REDESIGN RANCANGAN IDENTITAS VISUAL PRODUK SOMANO SURABAYA

Salsa Billa Cantika(1*), Aileena Solicitor Costa Rica El Chidtian(2), Aditya Rahman Yani(3),

(1) East Java "Veteran" National Development University
(2) East Java "Veteran" National Development University
(3) East Java "Veteran" National Development University
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.26858/i.v7i2.45061

Abstract


Redesain identitas visual merupakan salah satu media perancangan ulang yang digunakan bertujuan untuk meningkatkan brand image atau pemasaran produk. Somano adalah salah satu UMKM yang di didirikan pada tahun 2016, dari Surabaya Jawa Timur yang bergerak di bidang kuliner dan memiliki potensi bisnis besar tetapi belum mengoptimalkan identitas visual sebagai media pemasarannya. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk merancang Redesain ulang identitas visual menggunakan metode Design Thinking. Dalam perancangan ini menggunakan metode design thinking yang diperoleh melalui wawancara, observasi, dan kuesioner. Teknik analisis yang digunakan adalah teknik analisis deskriptif yang menghasilkan suatu konsep desain dengan kata kunci “Sirup Khas dengan Kesegaran Alami” sebagai acuan perancangan identitas visual. Perancangan ini menghasilkan logo yang cocok untuk brand Somano dan diimplementasikan pada berbagai media branding yang dibutuhkan seperti media promosi, stasionary, dan merchandise. Hasil visual branding secara keseluruhan menunjukkan khas oleh-oleh wisata mangrove dan Somano diharapkan lebih mudah dikenal oleh masyarakat Surabaya secara luas.

 

Visual identity redesign is one of the redesign media used to improve brand image or product marketing. Somano is one of the MSMEs established in 2016, from Surabaya, East Java, which is engaged in the culinary field and has great business potential but has not optimized its visual identity as a marketing medium. The purpose of this research is to design a visual identity redesign using the Design Thinking method. In this design using design thinking methods obtained through interviews, observations, and questionnaires. The analysis technique used is a descriptive analysis technique that produces a design concept with the keyword "Typical Syrup with Natural Freshness" as a reference for designing visual identity. This design produces a logo that is suitable for the Somano brand and is implemented on various branding media needed such as promotional media, stationary, and merchandise. The overall visual branding results show the typical mangrove tourism souvenirs and Somano is expected to be more easily recognized by the Surabaya community at large.


Keywords


Buah bogem; Wisata Mangrove; Re-branding; Kesadaran Merek

Full Text:

PDF

References


Anam, C., Nur Rochman, A., Fauzi, A., Nindyapuspa, A., Khadafi, S., Desain Produk, J., Komputer, S., & Teknologi Adhi Tama Surabaya -Jl Arief Rahman Hakim, I. (2019). Perancangan Desain Logo “R3-Viora” sebagai Identitas Baru UKM Viora Collection, Tanggulangin, Sidoarjo. JAST : Jurnal Aplikasi Sains Dan Teknologi, 3(1), 50–59. https://jurnal.unitri.ac.id/index.php/jast

Andriani, R., Rahman Yani, A., Pembangunan Nasional, U., & Timur, J. (n.d.). DESKOVI : Art and Design Journal PERANCANGAN LOGO SEBAGAI IDENTITAS VISUAL WISATA EDUKASI GERABAH (WEG) DI BOJONEGORO Desain Komunikasi Visual, Fakultas Arsitektur dan Desain (Vol. 5).

Chusnan Widodo, A., & Gustri Wahyuni, E. (n.d.). Penerapan Metode Pendekatan Design Thinking dalam Rancangan Ide Bisnis Kalografi.

Dahlan, A., & Screc, A. (n.d.). Aplikasi Penjualan Produk Meubel Ukir UD. Barokah Meubel sebagai Sistem Penjualan Online. Jurnal Imajinasi, 6(1), 2022.

Hitoshi, A., & Pebriyeni, E. (2022). Redesign Visual Identity Violet.id di Nagari Koto Tuo Sijunjung. DEKAVE : Jurnal Desain Komunikasi Visual, 12(1), 44. https://doi.org/10.24036/dekave.v12i1.116265

Juliana, S., & Sihombing, S. O. (2019). PENGARUH PENEMPATAN PRODUK DAN KESADARAN MEREK TERHADAP NIAT MEMBELI. Jurnal Manajemen Dan Pemasaran Jasa, 12(1), 19–34. https://doi.org/10.25105/jmpj.v12i1.3702

Lathif Mardi Suryanto, T., & Cahyo Wibowo, N. (2021). DESAIN LOGO SEBAGAI IDENTITAS VISUAL APLIKASI JELAJAH KAMPUS VIRTUAL (JEJAKATUA) UPN VETERAN JAWA TIMUR (Vol. 07). https://www.upnjatim.ac.id/vtour/]

Mellysa, M., Natadjaja2, L., & Febriani3, R. (n.d.). PERANCANGAN DESAIN KEMASAN PRODUK OLAHAN MANGROVE “SOMANO” DI SURABAYA.

Nuansa de Riandra, C., & Ariffudin Islam, M. (2021). PERANCANGAN IDENTITAS VISUAL CATERING & BAKERY CHERRY. Jurnal Barik, 2(2), 43–56. https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/JDKV/

Prihatiningtyas, S., Fahimah, M., Pertiwi, N. A. S., Umardiyah, F., & Fitri, N. N. V. (2021). REBRANDING PRODUK SEBAGAI UPAYA PENINGKATAN KUALITAS PRODUKSI JAMU DI DESA MOJOKAMBANG JOMBANG. Kumawula: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(3), 487. https://doi.org/10.24198/kumawula.v4i3.33535

Ramadayanti, F. (2019). Jurnal Studi Manajemen dan Bisnis Peran Brand Awereness Terhadap Keputusan Pembelian Produk. In JSMB (Vol. 6, Issue 2). http://journal.trunojoyo.ac.id/jsmb78

Rusdiana, E., & Hardjati, S. (n.d.). PENGEMBANGAN DESTINASI WISATA MANGROVE WONOREJO DI KECAMATAN RUNGKUT KOTA SURABAYA.

Sari, I. P., Kartina, A. H., Pratiwi, A. M., Oktariana, F., Nasrulloh, M. F., & Zain, S. A. (2020). Implementasi Metode Pendekatan Design Thinking dalam Pembuatan Aplikasi Happy Class Di Kampus UPI Cibiru. Edsence: Jurnal Pendidikan Multimedia, 2(1), 45–55. https://doi.org/10.17509/edsence.v2i1.25131

Septiningtyas, A., & Widiatmoko Soewardikoen, D. (n.d.). PERANCANGAN IDENTITAS VISUAL DAN PROMOSI SASIRANGAN BANJARBARU.

Widyokusumo, L. (n.d.). Meningkatkan Citra UKM ….. (Lintang Widyokusumo) MENINGKATKAN CITRA UKM MELALUI PERANCANGAN ULANG IDENTITAS VISUAL.


Article Metrics

Abstract view : 93 times | PDF view : 0 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 JURNAL IMAJINASI

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

Alamat Redaksi:
Gedung DE Lantai 2 Kampus FSD UNM Parangtambung
Jl. Daeng Tata Makassar 90224
E-mail: imajinasi@unm.ac.id

Creative Commons License
Jurnal Imajinasi is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

Jurnal Imajinasi indexed by