PRINSIP MONTESSORI PADA PEMBELAJARAN SENI RUPA BAGI PESERTA DIDIK KATEGORI INKLUSIF
(1) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author
DOI: https://doi.org/10.26858/i.v5i1.21676
Abstract
Tujuan pendidikan Indonesia menekankan kualitas iman dan takwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berakhlak mulia, sehat, berilmu, cakap, kreatif, mandiri, dan menjadi warga negara yang demokratis serta bertanggung jawab. Pengalaman belajar dalam pendidikan seni rupa memberikan kesempatan kepada siapapun yang menempuh jalur pendidikan mendapatkan esensi dalam pendidikan kesenirupaan yang disebut pengalaman estetis. Penelitian ini bertujuan untuk melihat prinsip Montessori pada pembelajaran seni rupa dengan peserta didik kategori inklusi. Metode yang digunakan adalah studi pustaka dengan penelusuran dokumen terkait pendidikan inklusif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengalaman estetis dalam pendidikan seni rupa dengan prinsip Montessori memberikan kesempatan kepada peserta didik kategori inklusif untuk memiliki gaya belajar yang santai namun memiliki tujuan sesuai kurikulum yang ada.
Tujuan pendidikan Indonesia menekankan kualitas iman dan takwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berakhlak mulia, sehat, berilmu, cakap, kreatif, mandiri, dan menjadi warga negara yang demokratis serta bertanggung jawab. Pengalaman belajar dalam pendidikan seni rupa memberikan kesempatan kepada siapapun yang menempuh jalur pendidikan mendapatkan esensi dalam pendidikan kesenirupaan yang disebut pengalaman estetis. Penelitian ini bertujuan untuk melihat prinsip Montessori padapembelajaran seni rupa dengan peserta didik kategori inklusi. Metode yang digunakan adalah studi pustaka dengan penelusuran dokumen terkait pendidikan inklusif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengalaman estetis dalam pendidikan seni rupa dengan prinsip Montessori memberikan kesempatan kepada peserta didik kategori inklusif untuk memiliki gaya belajar yang santai namun memiliki tujuan sesuai kurikulum yang ada.Keywords
Full Text:
PDFReferences
Cipta, D. A. S. (2018). Penerapan pendekatan montessori untuk mananamkan pemahaman konsep bilangan cacah pada siswa TK putera zaman. Jurnal Matematika dan Pembelajaran, 6(1), 30-34. http://dx.doi.org/10.33477/mp.v6i1.440.
Dinas Pendidikan Kota Depok. Online: https://disdik.depok.go.id/pendidikan-inklusif
https://www.worldbank.org/en/topic/education/brief/education-for-all
Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia Nomor 70 Tahun 2009 tentang Pendidikan Inklusif bagi Peserta Didik yang Memiliki Kelainan dan Memiliki Potensi Kecerdasan dan/atau Bakat Istimewa. Jakarta.
Rombot, O. (2007) Pendidikan Inklusi. Online: https://pgsd.binus.ac.id/2017/04/10/pendidikan-inklusi
Salam, S. (2018). Potensi Unik Pendidikan Seni Dalam Pengembangan Karakter. Prosiding Seminar Nasional Dies Natalis UNM Ke 57. Makassar: Badan Penerbit UNM.
Article Metrics
Abstract view : 312 times | PDF view : 0 timesRefbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2021 JURNAL IMAJINASI
Alamat Redaksi:
Gedung DE Lantai 2 Kampus FSD UNM Parangtambung
Jl. Daeng Tata Makassar 90224
E-mail: imajinasi@unm.ac.id
Jurnal Imajinasi is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
Jurnal Imajinasi indexed by