PERANCANGAN BOARD GAME “GIGIKU SEHAT” SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN SEKOLAH DASAR KELAS 1 - 3
(1) Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Jawa Timur
(2) Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Jawa Timur
(3) Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Jawa Timur
(*) Corresponding Author
DOI: https://doi.org/10.26858/i.v6i2.38033
Abstract
Masalah kesehatan gigi yakni karies gigi merupakan penyakit yang dialami banyak orang di seluruh dunia khususnya anak anak. Di Kabupaten Bojonegoro, kasus karies gigi anak usia 6-9 yakni kelas 1 – 3 Sekolah Dasar masih tinggi. Hal ini didapatkan dari Laporan Pelayanan Kesehatan Gigi dan Mulut Anak di Kabupaten Bojonegoro Tahun 2019, 2020 dan 2021. Para guru mengatakan anak sekolah dasar sudah diajarkan dasar - dasar cara menjaga kesehatan gigi karena berkaitan dengan mata pelajaran namun kasus karies masih tetap tinggi. Hal ini dikarenakan anak tidak menerapkan menjaga kesehatan gigi di dalam kehidupan sehari hari. Hal ini terjadi karena anak cenderung merasa bosan jika materi pembelajaran disampaikan hanya dengan lisan. Media pembelajaran menggunakan board game merupakan media pembelajaran edukasi yang efektif, karena bermain merupakan kegiatan yang menyenangkan dan tidak bisa dipisahkan dari perkembangan anak. Tahapan perancangan ini menggunakan metode design thinking yang didapat melalui observasi langsung, wawancara, kuesioner, lalu menganalisis hasil data yang telah diperoleh dan disesuaikan dengan target audiens. Analisis tersebut menghasilkan keyword yakni “healthy teeth, happy life” yang akan menjadi acuan dalam perancangan. Hingga saat ini belum terdapat board game edukasi yang bertema menjaga kesehatan gigi untuk media pembelajaran Sekolah Dasar di Bojonegoro. Perancangan board game ini ditujukan untuk menjaga kesehatan gigi sehingga diharap anak - anak, orang tua, guru maupun masyarakat mampu memahami pentingnya menjaga kesehatan gigi.
Kata Kunci: kesehatan gigi; karies gigi; board game; anak
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Alim, A. (2009). Permainan Mini Tenis Untuk Pembelajaran pendidikan Jasmani Olahraga Dan Kesehatan Di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Jasmani Indonesia. Yogyakarta: Universitas
Kementerian Kesehatan RI (2019). INFODATIN Pusat Data dan Informasi. Jurnal Pusat Data dan Informasi Kementerian Kesehatan RI
Djamarah, Syaiful. (2008). Psikologi Belajar (pp. 123 – 124). Jakarta: PT. Rineka Cipta.
Hussein, A. S. (2018). Metode Design Thinking untuk Inovasi Bisnis. Malang : UB Press.
Putra, R. W. (2021). Pengantar Desain Komunikasi Visual dalam Penerapan (pp. 42). Yogyakarta : Penerbit ANDI
Sugiyono. (2014). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D (pp. 230). Bandung: Alfabeta.
Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Kombinasi, Mix Methods (pp. 72). Bandung : Alfabeta
Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D (pp. 140). Bandung : Alfabeta.
Indah. (2021). Apa itu analisis dan sintesis fromhttps://www.scribd.com/document/527255294/APA-ITU-ANALISIS-DAN-SINTESIS
Junaedi. (2021). Mengenal apa itu customer journey dan tahapannya. from https://www.ekrut.com/media/customer-journey-adalah
Swarnadwitya. (2020). Design Thinking: Pengertian, Tahapan dan Contoh Penerapannya. from https://sis.binus.ac.id/2020/03/17/design-thinking-pengertian-tahapan-dan-contoh-penerapannya/
Article Metrics
Abstract view : 192 times | PDF view : 2 timesRefbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2022 JURNAL IMAJINASI
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
Alamat Redaksi:
Gedung DE Lantai 2 Kampus FSD UNM Parangtambung
Jl. Daeng Tata Makassar 90224
E-mail: imajinasi@unm.ac.id
Jurnal Imajinasi is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
Jurnal Imajinasi indexed by