PEMANFAATAN KULIT BATANG PISANG SEBAGAI KARYA KERAJINAN PADA IBU-IBU RUMAH TANGGA DESA KALIANG KECAMATAN DUAMPANUA KABUPATEN PINRANG

Baso Indra Wijaya Aziz(1*), Rusman Rasyid(2), Gawarti Gawarti(3),

(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Khairun
(3) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.26858/i.v5i1.21563

Abstract


Dari hasil survei yang telah dilakukan pada kelompok mitra sasaran, khususnya di diperoleh informasi bahwa ibu ibu rumah tangga di Desa Kaliang Kecamatan Duampanua Kabupaten Pinrang usaha kerajinan batang kulit pisang perajin mitra tersebut sebenarnya sudah pernah mendapatkan pelatihan, namun mereka masih terus memerlukan pembinaan untuk lebih mengembangkan usaha mereka. Secara rinci permasalahan utama yang dialami oleh kelompok industri kecil mitra selama ini antara lain: Para ibu ibu rumah tangga tidak memiliki wawasan pengetahuan tentang pentingnya pengembangan desain kerajinan dan peningkatan kualitas produk. Pengabdian ini bertujuan meningkatan keterampilan ibu ibu rumah tangga dengan memanfaatkan potensi yang dimiliki dan potensi SDA yang tersedia secara optimal, tidak tertutup kemungkinan ekonomi perajin dapat ditingkatkan.

Pemberdayaan ibu ibu rumah tangga  merupakan salah satu hal penting yang patut mendapat perhatian dalam rangka membangun perekonomian nasional yang adil dan merata, termasuk di Desa Kaliang dengan pertimbangan bahwa usaha kerajinan batang pisang tersebut suatu saat merupakan salah satu andalan daerah setempat yang diharapkan mampu terus menyokong pertumbuhan ekonomi masyarakatnya. Metode yang dilakukan adalah ceramah, demonstrasii dan dokumentasi. Hasil yang diperoleh dari pengabdian iini adalah ibu ibu Desa Kaliang dapat meningkatkan keterampilan serta pengetahuan utamanya pemanfaatan kulit batang pisang dengan membuat tempat tissue dan erang erang. Berdasarkan hasil pelaksanaan kegiatan PKM ini, maka dapat dirumuskan kesimpulan bahwa pelaksanaan pelatihan pemanfaatn kult batang pisang di Desa Kaliang Kabupaten Pinrang ini dapat meningkatan pengetahuan dan keterampilan para peserta dalam membuat Tempat tissue dan tempat erang erang sebagai suatu kerajinan yang dapat memberikan penghasilan tambahan bagi rumah tangga di Desa Kaliang yang dibuktikan dengan dihasilkannya produk berupa tempat tissue dengan aneka bentuk dasar, komposisi, estetika, dan warna.


Keywords


kerajinan; kulit pisang; ibu rumah tangga

Full Text:

PDF

References


Bastomi, Suwaji. (1982). Seni rupa Indonesia. Semarang IKIP Semarang.

Bahri, S. (2015). Pembuatan Pulp dari Batang Pisang. Jurnal Teknologi Kimia Unimal

Dewi, I., et al. (2015). Ketahanan Tarik Kertas Seni dari Serat Pelepah Nipah (Nypa fruticans) (Kajian Proporsi Bahan Baku dan Perekat). Prosiding: Seminar Agroindustri dan Lokakarya Nasional FKPT-TPI

Gustami, SP. (1987). Seni Ornamen Indonesia. Yogyakarta: Akademi Seni Rupa Indonesia (ASRI).

Pratomo, Prieyo. (2006). Pengembangan Desain dan Inovasi produk Kerajinan Indonesia. Jakarta: Materi Pelatihan, Indonesia Australia Spesialiced Training Proyect – Phase III, Kerja sama Menteri Negara Koperasi danUsaha Kecil dan Menengah RI.

Pratomo, Prieyo. (2006). Produk Kerajinan sebagai Unggulan Daerah. Jakarta: Materi Pelatihan, Indonesia Australia Spesialiced Training Proyect Phase –III, Kerja sama Menteri Negara Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah RI.

Miyazaki, Kiyoshi. (2001). Desain Jepang: Karakteristik Kriya dan Desain, Seminar: Mencermati Desain Jepang. Bandung: FSRD-ITB INDDES, 4 Juli 2001.

Semiawan ,Cony. (1988). Dimensi Kreatif dalam Falsafah Ilmu. Bandung: Remaja Karya CV Bandung.

Wucius Wong. (1972) Beberapa asas Merancang Dwimatra. Terjemahan: Drs. Adjat Sakri M.Sc. Bandung: ITB.

Zainuddin, Imam Buchori. (1990). The Education of Art & Design, With Special Reference to the Case Of Indonesia. Melbourne: The National Conference Of Art & Design Of Head School.


Article Metrics

Abstract view : 298 times | PDF view : 0 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 JURNAL IMAJINASI



Alamat Redaksi:
Gedung DE Lantai 2 Kampus FSD UNM Parangtambung
Jl. Daeng Tata Makassar 90224
E-mail: imajinasi@unm.ac.id

Creative Commons License
Jurnal Imajinasi is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

Jurnal Imajinasi indexed by