PENGEMBANGAN BAHAN AJAR MATA KULIAH KAJIAN SENI RUPA LOKAL PADA PROGRAM STUDI PENDIDIKAN SENI RUPA PROGRAM PASCASARJANA UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR

Pangeran Paita Yunus(1*),

(1) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.26858/i.v5i1.21848

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk 1) Mengembangkan bahan ajar seni rupa lokal dengan tujuan untuk mengetahui kemampuan memahami, menghargai, dan menganalisis mahasiswa pada aspek latar belakang sejarah, konsep, dan karya seni di daerah Sulawesi Selatan 2) Mengukur kelayakan bahan ajar seni rupa lokal pada Program Studi Pendidikan Seni Rupa Program Pascasarjana Universitas Negeri Makassar. Penelitian ini mengacu pada prosedur pengembangan yang dikembangkan oleh Borg & Gall yang terdiri dari sepuluh langkah yang disusun secara sistematis, dengan penjelasan yang mudah dipahami, dan dapat mengarahkan pengembang dari awal hingga akhir penelitian. Dalam penelitian tentang pengembangan bahan ajar, hanya dilakukan hingga sembilan langkah, diseminasi produk atau kegiatan distribusi tidak dilakukan karena keterbatasan dana dan waktu peneliti. Komponen paket pembelajaran yang dikembangkan dalam penelitian ini adalah buku teks, media presentasi, dan tes apresiasi. Tahapan dalam penelitian dan pengembangan paket instruksional ini terdiri dari empat fase: fase studi awal dan fase pengembangan, fase implementasi, fase pengujian dan evaluasi. Paket pembelajaran Kajian Seni Rupa Lokal berupa bahan ajar, media presentasi dan lembar tes apresiasi yang dihasilkan dalam penelitian ini adalah paket yang layak digunakan dalam proses pembelajaran pada mata kuliah Kajian Seni Rupa Lokal pada Program Studi Magister Pendidikan Seni Rupa Program Pascasarjana Universitas Negeri Makassar. Hal ini dikarenakan paket yang dikembangkan telah memenuhi kriteria kevalidan, kepraktisan, dan keefektifan.

Kata Kunci: Pengembangan, Bahan Ajar, Seni Rupa Lokal

This study aims to 1) Develop local art teaching materials with the aim of knowing the ability to understand, appreciate, and analyze students in aspects of historical background, concepts, and artwork in South Sulawesi 2) Measuring the feasibility of local art teaching materials in the Postgraduate Program in Arts Education Study Program Universitas Negeri Makassar. This research refers to the development procedure developed by Borg & Gall which consists of ten steps that are arranged systematically, with easy-to-understand explanations, and can direct the developer from the beginning to the end of the study. In research on the development of teaching materials, it was only carried out up to nine steps, product dissemination or distribution activities were not carried out due to limited funds and time of the researcher. The components of the learning package developed in this study are textbooks, media presentations, and appreciation tests. The stages in research and development of this instructional package consist of four phases: the initial study phase and the development phase, the implementation phase, the testing and evaluation phase. Learning packages for Local Art Studies in the form of teaching materials, media presentations and appreciation test sheets produced in this study are feasible packages to be used in the learning process in the subject of Local Art Studies at the Universitas Negeri Makassar Postgraduate Program in Fine Arts Education. This is because the package developed has fulfilled the validity criteria, practicality, and effectiveness.

Keywords: Development, Teaching Materials, Local Art


Keywords


Development;Teaching Materials;Local Art;Pengembangan;Bahan Ajar;Seni Rupa Lokal

Full Text:

PDF

References


Arikunto, Suharsimi. (1997). Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Baharuddin, Haerati. (2014). Pengembangan Modul Pembelajaran Dasar Menggambar Perspektif untuk Siswa Kelas XII IPA SMA Negeri 1 Tanete Rilau Kabupaten Barru. Makassar: Tesis Magister PPs UNM.

Borg, Walter. R & Gall. (1973). Educational Research: An Introduction (second edition). New York: David Mc Key Company. Inc

Daryanto. (2013). Menyusun Modul Bahan Ajar untuk Persiapan Guru dalam mengajar. Yogyakarta: Penerbit Gava Media.

Faturahhman, Pupuh dan Sutikno. (2007). Strategi Belajar Mengajar: Strategi Mewujudkan Pembelajaran Bermakna Melalui Penanaman Konsep Umum dan Islami. Bandung: PT. Rafika Aditama.

Ghufron, Anik. (2007). Panduan dan Pengembangan Bidang Pendidikan dan Pembelajaran. Yogyakarta. Lembaga Penelitian UNY.

Najamuddin, Nurhayati. (2014). Pengembangan Paket Pembelajaran untuk Siswa Kelas VIII SMP Nasional Makassar. Makassar: Tesis Magister PPs UNM.

Putra, Nusa. (2013). Research & Development: Penelitian dan Pengembangan: Suatu Pengantar. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Setyosari. Punaji. (2001). Rancangan Pembelajaran: Teori dan Praktik. Malang: Elang Mas.

Setyosari. Punaji. (2013). Metode Penelitian Pendidikan dan Pengembangan. Jakarta: Kencana.

Sudjana, Nana. (1989). Dasar-Dasar Proses Belajar Mengajar. Bandung. Sinar Baru Algesindo

Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Pendidikan: Pendekatan Kualitatif, Kuantitatif, dan R&D. Bandung: Penerbit Alpabeta.

Sukarjo. (2006). Kumpulan Materi Evaluasi Pembelajaran. Yogyakarta: Penerbit Universitas Negeri Yogyakarta.

Suryani, Nunuk dan Agung. (2012). Strategi Belajar Mengajar. Yogyakarta: Penerbit Ombak.


Article Metrics

Abstract view : 286 times | PDF view : 0 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 JURNAL IMAJINASI



Editorial Address:
Gedung DE Lantai 2 Kampus FSD UNM Parangtambung
Jl. Daeng Tata Makassar 90224
E-mail: imajinasi@unm.ac.id

Creative Commons License
Jurnal Imajinasi is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

Jurnal Imajinasi indexed by