Era Revolusi Industri 4.0. Universitas Negeri Yogyakarta. https://simppm.lppm.uny.ac.id/uploads/8729/laporan_akhir/laporan-akhir-8729-20201217-193903.pdf
Munir. (2017). Pembelajaran Digital. CV. Alfabeta.
Mustafa, M., & Rahmah, U. (2017). Analisis Kebutuhan Terhadap Pengembangan Bahan Ajar Elektronika Digital Di Universitas Negeri Makassar. Research and Community Service Institute, 705–710. https://ojs.unm.ac.id/semnaslemlit/article/view/4128
Nana. (2019). Pengembangan Inovasi Pembelajaran Digital Menggunakan Model Blended POE2WE di Era Revolusi Industri 4.0. 82–90.
Prensky, Ma. (2022). 10 Manfaat Utama Pembelajaran Digital. Twitchdpeed. https://www.twitchspeed.com/10-manfaat-utama-pembelajaran-digital/
Suciati. (2018). Pengembangan Kreativitas Inovatif Melalui Pembelajaran Digital. Pendidikan, 19 No. 2. https://jurnal.ut.ac.id/index.php/jp/article/view/181
Sucipto, B., & Kustandi. (2011). Media Pembelajaran Manual dan Digital. Ghalia Indonesia.
Yoga. (2020). Modul 3 Kegiatan Belajar 3 Pembelajaran Digital. Universitas Sebelas Maret. https://spada.uns.ac.id/pluginfile.php/462980/mod_resource/content/0/Pembelajaran Digital.pdf
Article Metrics
Abstract view : 85 times | PDF view : 0 timesRefbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2023 JURNAL IMAJINASI
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
Alamat Redaksi:
Gedung DE Lantai 2 Kampus FSD UNM Parangtambung
Jl. Daeng Tata Makassar 90224
E-mail: imajinasi@unm.ac.id
Jurnal Imajinasi is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
Jurnal Imajinasi indexed by