DESAIN GRAFIS PADA PRODUKSI SABLON T-SHIRT

M. Muhlis Lugis(1*),

(1) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.26858/i.v5i1.21735

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pemahaman dalam merancang desain T-shirt pada produksi sablon yang harus diketahui oleh desainer. Merancang desain T-shirt untuk kebutuhan produksi sablon tidak cukup hanya memahami dan mampu menggunakan aplikasi desain grafis. Merancang desain T-shirt untuk produksi sablon harus memahami beberapa hal yang saling berhubungan antara lain proses desain grafisnya, proses film output, dan prinsip teknik produksi sablon. Merancang desain T-shirt untuk produksi sablon perlu mengetahui bentuk dasar format desain yang dibuat yaitu vector atau bitmap agar tidak salah dalam memilih atau menggunakan aplikasi (software) desainnya.  Desainer harus memahami pendekatan dalam proses film output agar desain yang dibuat dapat diproduksi dengan tekhnik cetak sablon dan dapat menyesuaikan dengan kualitas karakter visual hasil cetakan yang dinginkan. Desainer grafis T-shirt perlu memahami prinsip teknik produksi sablon agar dalam merancang desain dapat menyesuaikan dengan pendekatan pada proses film output yang dilakukan.


Keywords


desain grafis;produksi sablon;t-shirt

Full Text:

PDF

References


Darmawan, James. (2010). Proses Kerja Komputer yang dapat Mengoptimalkan Hasil Komunikasi Visual secara Efisien. Jurnal Humaniora, 1(2), 187-195.

Irfan, Irfan, Jalil Jalil, and Satriadi Satriadi. "Kreativitas Visual Pada Desain Poster Iklan Komersial Karya Mahasiswa." JURNAL PAKARENA 4.1 (2019): 28-35.

Luzar, Laura Christina. (2010). Kreasi cetak sablon mudah dan berkualitas tinggi pada kaos. Jurnal Humanior, 1(2), 187-810.

Rahardjo, Benny Setiawan. (2018). Desain T-shirts dengan CorelDraw dan Photoshop. Jakarta: PT Elex Media Komputindo.

Sugiono. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Supatmo. (2015). Screen printing dalam industri grafika pada era digital. Jurnal Seni Imajinasi, 9(2), 105-116.

Tobroni, Muhammad Imam. (2011). Teknik Sablon Sebagai Media Apresiasi Karya Desain ada t-shirt. Jurnal Humaniora, 2(1), 169-181.


Article Metrics

Abstract view : 997 times | PDF view : 3 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 JURNAL IMAJINASI



Alamat Redaksi:
Gedung DE Lantai 2 Kampus FSD UNM Parangtambung
Jl. Daeng Tata Makassar 90224
E-mail: imajinasi@unm.ac.id

Creative Commons License
Jurnal Imajinasi is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

Jurnal Imajinasi indexed by