Penggunaan Model 4D dalam Pembuatan Video Tutorial Menggambar Alam Benda di SMP Negeri 1 Tonra

A Rafida(1*), Abd Aziz Ahmad(2), Ali Ahmad Muhdy(3),

(1) Universitas Negeri Makassar
(2) 
(3) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.26858/i.v6i1.30307

Abstract


This research aims to describe the development of video tutorials for learning to draw natural objects for students of class VII SMPN 1 Tonra. This research is a type of research and development (R&D). Development models use 4D models consisting of Define (definition), Design (design), Develop (development), Dissemination (dissemination). But in this study it only reached the stage of Develop. From the results of assessments or validations conducted by material experts and media experts on the resulting video tutorial media, obtained a rating score of 95.15% from material experts, and 89.7% from media experts. Based on the results obtained, it can be concluded that the video tutorial media for learning to draw nature is worth using and developing, and is expected to help teachers and students in the learning process.

Keywords: learning media, video tutorials, drawing natural objects.

 

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pengembangan video tutorial untuk pembelajaran menggambar alam benda bagi peserta didik kelas VII SMPN 1 Tonra. Penelitian ini merupakan jenis penelitian dan pengembangan atau Research and Development (R&D). Model pengembangan menggunakan model 4D yang terdiri dari Define (pendefinisian), Design (perancangan), Develop (pengembangan), Dissemination (penyebarluasan). Namun pada penelitian ini hanya sampai pada tahap Develop. Dari hasil penilaian atau validasi yang dilakukan oleh ahli materi dan ahli media terhadap media video tutorial yang dihasilkan, diperoleh skor penilaian sebesar 95,15% dari ahli materi, dan 89,7% dari ahli media. Berdasarkan hasil yang diperoleh, maka dapat disimpulkan bahwa media video tutorial untuk pembelajaran menggambar alam benda ini layak digunakan dan dikembangkan, serta diharapkan dapat membantu pendidik dan peserta didik dalam proses pembelajaran.

Kata kunci : media pembelajaran, video tutorial, menggambar alam benda.


Keywords


media pembelajaran; video tutorial; menggambar alam benda

Full Text:

PDF

References


Akbar, F. I., dengan Hartono, R. (2017). Pengembangan Lembar Kegiatan Peserta Didik Dengan Model Pengembangan 4-D Pada Materi Mitigasi Bencana dan Adaptasi Bencana Kelas X SMA. Jurnal

AM, M. (2018). Pengembangan Modul Fisika Dasar 1 Terintegrasi Al-Qur’an pada Jurusan Pendidikan Fisika Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Alauddin Makassar (Dissertation, Makassar: Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar).

Arikunto, Suharsimi. (1993). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik (edisi revisi II, Cetakan Kesembilan). Jakarta: Penerbit Rineka Cipta.

Arsyad, Azhar. (2011). Media Pembelajaran. Jakarta: Rajawali Pers.

Arsyad, Azhar. (2013). Media Pembelajaran.Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Barokahketik.com. (18 April 2019).Teknik Pointilis, Pengertian, Contoh Gambar Lengkap 2019. Diakses pada 15 Agustus 2020, pada https://barokahketik.com/teknik-pointilis/

Belajargiat.id , 29 Juli 2020, Definisi Seni Rupa 2 Dimensi, https://belajargiat.id/apa-itu-seni-rupa-2-dimensi/

Dictio.id. (17 April 2018). Apa Yang Anda Ketahuin Tentang Teknik Aquarel?. Diakses pada 15 Agustus 2020, dari https://www.dictio.id/uploads/db3342/original/3X/f/6/f67bbe6d98c770a24eb750b6e1aee8d4ca458dee.jpg

Gumanti A. G, Yunidar dan Syahruddin. (2016). Metode Penelitian Pendidikan. Jakarta: Mitra Wacana Media.

Halferphoto.com. (23 agustus 2018). 8 Jenis Teknik Menggambar Lengkap Beserta Contoh dan Pengertiannya. Diakses pada 15 Agustus 2020, dari https://www.google.com/amp/s/helferphoto.com/teknik-menggambar/amp-54/

Joyce, B., dengan Weil, M. 1980. Model of Teaching. New Jersey: Prentice-Hall, Inc.

Kompas.com. (6 agustus 2020). Teknik Plakat dalam Seni Lukis. Diakses pada 15 agustus 2020, dari http://www.kompas.com/skola/image/2020/08/06/165648769/teknik-plakat-dalam-seni-lukis?page=1

Mudahdicari.com. (2019). Teknik Dusel : Pengertian, Cara, Teknik, Contoh & Gambar. Diakses pada 15 agustus 2020, dari https://mudahdicari.com/teknik-dusel/

Muhaemin, M. (2019). Pengembangan Modul Teknik Pewarnaan Cat Air Pada Kegiatan Ekstrakurikuler di Sekolah Menengah Pertama. Makassar: Universitas Negeri Makassar.

Muhdy, Ali Ahmad. (2019). Asupan Mata Kuliah “Gambar Bentuk”. Makassar: UNM.

Pramudito, A. (2013). Pengembangan Media Pembelajaran Video Tutorial pada Mata Pelajaran Kompetensi Kejuruan Standar Kompetensi Melakukan Pekerjaan dengan Mesin Bubut di SMK Muhammadiyah 1 Playen. Jurnal Pendidikan Teknik Mesin, 1(1), 1-12.

Prayitno, T. A. (2017). Pengembangan Petunjuk Praktikum Mikrobiologi Program Studi Pendidikan Biologi. Jurnal Biota, 3(1), 31-37.

Putra. N. (2015). Research & DevelopmentPenelitian dan Pengembangan: Suatu Pengantar. Jakarta: Rajawali Pers.

Santyasa, I. W. (2007). Model-model Pembelajaran Inovatif. Bali:Universitas Pendidikan Ganesha.

Senibudayaku.com. (Februari 2019). Pengertian Menggambar Model. Diakses 27 September 2021 pada https://www.senibudayaku.com/2019/02/pengertian-menggambar-model.html

Sidharta, A. (2005). Media Pembelajaran. Bandung: Departemen Pendidikan.

Sugiyono (2006).Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D). Bandung: CV Alfabeta.

Susanto A. (2013). Teori Belajar & Pembelajaran di Sekolah Dasar.Jakarta: Prenadamedia Group.

Thiagarajan. (1974). Instructional Development for Training Teachers of Exceptional Children. University of Minnesota.

Tokooneko.com. (24 Desember 2016). 23 Contoh Sketsa Gambar Perspektif Pemandangan Kota yang Keren. Diakses pada 15 Agustus 2020, dari https://tekooneko.com/gambar-perspektif/


Article Metrics

Abstract view : 89 times | PDF view : 0 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 JURNAL IMAJINASI

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

Alamat Redaksi:
Gedung DE Lantai 2 Kampus FSD UNM Parangtambung
Jl. Daeng Tata Makassar 90224
E-mail: imajinasi@unm.ac.id

Creative Commons License
Jurnal Imajinasi is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

Jurnal Imajinasi indexed by