PERSEPSI MAHASISWA TENTANG PENGGUNAAN MEDIA ZOOM DALAM PEMBELAJARAN MENGGAMBAR

Juni Amanullah(1*), Endri Sintiana Murni(2),

(1) Universitas Sains dan Teknologi Komputer
(2) Universitas Sebelas Maret
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.26858/i.v6i2.34267

Abstract


Akibat penyebaran Covid-19 yang terjadi di Indonesia, seluruh pembelajaran di perguruan tinggi diwajibkan untuk belajar online dari rumah. Program Studi Desain Grafis Universitas Sains dan Teknologi Komputer menerapkan aplikasi Zoom sebagai media pembelajaran dalam matakuliah menggambar. Zoom merupakan salah satu pembelajaran online yang umumnya dilakukan dalam media pembelajaran online. Efektivitas pembelajaran online sangat perlu diperhatikan agar mahasiswa memahami saat proses pembelajaran berlangsung. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dan memahami opotimalisasi dan efektivitas pembelajaran menggunakan Zoom pada pertemuan matakuliah menggambar. Penelitian ini menggunakan menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah melalui wawancara, dokumentasi dan studi dokumen.  Berdasarkan hasil penelitian yang diperoleh bahwa pembelajaran online menggunakan aplikasi Zoom sudah efektif dan penggunaan pengoprasionalan Zoom mudah sehingga bisa teroptimalisasi digunakan untuk media pembelajaran online. Pembelajaran melalui Zoom mendapat tanggapan yang sangat baik sekali dari mahasiswa karena pembelajaran lebih fleksibel dalam pengaplikasiaanya. Pembelajaran dengan Zoom menjadikan mahasiswa lebih mandiri dan mendorong mahasiswa lebih aktif dalam proses pembelajaran. Banyak sekali fitur di dalam zoom menjadikan proses pembelajaran menjadi lebih menarik, interaktif, penerimaan dan pemahaman yang disampaikan oleh dosen


Keywords


Persepsi; Zoom; Media Pembelajaran

Full Text:

PDF

References


Abidin, Yunus. (2016). Desain Sistem Pembelajaran dalam Konteks Kurikulum 2013. Bandung: PT Refika Aditama.

Blake, & Horalsen. (1988). Media Pembelajaran. Jakarta: Raja Grafondo Persada.

Daheri, Juliana, Deriwanto, Amda. (2020). Efektivitas WhatsApp sebagai Media Belajar Daring. Jurnal Basicedu Volume 4 No. 4 Tahun 2020 Hal.775-783.

Echols, M. Jhon, dan hasan Shadily. (2005). Kamus Indonesia Inggris, An English Indonesian Dictionary. Jakarta: PT Gramedia Pusaka Utama.

Firman. (2020). Pembelajaran Online Ditengah Pandemic Covid-19. Indonesian Journal of Educational Science Volume 02, No. 02 Maret 2020, 82.

Gardner, Howard. (2006). Changing Minds. Jakarta: PT. Trans Media.

Hamijoyo, Santoso S, Anwar Iskandar. (1974). Beberapa Catatan tentang Partisipasi Masyarakat. Jakarta: badan Pengembangan Pendidikan, Departemen P dan K.

Kompas.com-12/3/2020, 08.31 WIB; WHO Resmi Sebut Virus Corona Covid-19 sebagai Pandemi Global.

Marshal, Mc Luhan. 1964. Understanding Media: The Extensions of Man. New York: Signet Books.

Miles, Mathew B., & A. Michael Huberman. (1994). An Expanded Source Book: Qualitative Data Analysis. London: Sage Publication.

Putrawangsa, S., & Hasanah. U. (2018). Integrasi Teknologi Digital dalam Pembelajaran di Era Industri 4.0. Jurnal Tatsqif, 16 (1), 42-54.

Putri, M.K. (2011). Implementasi E-Learning pada SMA Negeri 2 Surakarta Menggunakan PHP dan Mysql. (Doctoral Dissertation, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Rose, Collin. (2002). Kuasai Lebih Cepat: Buku Pintar, Accelerated Learning. Bandung: Mizan Publishing.

Sandiwarno, S. (2016). Perencanaan Model E-Learning Berbasis Collaborative Video Converence Learning Guna Mendapatkan Hasil Pembelajaran yang Efektif dan Efisien. Jurnal Ilmiah FIFO, 8 (2), 191.

Sugiyono. (2008). Metode Penelitian Pendidikan: (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D). Alfabeta.

Sujana, Nana. (2010). Dasar-Dasar Proses Belajar. Bandung: Sinar Baru.

KBBI. (2018). Kamus Besar Bahasa Inonesia.

UU No. 20 Tahun 2003 pasal 1 Ayat 15 Tentang Sistem Pendidikan Nasional.


Article Metrics

Abstract view : 89 times | PDF view : 1 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 JURNAL IMAJINASI

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

Alamat Redaksi:
Gedung DE Lantai 2 Kampus FSD UNM Parangtambung
Jl. Daeng Tata Makassar 90224
E-mail: imajinasi@unm.ac.id

Creative Commons License
Jurnal Imajinasi is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

Jurnal Imajinasi indexed by