PENGEMBANGAN APLIKASI FRUIT CARVING SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF DI ERA POSTPANDEMI COVID-19

Damayanti Trisna Sari(1*), Nurmayanti Nurmayanti(2), Besse Qur’ani(3),

(1) Universitas Muhammadiyah Sidenreng Rappang
(2) Universitas Muhammadiyah Sidenreng Rappang
(3) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.26858/i.v6i2.38915

Abstract


Penelitian ini bertujuan mengembangkan dan mengetahui kelayakan aplikasi fruit carving sebagai media pembelajaran interaktif di Prodi D-IV Tata Boga Fakultas Teknik Universitas Negeri Makassar berdasarkan validasi materi dan validasi media. Tahapan penelitian dimulai dari (1) Analyze bahan kajian fruit carving, dan kebutuhan pengguna, (2) Design model dan layout aplikasi media pembelajaran fruit carving, (3) Development yaitu realisasi rancangan produk kemudian dilakukan uji validitas terhadap media dan materi yang disajikan pada aplikasi fruit carving. Hasil penelitian menunjukkan aplikasi fruit carving berdasarkan penilaian validasi media adalah 93,75% dan penilaian validasi materi adalah 95,37%, sehingga aplikasi fruit carving yang dikembangkan dinyatakan layak digunakan sebagai media pembelajaran interaktif di era post pandemi covid 19


Keywords


Fruit Carving; Media Pembelajaran Interaktif; Aplikasi berbasis android

Full Text:

PDF

References


Amirullah, G., & Susilo, S. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Pada Konsep Monera Berbasis Smartphone Android. Wacana Akademika: Majalah Ilmiah Kependidikan, 2(1), 38–47.

Branch, R. M. (2009). Instructional design: The ADDIE approach (Vol. 722). Springer Science & Business Media.

Hasanuddin, H., Surati, S., & Ramly, A. T. (2020). Pengaruh Budaya Organisasi, Kompensasi, Dan lingkungan Kerja Terhadap Kinerja Pegawai Dengan Kepuasaan Kerja Sebagai Variabel Intervening (Kantor Bappeda Kabupaten Bima NTB). Jurnal Manajemen (Edisi Elektronik), 11(2), 253–260.

Khairini, R., & Yogica, R. (2021). Uji Validitas Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbentuk Android Packaging Kit (APK) pada Materi Virus. Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Pendidikan, 5(3).

Komariah, K., Marwanti, M., & Rinawati, W. (n.d.). Implementasi Metode Inquiry Discovery Pada Mata Kuliah Praktik Seni Penyajian Makanan. Jurnal Mekom (Media Komunikasi Pendidikan Kejuruan), 2(1).

Mohammad, A. (2004). Psikologi Remaja: Perkembangan Peserta Didik.

Nopiani, R., Suarjana, I. M., & Sumantri, M. (2021). E-Modul Interaktif pada Pembelajaran Tematik Tema 6 Subtema 2 Hebatnya Cita-citaku. MIMBAR PGSD Undiksha, 9(2).

Pribadi, B. A. (2016). Desain dan pengembangan program pelatihan berbasis kompetensi implementasi model ADDIE. Kencana.

Putra, I. N. T. A., Kartini, K. S., & Widiyaningsih, N. N. (2020). Implementasi Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Mobile pada Materi Hidrokarbon. Jurnal Pendidikan Kimia Indonesia, 4(2), 43–52.

Rinawati, W. (2012). Pengembangan Modul Pembelajaran Food Presentation Sebagai Upaya Peningkatan Hasil Belajar Seni Penyajian Makanan. Prosiding Pendidikan Teknik Boga Busana, 7(1).

Saraswati, E., & Novallyan, D. (2017). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Android untuk Pemahaman Konsep Trigonometri. IJER (Indonesian Journal of Educational Research), 2(2), 72–76.

Semiawan. 2007. Penelitian dan Pengembangan (Research and Development) dalam Pendidikan: Makna, Tujuan, dan Konteksnya. Catatan Kecil tentang Penelitian dan Pengembangan Ilmu Pengetahuan. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.


Article Metrics

Abstract view : 1990 times | PDF view : 0 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 JURNAL IMAJINASI

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

Alamat Redaksi:
Gedung DE Lantai 2 Kampus FSD UNM Parangtambung
Jl. Daeng Tata Makassar 90224
E-mail: imajinasi@unm.ac.id

Creative Commons License
Jurnal Imajinasi is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

Jurnal Imajinasi indexed by